24 Nov 2021 Beragam Jenis Gergaji yang Perlu Anda Ketahui dari Sekarang!

Beragam Jenis Gergaji yang Perlu Anda Ketahui dari Sekarang!

Dalam dunia perkakas, konstruksi dan pertukangan, terdapat satu benda unik yang kegunaannya cukup bermanfaat. Seringkali banyak orang salah dalam menyebut nama benda ini. Padahal fungsinya berbeda-beda begitupun cara penggunaannya.

Untuk mengetahui perbedaan jenis gergaji, fungsi, dan lain sebagainya ada baiknya Anda menyimak rangkuman yang saya berikan agar tidak salah lagi dalam penyebutan namanya.

1. Gergaji Triplek (Coping saw)

Sesuai namanya jenis gergaji ini dipergunakan untuk memotong triplek atau papan kayu. Ciri gergaji ini mempunyai mata yang tajam dan berbentu “U” yang berfungsi memudahkan pemotongan dan membuat pola lengkung pada papan yang menghasilkan potongan rapi.

2. Gergaji Tangan (Handsaw)

Gergaji ini sangat sering kita jumpai. Fungsi utama adalah memotong kayu berukuran sedang seperti tongkat, dan balok kayu. Ciri utamanya adalah mata pisau berukuran sedang dan renggang.

3. Crosscut saw

Ciri gergaji ini terdapat dua gagang yang dapat digunakan dengan dua orang sebagai jagalnya. Biasanya digunakan untuk memotong kayu secara horizontal.

4. Gergaji Punggung / Gergaji Sudut (Backsaw)

Gergaji jenis ini biasanya digunakan untuk memotong kayu secara lurus dan hasilnya dianggap lebih bagus dari gergaji jenis lainnya. Ciri yang menonjol adalah mata pisau yang berbentuk persegi panjang.

5. Keyhole saw

Keyhole saw digunakan untuk menjangkau benda-benda kecil yang akan dipotong. Dengan ujung yang runcing memungkinkan gergaji ini untuk memotong dari sisi tengah papan kayu. Proses awal pemotongan yaitu dengan membuat lubang di sisi tengh papan kayu kemudian gergajilah seperti biasanya.

6. Gergaji Besi (Hacksaw)

Gergaji ini hampir sama dengan gergaji triplek. Sesuai namanya gergaji ini digunakan untuk memotong besi, pvc, dan kayu.

7. Gergaji Jepang (Japanese Saw)

Gergaji ini memiliki dua sisi yang berguna untuk membuat berbagai tekstur dari lunak hingga keras. Dua sisi tersebut mempunyai fungsi yang berbeda. Satu sisi digunakan untuk memotong dan sisi lainnya untuk membelah. Di Indonesia sendiri model yang sering digunakan adalah Ryoba.

8. Gergaji Rantai (Chain Saw)

Gergaji ini biasanya digunakan untuk menebang pohon, baik berukuran besar ataupun kecil. Umumnya digunakan pada industri kayu yang dioperasikan menggunakan mesin dengan rantai berputar kecepatan tinggi.

9. Scroll Saw

Berbentuk seperti meja datar yang dilengkapi gergaji kecil ditengah yang bergerak dengan kecepatan tinggi. Fungsinya untuk membentuk pola yang rumit pada papan kayu.

10. Miter Saw

Gergaji ini didesain untuk digunakan sebagai pemotongan sudut agar memiliki hasil yang presisi. Gergaji ini juga bisa diputar 45 derajat

11. Jig Saw

Jenis gergaji ini memiliki ciri-ciri gigi halus dan bilah pendek. Motornya memiliki kecepatan tinggi yang bisa bergerak naik turun.

Penggunaannya untuk membuat berbagai pola pada papan kayu seperti lengkung, zig-zag, dan kurva.

12. Circular Saw

Gergaji circular saw memiliki bilah berbentuk piringan gerigi yang penggunaannya untuk memotong benda seperti keramik dengan lurus.

13. Veneer Saw

Merupakan gergaji yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan yang membutuhkan presisi tinggi. Seperti menyerut papan kayu sampai halu

14. Flooring Saw

Sesuai namanya jenis gergaji ini diletakkan pada lantai yang dilengkapi penggaris untuk memudahkan pemotongan secara presisi. Bahan yang biasanya dipotong adalah keramik.

15. Gergaji Serbaguna

Gergaji ini merupakan gabungan dari banyak fungsi yang menjadi satu. Dilengkapi beberapa bilah yang dapat Anda atur sesuai kegunaan yang diinginkan.

Bentuknya yang kecil memudahkan untuk dibawa kemana-mana seperti di mobil, rumah, kost, dan tempat kerja.

Waww, banyak sekali ternyata jenis gergaji yang ada. Ada yang tahu sebabnya?

Ternyata Itu dikarenakan berbeda-beda penggunaan. Ada yang kecil sampai besar ada yang murah dan mahal ada yang penggunaan manual sampai dengan mesin yang membuat kerja menjadi lebih efisien waktu dan tenaga.

Untuk itu, sesuaikan dengan penggunaan Anda dan jangan lupa selalu rawat barang yang dimiliki agar umur barang tersebut panjang dan tidak rusak saat digunakan.

Pastikan juga menggunakan peralatan keamanan kerja agar Anda tetap aman dan nyaman dalam bekerja dengan perkakas pertukangan ini. Apabila terjadi kecelakaan segera lakukan pertolongan pertama dan panggil dokter Anda.

Demikian penjelasan terkait jenis gergaji dan fungsinya. Semoga bermanfaat, ya.

Konsultasikan kebutuhan pintu anda di Vinindo Corporation. Kami menjual berbagai macam gergaji yang kokoh dengan beraneka ragam model. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Share this article
BACK