19 May 2023

Cara Merawat Kuas Cat agar Tahan Lama

Cara Merawat Kuas Cat agar Tahan Lama

Membeli kuas cat yang tepat memang tidak murah, tetapi kuas yang berkualitas dapat membuat perbedaan besar pada hasil lukisan. Setelah Anda memperoleh kuas cat yang berkualitas, langkah selanjutnya adalah merawatnya dan membersihkannya dengan benar setelah pengecatan. 

Jika Anda tidak membersihkan kuas dan rol cat dengan benar atau membiarkan catnya mengering, Anda dapat langsung membuangnya ke tempat sampah atau setidaknya mempengaruhi kualitas cat.  Berikut cara merawat kuas cat agar tahan lama.

Bersihkan kuas secara menyeluruh setelah digunakan

Jika mulai mengering, pembersihan akan jauh lebih sulit dan berisiko merusak alat. Pembersihan dan penyimpanan yang benar dari semua alat lukis Anda itu penting. Cuci dengan baik dengan air hangat dan sedikit sabun cuci piring dan usapkan sabun dengan lembut melalui kuas sampai air menjadi jernih. Ambil pengikis kuas untuk menghilangkan semua cat lebih cepat, termasuk menghilangkan cat kering. Jalankan pengikis melalui bulu-bulu kuas, lalu bilas dengan air hangat dan ulangi prosesnya. Setelah dibersihkan, biarkan kuas dan rol benar-benar kering sebelum digunakan kembali atau disimpan.  

Jangan biarkan kuas terendam dalam cat

Celupkan kuas ke dalam air saat mengecat. Jangan biarkan kuas di dalam air atau bulu kuas akan melebar dan menekuk, mengubah bentuk kuas Anda. Apalagi jika gagang kuas juga terendam air. Gagang yang terbuat dari batang pohon perlahan membusuk karena air. Yang terbaik adalah meletakkan kuas yang tidak terpakai di atas kain dan sesekali mencelupkannya ke dalam air. 

Simpan kuas dengan benar

Lindungi kuas dengan pelindung kuas untuk menghindari perubahan bentuk kuas. Pelindung kuas bisa menggunakan sedotan potong atau plastik yang sudah ada ketika membelinya. Jaga kuas tetap lurus dengan bulunya. Gunakan gelas bekas atau khusus untuk menyimpan kuas Anda. 

Gunakan pelarut khusus

Pastikan kuas dibersihkan agar tidak ada warna yang tersisa setelah digunakan. Gunakan penghapus cat yang cocok dengan cat yang Anda gunakan untuk membersihkan kuas. Untuk cat berbahan dasar air, bersihkan sisa cat dengan air. Untuk cat minyak, Anda bisa menggunakan minyak yang diformulasikan khusus untuk membersihkan cat minyak. 

Jangan memakai kuas untuk berbagai jenis cat

Bulu hewan dan serat sintetis seringkali menjadi bahan untuk pembuatan bulu-bulu pada kuas. Bulu hewan seringkali digunakan untuk kuas cat minyak. Jangan gunakan kuas bulu hewan dengan cat berbahan dasar air, karena bulu hewan dapat menyerap air sehingga membuat kuas menjadi kaku dan sulit diatur. Untuk cat berbahan dasar air atau water based, lebih baik menggunakan kuas nilon atau polyester karena kuas jenis ini tidak menyerap air dan tidak lentur. 

Gunakan sisir kuas

Setelah kuas berhasil dibersihkan dan dikeringkan, sisirlah kuas-kuasmu dengan menggunakan sisir kuas agar jarak antar kuas tetap rapi dan berdampak pada kualitas hasil cat.

Bungkus kuas Anda

Saat Anda membeli kuas, simpan bungkus asli yang disertakan dengan kuas Anda. Bungkus kuas tersebut bagus untuk menjaga bulu-bulu tetap utuh dan membantu kuas mempertahankan bentuk aslinya. 

Hindari penggunaan bahan kimia yang keras

Hindari pembersih atau bahan kimia yang keras dalam membersihkan kuas, pilihlah pembersih kuas yang lembut, dan perhatikan apa yang bisa berbahaya bagi kuas. Pilih pembersih ringan dan bersihkan dengan lembut untuk membersihkan kuas Anda secara efektif, tanpa menyebabkan kerusakan tambahan.

Berinvestasi dalam kuas berkualitas

Kuas cat yang berkualitas tinggi membuat Anda terlihat seperti pelukis profesional. Menggunakan kuas yang berkualitas baik. tak hanya akan memberikan hasil akhir yang lebih halus dan profesional pada dinding Anda, tetapi juga dapat bertahan lebih lama. Gunakanlah kuas dengan gagang kayu dan selongsong logam (bagian yang menghubungkan bulu ke gagang), karena bagian plastik lebih mudah rusak jika digunakan berulang kali. 

Itulah beberapa tips dan trik untuk membersihkan dan merawat kuas. Perhatikan tempat penyimpanan kuas, simpanlah kuas ditempat yang tidak berdebu. Bungkus bulu kuas terlebih dahulu agar tahan lebih lama. 

Segera kunjungi DXplore Shop untuk mendapatkan kuas dengan kualitas terbaik dan memberikan kenyamanan karena cekungan pada gagang. Percayakan kebutuhan Anda kepada Vinindo Corporation. Kami merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021 sehingga produk yang kami tawarkan tidak dapat diragukan lagi kualitasnya.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

Related Articles

Share this article
BACK