11 Dec 2020

20 Alat Pertukangan yang Wajib Ada di Rumah

20 Alat Pertukangan yang Wajib Ada di Rumah

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai alat tukang ini diberikan hanya sebagai bantuan. Seperti alat-alat lainnya, penggunaan alat-alat tukang ini tanpa pengertian dan tanpa perhatian bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi. Hubungi kami sebagai distributor alat tukang untuk kebutuhan anda.

Meskipun jasa tukang tersedia, tetap saja ada beberapa alat pertukangan yang wajib ada. Apa gunanya? Sangat banyak sekali manfaat yang bisa Anda peroleh. Sebagai contoh jika ada kerusakan skala kecil di rumah atau property lainnya. Banyak dari Anda pasti mampu untuk memperbaikinya sendiri tanpa bantuan.

Selain lebih praktis, cara tersebut juga lebih hemat. Anda tidak harus menunggu tukang untuk memperbaikinya. Hal ini karena mereka belum tentu memiliki waktu. Selain itu, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membayarnya. Apa manfaat lainnya? Hal ini berhubungan dengan kehidupan sosial.

Maksudnya adalah, seringkali dalam lingkungan rumah (RT/RW) dilaksanakan kegiatan seperti kerja bakti; baik itu membersihkan lingkungan atau membongkar rumah. Sebagai warga tentu Anda harus membawa peralatan pertukangan sendiri. Jika sudah memilikinya maka tidak perlu bingung atau repot meminjam pada orang lain.

Berbicara tentang barang ini, ada setidaknya 20 alat pertukangan yang wajib ada dan dimiliki. Karena ada banyak produk di pasaran, tidak jarang mungkin Anda menjadi bingung. Kira-kira manakah sebaiknya dibeli? Berikut adalah item bermanfaat bagi kegiatan pertukangan.

Lihat Katalog Alat Pertukangan

Obeng, Tang, Hingga Sebuah Bor

Obeng adalah barang yang penting. Ini bisa digunakan guna berbagai perkakas rumah tangga seperti barang sejenis lemari hingga perangkat elektronik. Sebagai contohnya adalah televisi, kulkas, AC, dan lain sebagainya. Kemudian, siapkan juga Tang. Alat ini bisa digunakan untuk memutus kabel hingga mencabut paku dari tembok.

Pastikan barang ini ada di daftar. Selanjutnya, beli juga Gergaji. Tidak bisa dipungkiri bahwa gergaji jarang digunakan. Namun, Anda bisa saja membutuhkannya. Sebagai contoh untuk memotong kayu, pipa, hingga besi. Alat pertukangan yang wajib ada selanjutnya adalah palu. Palu hadir dalam dua jenis berbeda.

Jenis tersebut adalah biasa hingga sangat modern. Palu masa kini biasanya hadir dengan pencungkil paku guna memudahkan kegiatan pertukangan. Selanjutnya adalah kunci inggris. Barang ini sering digunakan untuk mengencangkan mur di alat elektronik, meubel, dan sebagainya. Ukurannya pun beragam tergantung mur yang ada.

Meteran adalah alat pertukangan yang wajib ada selanjutnya. Seperti namanya, perkakas ini sangat penting digunakan mengukur sesuatu. Misalnya lebar pintu sehingga menjadi acuan sebelum membeli spring bed, dan sebagainya. Jika Anda mau, bisa juga membeli bor karena terkadang ini sangat diperlukan.

Perkakas Penting Lainnya yang Wajib Ada

Apakah Anda sudah mempunyai sekop di rumah? Jika belum, sebaiknya persiapkan mulai sekarang. Alat ini penting untuk mengaduk semen, pasir, bahkan membantu menggemburkan tanah. Kemudian, beli kapak sebagai persediaan di rumah. Item tradisional ini memudahkan Anda memotong kayu bahkan guna perlindungan diri pribadi.

Pernah mendengar tentang tool box? Ini merupakan salah satu alat pertukangan yang wajib ada. Seperti namanya, ini adalah kotak yang berisi beberapa perkakas kecil dan besar. Peralatan tersebut sangat cocok bagi Anda yang tidak ingin ribet membeli beragam hal. Adalah hal lain yang sebaiknya dimiliki?

Tentu saja dan jawabannya adalah tangga. Untuk tangga, ada beberapa pilihan yang bisa digunakan. Sebagai contoh adalah tangga tradisional dari bambu, tangga lipat, dan sebagainya. Untuk urusan listrik, belilah ohm/voltmeter. Produk canggih ini bisa mengukur hambatan listrik yang menahan aliran listrik di konduktor.

Selanjutnya, sediakan juga kacamata pengaman. Piranti keamaan tersebut sering dibutuhkan dalam berbagai kegiatan. Untuk mendukungnya, alat pertukangan yang wajib ada lainnya adalah helm. Tentu helm ini berbeda dengan helm guna kebutuhan naik sepeda motor. Yang dimaksud adalah helm industri bagi kegiatan pembangunan. 

Cangkul, Cutter, dan Pilihan Lainnya

Selain beberapa item yang sudah disebutkan diatas, jangan lupa juga untuk menyiapkan sebuah cangkul. Biasanya, alat pertukangan ini digunakan mengaduk semen dan juga mengaduk pasir. Namun, bisa juga untuk keperluan lain. Kemudian, Anda sebaiknya juga memiliki cutter. Seringkali produk sejenis pisau ini digunakan untuk memotong kabel, triplek, dan sebagainya.

Selain cangkul dan cutter, alat pengukur sudut adalah salah satu alat pertukangan yang wajib ada. Biasanya produk tersebut memiliki bentuk seperti huruf L dengan sudut tepat 90 derajat dan seringkali disebut dengan siku putar. Jika Anda mau, belilah juga piranti lain seperti alat serut kayu atau wood planner. Memilikinya akan lebih baik.

Selanjutnya, sediakanlah mesin profil pahat yang disebut juga dengan scroll saw. Selain berfungsi membuat ukiran 2D dan 3D, produk canggih ini bisa digunakan untuk membuat lubang terutama di kayu tebal. Suka dengan material kayu? Jika iya, belilah juga wood chisel dan wood router. Apa fungsinya?

Seringkali barang tersebut digunakan mengupas kayu bahkan keras sekalipun, mengukir, hingga membentuk kayu. Sangat sesuai bagi Anda yang suka dengan kegiatan pahat-memahat atau segala sesuatu berhubungan dengan kegiatan seni. Barang tersebut banyak tersedia dan menjadi alat pertukangan yang wajib ada di rumah.

Sebagai distributor alat tukang, kami menjual bermacam alat-alat tukang D-Xplore yang berkualitas premium dan tahan lama. Kami juga sedang mencari reseller untuk bekerja sama dalam penjualan alat-alat tukang kami.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

 

Related Articles

Share this article
BACK