14 Feb 2021

Inspirasi Pintu Utama Rumah

Inspirasi Pintu Utama Rumah

Guna mempercantik tampilan hunian Anda, maka dibutuhkan inspirasi pintu utama rumah. Sebab, menentukan desain pintu rumah utama ini tidak boleh sembarangan. Apabila Anda membuat desain pintu yang tidak sesuai dengan konsep atau gaya rumah yang dikerjakan, maka desain rumah akan terlihat aneh.

Maka dari itu, Anda butuh rekomendasi dalam memilih desain pintu utama rumah. Mencari konsep desain untuk pintu rumah utama ini sedikit sulit. Sebab, Anda dituntut kreatif dalam mendesain pintu. Terlebih bagi Anda yang tidak memiliki keahlian di bidang tersebut.

Tips-Tips dalam Menentukan Pintu Utama Rumah

Bagi Anda yang masih awam di dunia pertukangan, tentu akan kesulitan dalam menentukan pintu utama rumah. Pemilihan pintu utama rumah ini sangat penting. Sebab, dari pintu utama inilah banyak orang yang menilai tentang desain rumah Anda. Untuk itu, ada beberapa tips jitu untuk memudahkan Anda dalam menentukan pintu utama rumah. Diantarnya adalah sebagai berikut ini :

  1. Sesuaikan dengan Desain Rumah

Sebelum memilih jenis dan model untuk pintu utama, maka perhatikan terlebih dahulu desain dari rumah Anda. Sebab, akan sangat berisiko jika menggunakan model pintu utama yang berbanding terbalik dengan desain rumah Anda.

Apabila rumah Anda menggunakan desain model minimalis, maka gunakan pintu kayu sebagai pintu utama rumah Anda. Apabila rumah Anda menggunakan desain minimalis, maka Anda bisa menggunakan pintu dari aluminium sebagai pintu utama. Silahkan cari inspirasi pintu utama rumah dengan kreasi masing-masing.

  1. Sesuaikan dengan Budget yang Dianggarkan

Untuk memilih jenis pintu utama rumah, pastikan tidak melebihi budget yang dianggarkan. Pintu menjadi salah satu bagian penting untuk dipasang pada rumah. Hanya saja, harga pintu ini cukup beragam. Semakin bagus desain pintu rumah yang digunakan, maka semakin mahal pula harga pintu tersebut.

Apabila budget Anda terbatas, maka gunakan jenis pintu tanpa ukiran. Sebab, harga pintu baik pintu kayu maupun aluminium yang tanpa ukiran ini lebih murah. Hanya saja, tampilan pintu utama tanpa ukiran ini terlihat kurang mewah dan tidak tampak ekstetik.

Cara Menemukan Ide dan Inspirasi Pintu Utama Rumah

Untuk menemukan ide desain dan mencari inspirasi model pintu utama rumah, maka ada beberapa cara untuk mencari dan menemukannya. Pertama, lihat desain pintu utama rumah melalui situs website.

Di beberapa situs website, terdapat beberapa model pintu utama rumah dengan berbagai desain. Anda dapat menggunakan model pintu dari situs website tersebut sebagai inspirasi dalam membuat pintu rumah.

Kedua, perhatikan gradasi warna cat rumah dengan pintu utama. Tujuannya agar warna tembok rumah dengan pintu utama tampak selaras. Jadi, Anda tidak boleh asal memilih cat untuk pintu rumah.

Ketiga, pilih ukiran pintu yang menarik. Ukiran pintu yang menarik akan menambah kesan ekstetik. Mengukir pintu ini bukan tugas yang mudah. Apabila Anda tidak memiliki keahlian untuk mengukir pintu rumah, maka Anda disarankan untuk menggunakan jasa ukir pintu.

Keempat, pilih handle yang cocok untuk dipasang pada pintu rumah. Pemilihan handle ini juga tidak boleh sembarangan. Sebab, pemilihan handle ini mengikuti desain pintu utama yang digunakan. Untuk menentukan inspirasi pintu utama rumah, maka jangan sampai salah dalam pemilihan handle.

Jika Anda menggunakan pintu yang terbuat dari kayu ukir, maka Anda bisa menggunakan handle tipe rustik. Handle pintu rustik ini umumnya terbuat dari kayu jati yang terbilang kuat, awet, dan mudah untuk diukir. Apabila Anda menggunakan pintu tanpa ukiran, maka handle pintu yang terbuat dari besi dapat dijadikan pilihan.

Dan bila Anda menggunakan pintu dari aluminium yang diukir, maka Anda dapat menggunakan handle jenis shabby chic. Jenis handle shabby chic ini sangat cocok untuk model desain pintu yang terlihat mewah.

Jenis dan Model Inspirasi Pintu Utama Rumah

Ada beberapa contoh jenis dan model pintu utama yang dapat dijadikan sebagai sumber inspirasi. Jadi, Anda tinggal untuk memilih saja bagaimana jenis dan model pintu utama yang sesuai dengan desain di rumah Anda.

Pertama, jenis pintu utama yang banyak digunakan adalah jenis modern minimalis. Pintu modern minimalis ini menjadi pilihan pintu untuk model rumah minimalis. Pintu tersebut terbuat dari bahan aluminium, PVC, atau carbon. Hanya saja, pintu minimalis ini tidak diukir sehingga tampak polos dari depan.

Kedua, pintu kayu ukir tradisional. Inspirasi pintu utama rumah tradisional ini selalu identik dengan warna cokelat. Pintu tradisional ini terbuat dari kayu yang telah diukir dan di pernis. Sehingga rumah yang menggunakan pintu tradisional ini terkesan mewah dan elegan.

Dan yang terakhir adalah jenis pintu rustik. Sekilas, pintu rustik dengan pintu tradisional ini memiliki kemiripan. Sebab, kedua jenis pintu tersebut sama-sama menggunakan kayu sebagai bahan pembuatannya.

Hanya saja, model dan desainnya yang berbeda. Pintu rustik ini lebih cocok digunakan untuk desain rumah vintage. Selain itu, pintu rustik tidak perlu di pernis guna mempertahankan kesan otentik.

Memilih pintu utama rumah memang tidak boleh dilakukan dengan cara yang sembarangan. Sebab, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum untuk menentukannya. Oleh sebab itu, ketahui tips dan cara menemukan ide dan inspirasi pintu utama rumah Anda.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

Related Articles

Share this article
BACK