07 Nov 2021

Jangan Lewatkan 10 Hal Penting Ini Saat Renovasi Rumah!

Jangan Lewatkan 10 Hal Penting Ini Saat Renovasi Rumah!

Merenovasi rumah merupakan hal yang sangat disukai bagi semua orang karena dengan renovasi suasana rumah akan berubah menjadi indah. Tapi, jika tidak tepat akan menjadi bom waktu bagi pemiliknya. Rumah roboh, tidak sesuai harapan adalah beberapa contoh renovasi rumah yang tidak tepat.

Untuk itulah ada baiknya pertimbangkan hal berikut ini sebelum merenovasi rumah Anda. Ini dia rangkumannya.

Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Melakukan riset dapat Anda dilakukan dengan mencari referensi di internet atau mendatangi langsung kontraktor Anda. Riset kebutuhan material, biaya tukang, waktu yang tepat untuk membangun, pemilihan tanah adalah hal yang bisa Anda lakukan.

Pemilihan Konsep Desain Rumah

Tentu saja tujuan merenovasi rumah adalah mengubah tampilan bangunan lama dengan bangunan baru yang lebih segar, bukan? Pemilihan konsep desain menyesuaikan lokasi tanah Anda. Gunakan desain yang baik dan benar. Baik berarti sesuai dengan aturan pembangunan, benar berarti sesuai dengan fungsi bangunan tersebut

Merancang Anggaran yang Tepat

Merencanakan anggaran sangat diperlukan. Mulailah merancang dari pemilihan material, biaya tukang, waktu yang dibutuhkan, hingga finishing. Komunikasikan dengan kontraktor Anda jika mengalami kesulitan dalam merancangnya.

Pengaturan Jadwal Renovasi Rumah

Pengaturan jadwal renovasi memungkinkan Anda menempati rumah dengan tepat waktu dan meminimalisir biaya yang menggelembung saat pembangunan.

Komunikasikan dengan Orang Setempat

Mengomunikasikan dengan orang setempat seperti tetangga merupakan kesopanan dalam membangun rumah. Mereka tentunya akan terganggu dengan kebisingan dan polusi yang terjadi. Ada baiknya meminta izin kepada mereka sebelum membangun rumah.

Pemilihan Arsitek yang Mengerti Keinginanmu

Memilih arsitek yang berpengalaman dan memiliki ulasan baik sangat diperlukan dalam merenovasi rumah. Mereka akan dengan mudah memahami maksud Anda hanya dengan mendengarkan ucapan yang Anda sampaikan. Arsitek yang baik tentunya akan mewujudkan rumah impian Anda dalam proyek renovasi. Pertimbangkan juga biaya yang Anda sepakati bersama. Jangan lupa buatlah perjanjian tertulis bermaterai.

Pemilihan Bahan Bangunan Paling Berkualitas

Pemilihan bahan bangunan berkualitas merupakan hal utama dan terpenting dalam merenovasi rumah. Bahan bangunan yang baik dapat memperpanjang masa umur bangunan. Misalnya, memilih menggunakan galvalum kualitas tinggi untuk atap rumah dan genteng yang tidak mudah pecah akan memudahkan kita untuk melakukan perawatan rumah secara berkelanjutan.

Survey Struktur Tanah

Melakukan survey pada tanah memungkinkan Anda untuk memperkirakan pondasi apakah yang cocok dengan rumah Anda. Misalnya, jika tanah yang akan Anda bangun sudah padat berarti tidak perlu lagi ditimbun tanah. Begitu juga jika tanah belum padat seperti bekas sawah maka menimbun tanah wajib dilakukan agar bangunan yang Anda buat tidak roboh di kemudian hari.

Survey Kebutuhan Penghuni Rumah

Renovasi rumah bukan untuk tujuan membuat rumah keren dan dipandang kaya oleh tetangga. Tapi, lebih dari itu ada alasan lain seperti sempitnya bangunan rumah lama. Menyesuaikan renovasi rumah dengan kebutuhan membuat proyek yang Anda kerjakan tepat sasaran.

Perbaikan Saluran Listrik dan Air

Jangan lupakan hal penting terakhir dalam merenovasi rumah. Cek saluran listrik dan air yang terdapat di rumah Anda. Mengeceknya terlebih dahulu akan menghindarkan dari kerugian material. Bayangkan jika Anda akan membuat pondasi baru dan tidak sengaja merusak jalur air yang ada di rumah. Hal tersebut tentu sangat merugikan, bukan?

Lakukan hal tersebut di atas untuk menghindari perenovasian rumah yang tidak tepat. Merenovasi rumah yang tidak tepat hanya akan menguras kantong dan membuang waktu yang Anda miliki. Sebaliknya, renovasi yang tepat akan mewujudkan rumah impian Anda dan keluarga. Pemilihan material, pengawasan adalah hal yang harus dilakukan ketika renovasi rumah sedang berlangsung. Ini membuat jadwal yang telah anda rancang akan berjalan dengan baik. Ada baiknya juga berikan dana darurat untuk renovasi rumah Anda yang dapat menghindarkan dari mangkraknya proyek pembangunan

Itulah beberapa hal penting yang sebaiknya dilakukan saat merenovasi rumah. Semoga rumah impian Anda dapat terwujud dengan baik. Selamat mencoba!

Supaya rumah impian Anda aman dari maling, percayakan kebutuhan gembok kunci Anda kepada Vinindo Corporation. Kami menyediakan berbagai macam jenis gembok seperti gembok kode, gembok pagar, gembok kuningan, gembok bulat anti maling dan lain sebagainya. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021.

Related Articles

Share this article
BACK