14 Nov 2022

Apa Itu Tang Cucut dan Fungsinya?

Apa Itu Tang Cucut dan Fungsinya?

Berbicara mengenai perkakas rumah, tentu saja tang menjadi salah satu perkakas wajib yang harus ada. Bagaimana tidak? Tang sangat multifungsi dan dapat digunakan pada berbagai kegiatan seperti bengkel, tukang, dan kegiatan rumah lainnya.

memang salah satu peralatan yang banyak digunakan untuk memegang benda agar Tang tidak bergeser, mengencangkan benda, memotong, dan aktivitas lainnya. Tetapi tahukah bahwa tang juga terdiri dari berbagai jenis, lho!

Jenis-Jenis Tang

Perlu diketahui bahwa setidaknya terdapat 11 jenis tang yang sering digunakan dalam dunia perkakas. Beberapa jenis tang tersebut di antaranya:

Apa Itu Tang Cucut?

Sesuai dengan namanya, tang cucut merupakan salah satu perkakas berupa tang yang memiliki bentuk mulut cucut atau lancip seperti ikan cucut. Dimensi dan ukuran suatu alat yang hendak diperbaiki atau dibangun tentu saja berbeda-beda. Ada yang memiliki ukuran besar atau kecil. Begitupun dengan jarak benda yang bisa sempit atau luas.

Tang cucut dibuat memiliki mulut yang lancip menyesuaikan dengan fungsinya. Karena mulut yang sempit, hal ini memungkinkan tang cucut untuk menjangkau tempat yang sempit. Tang jenis ini juga memudahkan pengguna untuk menjepit benda yang kecil. Selain itu, tang cucut juga bahkan dapat digunakan sebagai pemotong! Tang cucut sering digunakan untuk memperbaiki peralatan seperti kabel.

Bagaimana Bentuk Tang Cucut?

Secara umum, bentuk tang cucut tidaklah berbeda jauh dengan jenis tang pada umumnya. Tang cucut memiliki dua pegangan yang dilapisi isolator seperti karet atau plastik. Kemudian bentuk mulut tang yang panjang dan lancip. Di antara ujung mulut bagian dalamnya terdapat gerigi atau tekstur yang membantu genggaman benda menjadi lebih kuat.

Fungsi Tang Cucut

Melakukan Pekerjaan Di Ruang Sempit

Saat bekerja dengan perkakas, tentu saja banyak peralatan yang memiliki celah sangat kecil dan sulit dijangkau bahkan oleh jari sekalipun. Oleh karena itu, untuk keperluan inilah tang cucut banyak digunakan.

Karena bentuk mulut tang cucut yang panjang serta kecil dibandingkan dengan tang jenis lainnya, hal ini memudahkan pengguna untuk menjangkau area sempit dengan lebih mudah. Sehingga pekerjaan dapat dilakukan dengan akurat.

Digunakan Saat Bekerja Dengan Kabel

Mengerjakan alat elektronik tidak lepas dari kegiatan membuka kabel dan membongkar serabut kabel untuk menyambung arus listrik dan sebagainya. Biasanya pekerjaan ini dilakukan dengan menggunakan tang cucut. 

Karena kabel lebih mudah untuk dibongkar dengan menggunakan tang cucut dibandingkan dengan menggunakan gunting yang seringkali menyebabkan serabut serta kabel terpotong seluruhnya. Tang cucut disisi lain bekerja dengan lebih akurat dan tidak menyebabkan serabut kabel terputus.

Untuk Membengkokkan Kabel

Bentuk tang cucut yang panjang dan lancip membuat benda ini dapat digunakan untuk membengkokkan benda seperti kabel, pelat lunak, atau lembaran besi. Bentuk alur seperti ini banyak dibutuhkan untuk menjangkau fungsi tertentu pada mesin atau mempermudah jangkauan alat dengan memberinya bentuk alur sehingga dibuat bengkok.

Membuka Tutupan Benda

Dalam mesin, banyak tombol dan benda lainnya yang diletakkan dalam ruang yang cenderung sempit. Sehingga untuk memperbaiki dan menjangkaunya diperlukan alat khusus seperti tang cucut. Dengan alat ini, genggaman pada benda menjadi jauh lebih mudah dan kuat.

Demikian informasi mengenai tang cucut dan fungsinya. Semoga artikel ini membantu memperluas pengetahuan terkait alat perkakas beserta dengan peruntukannya! Selalu pastikan untuk menggunakan alat perkakas sesuai kebutuhan agar tidak menimbulkan bahaya atau ketidaknyamanan!

Jika Anda sedang mencari Tang Cucut dengan kualitas terbaik, percayakan kebutuhan Anda kepada Vinindo Corporation. Kami merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021 sehingga produk yang kami tawarkan tidak dapat diragukan lagi kualitasnya. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

Related Articles

Share this article
BACK