25 Jul 2020

Lantai Anda Tidak Rata? Waterpass Terbaik Solusinya

Lantai Anda Tidak Rata? Waterpass Terbaik Solusinya

Pernahkah anda menjumpai bangunan dengan lantai yang tidak rata?

Hal itu disebabkan karena, setiap bangunan selalu memerlukan pemetaan dan perencanaan konstruksi untuk menentukan ketinggian atau beda tinggi antara dua titik. Maka dari itu, kita memerlukan sebuah alat yang dapat berfungsi untuk menentukan ketinggian atau beda tinggi antara dua titik. Salah satu alat ukur yang digunakan yaitu Waterpass

Sebelum Anda membeli waterpass, pastikan Anda menyimak artikel ini terlebih dahulu. Agar Anda tidak salah pilih waterpass terbaik yang sesuai kebutuhan Anda. Jadi, mari mengenal alat pertukangan yang satu ini ya...

Definisi Waterpass

Dikutip dari Wikipedia, Waterpass adalah sebuah alat ukur yang digunakan untuk menentukan suatu benda sudah sejajar dengan lainnya, baik garis secara vertikal ataupun horizontal. Di dalam alat ini terdapat air yang digunakan sebagai pertimbangan ukuran sudah sejajar atau belum. 

Pengukuran menggunakan waterpass disebut Levelling atau Waterpassing. Pekerjaan ini dilakukan untuk menentukan tinggi suatu titik berdasarkan ketinggiannya yang mengacu pada suatu system referensi atau bidang acuan. System referensi yang digunakan adalah tinggi muka air laut rata-rata atau Mean Sea Level (MSL)

Fungsi Waterpass

Waterpass menjadi salah satu bagian penting dari setiap proyek konstruksi dan perbaikan rumah. Alat ini berfungsi untuk memastikan bahwa semuanya sejajar adalah kunci untuk sebuah konstruksi.

Misalnya, saat pemasangan ubin lantai yang harus sejajar agar tidak ada genangan saat ubin tersebut terkena air. Tabung di tengah waterpass akan membantu memeriksa permukaan yang rata. Alat ini sangat diperlukan oleh tukang kayu, tukang bangunan maupun arsitektur yang digunakan untuk penggaris sejajar dalam pembuatan sketsa.

Tips dan Cara Menggunakan Waterpass

ilustrasi waterpass 1

ilustrasi waterpass 2

SOURCE: https://khedanta.wordpress.com/2011/08/23/waterpass-tukang/

Pemakaian waterpass dilakukan dengan sederhana, yaitu menempatkan permukaan alat ke bidang permukaan yang di cek. Untuk mengecek kedataran maka dapat diperhatikan gelembung cairan pada alat pengukur yang ada bagian tengah alat waterpass. Sedangkan untuk mengecek ketegakan maka dapat dilihat gelembung pada bagian ujung waterpass. Untuk memastikan apakah bidang benar rata maka gelembung harus benar benar berada ditengah alat yang ada. 

Jenis Waterpass

Saat ini Waterpass memiliki berbagai ukuran dan bahan. Ukuran yang umum dijumpai adalah waterpass dengan panjang 0.5m, 1m, 2m, dan 3m. Umumnya berbentuk persegi panjang dengan lebar 5-8cm dan tebal 3cm. Waterpass umum terbuat dari bahan kayu dan aluminum. 

Waterpass Aluminium

        waterpass aluminium silver                 waterpass aluminium silver 2

Waterpass Aluminium memiliki ukuran 45 cm dan 60 cm, terbuat dari bahan Aluminium yang kuat dan tebal tapi tetap ringan dengan ketebalan 0,9 mm, tidak mudah rusak dan penyok.

Waterpass Warna

       waterpass warna magnet                  waterpass warna magnet 2

Waterpass Warna memiliki ukuran 45 cm dan 60 cm, terbuat dari bahan Aluminium yang kuat dengan ketebalan 1 mm, terdapat magnet, tidak mudah rusak dan penyok. 

