28 Jun 2022

Simak! Hal Penting untuk Renovasi Rumah!

Simak! Hal Penting untuk Renovasi Rumah!

Renovasi merupakan salah satu bentuk pemeliharaan rumah untuk menjaga tempat hunian tetap kokoh dan kuat dari segi bentuk, struktur, maupun desain. Kegiatan renovasi rumah dapat dilakukan dalam waktu singkat atau renovasi sebagian dan waktu yang lama atau renovasi total.

Karenanya, kegiatan renovasi tidak dapat dilakukan tanpa adanya persiapan yang matang. Anda perlu terlebih dahulu mempertimbangkan berbagai hal secara matang, agar renovasi rumah dapat berjalan dengan baik, lancar, dan tanpa ada kendala atau kerugian.

Berikut beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan renovasi rumah!

1. Membuat Anggaran Biaya

Sebelum melakukan renovasi rumah, ada baiknya bagi Anda untuk melakukan riset terlebih dahulu. Setelah melakukan riset secara matang, Anda perlu kemudian merencanakan anggaran perbaikan atau renovasi rumah. 

Perencanaan ini sangat penting untuk dapat membantu memaksimalkan keuangan Anda dengan sebaik-baiknya. Selain itu, Anda juga perlu memperhitungkan besarnya anggaran dan waktu pelaksanaan kegiatan renovasi. Akan lebih baik jika Anda melakukan tahap renovasi secara bertahap dengan menyesuaikan ketersediaan anggaran.

Di samping itu Anda juga perlu mempertimbangkan bahan maupun alat konstruksi dalam pembangunan. Tidak lupa, Anda juga perlu memikirkan biaya akomodasi selama proses renovasi berlangsung.

2. Menentukan Jadwal Renovasi

Setelah menentukan anggaran, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan sebelum menjalankan proses renovasi adalah menentukan tanggal. Pastikan Anda sudah membuat jadwal secara detail karena waktu pelaksanaan renovasi sangat berpengaruh terhadap anggaran dana yang telah disusun.

3. Berkomunikasi dengan Masyarakat Sekitar

Sebelum merenovasi rumah, Anda perlu lebih dulu mengetahui aturan renovasi bangunan di lingkungan tempat tinggal. Karenanya, Anda perlu berkomunikasi dengan pihak berwenang untuk mengetahui berbagai peraturan yang ada. Selain itu, Anda juga dapat sekaligus meminta izin kepada tetangga sekitar agar tidak mengganggu kenyamanan satu sama lain.

4. Memilih Arsitek yang Tepat

Pemilihan arsitek yang tepat dapat membantu memudahkan Anda dalam mewujudkan perbaikan di rumah impian. Anda dapat mendiskusikan desain hingga bahan-bahan bangunan secara bersama-sama dan terbuka. Sehingga, proses renovasi dapat berjalan dengan maksimal.

Selain itu, dilansir dari website popmama, menggunakan kontraktor renovasi bisa menjadi pilihan yang lebih efisien. Sebab, jika Mama mendapatkan kontraktor yang tepat maka pengerjaan bisa menjadi lebih cepat.

5. Membeli Barang Bangunan Berkualitas

Setelah mendiskusikan bahan bangunan yang berkualitas dengan arsitek Anda, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memilih dan membeli bahan bangunan agar rumah tetap dapat berdiri kuat dan kokoh.

6. Mempertimbangan Karakteristik Lahan

Karakteristik lahan masing-masing orang tentu tidak sama satu dengan yang lain. Karenanya, sangat penting bagi Anda untuk menyesuaikan karakteristik lahan sekitar rumah terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui kebutuhan renovasi yang tidak hanya membuat tampilan rumah menjadi lebih cantik tetapi juga menciptakan suasana rumah yang nyaman.

7. Mempertimbangkan Kebutuhan

Sebelum merenovasi, sangat penting bagi Anda untuk mulai mempertimbangkan kebutuhan seluruh penghuni rumah. Anda juga perlu mendiskusikan barang-barang penunjang bersama seluruh anggota rumah dan memperhatikan prioritas kebutuhan anggota keluarga agar proses pelaksanaan renovasi dapat memberi dampak maksimal yang mampu mempermudah aktivitas harian.

8. Memperbaiki Saluran Listrik dan Air

Saluran air dan listrik merupakan beberapa elemen wajib yang sangat menunjang berbagai kegiatan dan aktivitas sehari-hari di rumah. Karenanya ketika sedang melakukan renovasi, khususnya penambahan ruangan, Anda juga perlu mempertimbangkan adanya saluran air agar proses renovasi dapat berjalan dengan lancar dan maksimal.

Demikian beberapa hal penting untuk renovasi rumah bagi Anda. Semoga artikel ini dapat membantu dan menjadi rekomendasi bagi Anda dalam melakukan renovasi rumah secara efektif dan efisien.

Saat melakukan renovasi rumah, tentu Anda membutuhkan beragam alat-alat pertukangan. Untuk itu, termukan alat pertukangan dengan kualitas terbaik di Vinindo Corporation. Kami menyediakan alat pertukangan dengan lengkap. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Related Articles

Share this article
BACK