16 Feb 2022

Fungsi Gunting Seng

Fungsi Gunting Seng

Tahukah kamu? Ternyata gunting sudah ada sejak zaman Mesir Kuno 1500 SM. Dapat dibuktikan dari adanya arkeologi mesopotamia (Gunting pegas) yang sudah berusia 3000-4000 tahun. Tentu saja sudah mengalami berbagai transformasi bentuk hingga saat ini. Gunting modern didesain silang atau diputar, Lalu diproduksi oleh pabrik Inggris Robert Hinchliffe. 

Karena gunting memiliki bentuk yang berbeda-beda maka fungsinya beda pula. Misalnya gunting medis, berbeda dengan gunting yang biasa digunakan oleh tukang jahit. Gunting medis dibedakan dalam beberapa kategori yaitu gunting jahit, gunting bedah, dan sebagainya.

Mengingat keberadaan gunting sangat berguna bagi keseharian, mustahil jika anda tidak memiliki gunting di rumah anda. Bahkan terkadang ada yang memiliki tiga sampai empat gunting dalam satu rumah. Tapi apakah anda tahu bahwa ada jenis gunting yang tidak bisa digunakan sembarang, bahkan harus dijauhkan dari jangkauan anak-anak yaitu gunting besi. Gunting ini sangat tajam sehingga jika tidak digunakan sebagaimana mestinya dapat berakibat fatal. 

Apa fungsi dari gunting seng? Simak ulasan berikut ini :

Fungsi Gunting Seng

Gunting seng merupakan sebuah alat yang digunakan para tukang untuk memotong seng. Gunting ini hadir sebagai alternatif jika tidak memiliki gerinda mesin yang konon harganya cukup mahal dan menimbulkan resiko kecelakaan yang tinggi. Dengan menggunakan gunting seng, tukang akan lebih mudah menyelesaikan pemotongan besi.

Gunting tersebut terbuat dari bahan yang tajam dan anti karat. Terdapat gigi pada bagian kepala gunting. Dapat memotong seng dengan ketebalan 1,2mm-2mm. Ukurannya jelas lebih besar dari gunting pada umumnya karena memang didesain khusus untuk memotong seng yang keras. Potongan yang dihasilkan dengan alat ini pastinya lebih rapi dan memuaskan. Selain memotong seng, jenis gunting ini juga dapat digunakan untuk memotong benda keras lainnya seperti kawat, batang besi, baja ringan dan sebagainya.


Tips memilih Gunting seng yang Bagus

Sebelum memutuskan untuk membeli gunting seng yang berkualitas, ada baiknya jika anda memperhatikan hal-hal berikut :

1. Mengetahui karakteristik gunting

Anda harus mengetahui karakteristik gunting seng sebelum membelinya. Gunting yang beredar di pasaran biasanya memiliki panjang hingga 25 cm, besar 10 inchi, besar diameter kepala gunting 17mm dan geriginya berukuran 2 mm. Biasanya bahan dari gunting ini adalah chrome vanadium atau CR-V.

2. Mengetahui Bentuk Gunting

Saat hendak membelinya, anda harus mengetahui bentuk gunting seng. Tidak lucu jika anda salah dalam membeli gunting. Dimana bentuk kepala gunting besi lurus atau bertipe bengkok. Tipe terbaiknya adalah yang berbentuk lurus karena cocok digunakan untuk semua jenis seng dengan ukuran yang berbeda-beda. Jika anda kesulitan untuk mengetahui bagaimana bentuk gunting seng, browsing terlebih dahulu atau langsung bertanya kepada toko yang bersangkutan. 

3. Lakukan survey Harga

Wah, gak afdol rasanya jika membeli sesuatu tanpa melakukan survey harga terlebih dahulu. Sama halnya saat membeli gunting seng ini. Ada baiknya jika anda melakukan survey harga di beberapa tempat agar mendapatkan harga yang terbaik. Jika anda tidak ingin merasa repot, survey dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur browser pada gadget anda. Dengan demikian, kemungkinan akan mendapatkan harga yang lebih terjangkau namun kualitas tetap oke.

Sekarang anda sudah tahu bukan apa manfaat dari gunting seng yang digunakan untuk memotong seng yang tebalnya berbeda-beda. Segera dapatkan gunting seng yang anda inginkan dan gunakan dengan hati-hati ya!

Jika Anda sedang mencari gunting seng dengan kualitas terbaik, silahkan hubungi Vinindo Corporation. Kami memiliki gunting seng yang terbuat dari bahan karbon baja berkualitas tinggi serta memiliki ketahanan dan ketajaman yang tahan lama. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

Related Articles

Share this article
BACK