Waterpass Magnet

       waterpass magnet mini                  waterpass magnet mini

Waterpass Magnet memiliki ukuran 22,5 cm, terbuat dari bahan Aluminium yang kuat dan tebal tapi tetap ringan dengan ketebalan 0,9 mm, terdapat magnet, mudah dibawa kemana saja, dan desain yang unik.

Dapatkan Waterpass D-Xplore disini :

ikon tokopedia

Cara Memilih Alat Ukur

Saat akan membeli alat ukur, utamanya waterpass terbaik untuk Anda, Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor agar produk yang dipilih sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu, kami akan memberikan tips memilih alat ukur yang dapat Anda gunakan sebagai referensi.

  • Pilih berdasarkan tipenya

Secara garis besar, ada dua tipe meteran yaitu meteran konvensional dan meteran digital. Meteran konvensional merupakan alat ukur yang mengharuskan penggunanya membaca sendiri hasil pengukuran. Umumnya, meteran dibuat dalam dua satuan ukuran yakni meter dan inci. Namun, ada beberapa produk yang mencantumkan satuan centimeter untuk memudahkan pengguna. 

Sementara itu, meteran digital memanfaatkan sinar laser untuk mengukur sesuatu. Hasil pengukurannya akan ditampilkan di layar. Alat ini memungkinkan pengguna untuk mengukur dalam hitungan detik. Penggunanya juga tidak perlu bergerak jauh karena hanya butuh mengarahkan sinar lasernya saja.

  • Sesuaikan dengan objek yang ingin Anda ukur

Kemudian Anda perlu menyesuaikan meteran dengan objek yang ingin Anda ukur.

  • Periksa total panjang pengukurnya

Poin selanjutnya dalam memilih meteran yaitu memperhatikan panjang maksimal yang dapat diukur oleh sebuah alat ukur. Untuk aktivitas sehari-hari, seperti menjahit atau mengukur lingkar tubuh, Anda bisa memilih meteran berukuran satu setengah meter hingga dua meter. Sementara itu, untuk kegiatan yang melibatkan pengukuran benda, seperti pertukangan, pilihlah meteran sepanjang dua meter hingga lima meter.

  • Perhatikan dimensi dan kemasan produk

Selanjutnya, jangan lupa untuk memperhatikan kemasan dan dimensi dari meteran incaran. Agar lebih tahan lama, Anda perlu mengecek kualitas casing atau kemasan meteran yang akan dipilih. Akan lebih baik jika Anda memilih meteran dengan casing yang tebal dan tidak mudah pecah bila terjatuh.

Di samping itu, sesuaikan juga dimensinya dengan kebutuhan Anda. Meteran kecil atau yang pas di saku akan lebih praktis untuk Anda yang mobilitasnya tinggi. Selain tidak boros tempat, meteran kecil juga ringan, tetapi fungsinya tetap optimal. Sementara itu, meteran berukuran besar akan lebih pas untuk diletakkan di area kerja. 

Kesimpulannya, memilih meteran bukanlah hal yang menyulitkan bila Anda telah mengetahui poin-poin yang perlu diperhatikan. Sebelum menentukan produk yang akan dibeli, pastikan Anda telah mengecek tipe, kegunaan, panjang produk, serta dimensi dan kemasannya. Semoga artikel ini membantu Anda dalam menemukan meteran terbaik!

Waterpass D-Xplore memiliki beragam keunggulan karena terbuat dari bahan yang berkualitas, dijamin tidak akan penyok, dan didesain dengan standar internasional. Anda bisa mendapatkan produk waterpass D-Xplore yang berkualitas tersebut di Vinindo Corporation. Percayakan kebutuhan Anda kepada kami. Kami merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021 sehingga produk yang kami tawarkan tidak dapat diragukan lagi kualitasnya. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

 

Related Articles

Share this article
BACK