21 Feb 2022

Pentingnya Mengecat Ulang Bagian-bagian Rumah

Pentingnya Mengecat Ulang  Bagian-bagian Rumah

Pengecatan termasuk kedalam salah satu renovasi rumah berskala kecil dan murah. Pengecatan tidak hanya alasan bosan dengan warna yang sebelumnya tapi juga menginginkan suasana baru. Sebagian keluarga memutuskan melakukan pengecatan ulang bagian-bagian rumah setahun sekali terutama saat menyambut hari besar seperti Hari raya idul fitri. Menurut ahli, bagian rumah harus dicat dalam jangka lima sampai sepuluh tahun sekali. Disesuaikan dengan iklim, cuaca, cat yang digunakan dan sebagainya.

Mungkin sebagian orang berargumen bahwa mengecat ulang termasuk hal membosankan yang memakan waktu lama. Padahal mengecat dapat dilakukan dengan mudah jika anda memanfaatkan tenaga tukang yang mahir dalam mengecat. Ada beberapa manfaat yang didapatkan saat melakukan pengecatan rumah. Tentunya bangunan menjadi tahan lama. Namun masih banyak manfaat yang akan anda dapatkan seperti yang kami rangkum dalam artikel pentingnya mengecat ulang bagian-bagian rumah dibawah ini.

1. Manfaat mengecat ulang bagian rumah

Manfaat pengecatan ulang bagian-bagian rumah adalah sebagai berikut :

Manfaat mengecat ulang untuk keindahan

Semahal apapaun cat yang anda gunakan tetap saja akan memudar jika dalam jangka panjang. Selain permasalahan warna, cat juga mengalami pengelupasan yang membuat dinding menjadi tidak menarik. Jika menginginkan rumah tetap indah dengan cat yang anda pilih, maka lakukan pengecatan minimal satu tahun sekali. Bagian yang sudah mengelupas sebaiknya dikikis terlebih dahulu sebelum dicat ulang agar hasilnya maksimal. Dengan begitu bagian-bagian rumah anda akan semakin indah.

Manfaat mengecat ulang untuk daya tahan bangunan

Seperti yang kita tahu tentang lapisan cat yang dapat melindungi dari paparan sinar matahari secara langsung. Bangunan yang sudah dicat akan tahan lama walaupun sampai sepuluh tahun lamanya. 

Manfaat mengecat ulang untuk kesehatan

Ini adalah efek yang sangat berbahaya saat anda tidak melakukan pengecatan ulang pada bagian-bagian bangunan. Debu yang menempel pada tembok menyebabkan penghuni rumah menjadi terganggu. Dampaknya tentu saja buruk bagi siapa saja yang berada disekitarnya. Selain itu, dinding yang lembab dapat menimbulkan jamur berbahaya. Dengan melakukan pengecatan ulang, anda dapat membersihkan debu dan juga mengatasi kelembapan dinding karena sudah dicat ulang. 

2. Frekuensi pengecatan

Bagian ruangan yang harus dicat ulang diantaranya bagian luar, ruang tamu, ruang makan dan ruang dapur. Khusus ruang tamu dan ruang makan dapat dilakukan pengecatan ulang 5-7 tahun sekali. Gunakan cat berkualitas yang tahan lama. Ruangan yang sering digunakan layaknya dapur, atau kamar mandi sebaiknya lebih sering dilakukan pengecatan. Namun jika menggunakan cat finishing satin, ruangan tersebut dapat dicat 3-4tahun sekali. Sedangkan pemilihan cat biasa, frekuensi pengecatan lebih seentar yaitu 1-2 tahun sekali. Bagian ruang tidur dewasa dapat dilakukan pengecatan ulang 5 tahun sekali. Sementara kamar anak-anak sering digunakan bahkan terkadang kotor karena coretan harus dicat ulang 2-3 tahun sekali. Frekuensi pengecatan ulang langit-langit rumah tergantung bagaimana kondisinya. Rumah yang berada di tepi jalan dicat 3-4 tahun sekali dan yang terhindar dari debu dapat dicat ulang 10 tahun kedepan.

3. Bagian mana saja yang harus dicat ulang

Bagian luar rumah idealnya dicat ulang satu tahun sekali agar mencegah granulasi. Apa itu granulasi? Yaitu proses pengeroposan skala mikro pada bagian dinding luar. Jika anda tinggal didaerah yang sering hujan, jangan melakukan pengecatan ulang karena dinding ruangan menjadi semakin lembab. Jika cat yang anda gunakan berkualitas rendah, gantilah cat tersebut sesegera mungkin supaya tidak memengaruhi frekuensi pengecatan. Nah bagian-bagian ruangan yang harus dicat yaitu bagian luar rumah, ruang makan, ruang tidur, dapur, dan sebagainya.

Itulah tadi pentingnya mengecat ulang bagian-bagian rumah yang harus anda ketahui.Lakukan sebaik mungkin untuk hunian dan keluarga anda. Cat ulang agar tetap tampil trendi dan tentunya bebas dari gangguan kesehatan.

Vinindo Corporation menyediakan kuas cat rol yang sifatnya fleksibel, dapat dipasangkan dengan bulu kuas rol merk apapun. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Segera hubungi kami untuk mendapatkan door stop terbaik.

Related Articles

Share this article
BACK