30 Aug 2022

Ketahui Dua Macam Trowel atau Sendok Semen Berikut Ini

Ketahui Dua Macam Trowel atau Sendok Semen Berikut Ini

Trowel atau yang sering disebut sebagai sendok semen maupun cetok, merupakan sebuah peralatan utama seorang tukang yang berupa sendok, terbuat dari lempengan logam dan kayu sebagai pegangannya. Sendok semen ini sering digunakan untuk pekerjaan pemasangan batu bata, cor beton, plesteran, acian, dan lain sebagainya.

Sendok semen ini memiliki bentuk yang beragam, ada yang agak bulat, agak lonjong, bulat, bahkan berbentuk persegi. Bentuk cetok tersebut dibedakan karena menyesuaikan kegunaan masing-masing sendok semen itu sendiri.

Sendok semen biasanya dibuat dari sebuah besi biasa supaya alat ini lentur dan dinamis saat digunakan. Sendok semen ini sangat banyak digunakan oleh para pekerja bangunan untuk membantu proses pengerjaan bangunan yang sedang mereka tangani. Peralatan sendok semen ini sangatlah praktis dan mudah untuk digunakan, karena sangat ringan dan mudah dibawa ke mana-mana dan mudah digunakan oleh siapa saja.

Sebelum Anda memilih akan menggunakan sendok semen yang seperti apa, Anda perlu lebih dahulu mengenai macam atau jenis sendok semen. Berikut ini akan disajikan mengenai dua macam sendok semen dari D-Xplore, simak penjelasannya:

Spesifikasi Sendok Semen D-Xplore

Sendok semen D-Xplore atau Trowel Coratex D-Xplore memiliki dua jenis, yaitu trowel keramik dan trowel dinding. Berikut ini penjelasan perbedaan keduanya.

Trowel Keramik

Trowel keramik ini memiliki bentuk persegi dengan gerigi di bagian sampingnya. Trowel keramik atau sendok semen keramik ini didesain khusus dengan menggunakan pegangan berbahan PVC dengan permukaan yang kasar, tujuannya supaya lebih memudahkan pengguna supaya tidak slip saat digunakan. Bagian dasarnya terbuat dari bahan berkualitas dengan pengelasan sempurna pada dua titik pegangan yang bermanfaat menjaga kekuatan dan kehalusan pada saat pemulasan.

Trowel Dinding

Trowel dinding ini memiliki bentuk persegi polos dan halus. Trowel dinding atau sendok semen untuk dinding ini didesain khusus dengan menggunakan pegangan berbahan PVC dengan permukaan yang kasar, yang bertujuan supaya lebih memudahkan pengguna tidak mengalami slip saat menggunakannya. Bagian dasarnya terbuat dari bahan berkualitas dengan pengelasan sempurna pada dua titik pegangan, fungsinya untuk menjaga kekuatan dan kehalusan pada saat pemulasan.

Fungsi Sendok Semen

Sendok semen atau trowel pada umumnya memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Digunakan untuk mengambil semen dari kantong semen.

  • Digunakan untuk membuat adukan campuran semen atau beton.

  • Digunakan untuk memplester dinding.

  • Digunakan untuk mengaci dinding.

  • Digunakan untuk memasang keramik, granit, batu alam, dan lain sebagainya.

  • Digunakan untuk membuat profilan bangunan.

Berdasarkan kedua jenis trowel dari D-Xplore, fungsi trowel keramik adalah untuk membentuk pola yang bertujuan untuk memudahkan pemasangan keramik. Sedangkan fungsi trowel dinding adalah untuk merapikan adonan seman atau beton pada dinding rumah supaya terlihat mulus dan halus.

Contoh Penggunaan Sendok Semen

Contoh penggunaan sendok semen yang paling sering digunakan adalah untuk mengaduk atau membuat adonan semen secara manual. Untuk mengaduk semen atau membuat adonan semen, Anda perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Sebelum mulai melakukan pekerjaan, Anda perlu menggunakan perlengkapan keselamatan terlebih dahulu, seperti sarung tangan, rompi pekerja, kacamata khusus, dan helm.

  • Pelajari resep pencampuran adonan semen dengan baik supaya mendapatkan adonan yang pas dan sesuai dengan kondisi cuaca.

  • Pilihlah pasir dan semen yang berkualitas.

  • Tentukan takaran yang tepat untuk pasir dan semen yaitu dengan menggunakan perbandingan 3:1.

  • Setelah Anda menakar pasir dan semen, Anda bisa mengaduknya menggunakan sendok semen.

  • Tambahkan air sesuai takaran yang tepat, kemudian aduk kembali dengan menggunakan sendok semen.

  • Anda perlu mengingat bahwa adonan semen hanya bertahan selama dua jam sebelum memadat. Jadi Anda harus segera menggunakannya.

  • Setelah adonan selesai, Anda bisa mengaplikasikannya pada tembok atau untuk memasang keramik sesuai pekerjaan yang sedang Anda lakukan dengan menggunakan sendok semen.

  • Bersihkan sendok semen setelah Anda selesai menggunakannya.

Anda bisa mendapatkan sendok semen atau trowel berkualitas melalui tautan berikut ini Trowel D-Xplore.

Jika Anda sedang mencari Trowel D-Xplore dengan kualitas terbaik, percayakan kebutuhan Anda kepada Vinindo Corporation. Kami merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021 sehingga produk yang kami tawarkan tidak dapat diragukan lagi kualitasnya. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

Related Articles

Share this article
BACK