10 Nov 2021

8 Cara Memasang Kunci Pintu yang Mudah Dilakukan

8 Cara Memasang Kunci Pintu yang Mudah Dilakukan

Krekk! Suara pintu yang sudah rusak dan waktunya diganti. Pintu yang rusak membuat keamanan rumah Anda sangat dikhawatirkan. Untuk itulah ganti segera kunci pintu yang rusak dengan yang baru. Ganti dengan model yang sama atau yang berbeda sesuai dengan penggunaan Anda. Beberapa orang akan kesulitan untuk mengganti karena tidak mengetahui caranya.

Berikut rangkuman cara memasang kunci pintu rumah Anda dengan aman dan benar.

Cara Membongkar Kunci Pintu yang Lama

  • Tentukan Merek Kunci yang Anda Miliki

Cara memasang kunci pintu pertama adalah menentukan mereknya. Merek kunci bisa ditemukan di bagian grendel atau kuncinya. Apabila tidak ditemukan Anda bisa memotret dan mencocokkan pada kunci baru yang akan di beli. Ada baiknya untuk menanyakan ke penjual apakah kunci tersebut sesuai dengan yang lama atau tidak.

Cara lainnya adalah mengganti dengan yang baru tanpa memperhatikan merek yang lama. Ini akan membuat Anda menyesuaikan kembali rumah kunci pintu yang dimiliki.

  • Ukurlah Kenop Pintu

Terkadang pengait bagian dalam dan belakang pintu berbeda dengan bagian interior. Mengetahui ukurannya membuat Anda tidak salah pasang. Cara mengecek ukurannya adalah dengan membuat tali dari ujung ke ujung melewati lubang kunci pintu kemudian ukurlah dengan penggaris.

  • Jika Memungkinkan, Lepas Kenop Bagian Dalam

Lepaskan pegas yang ada di gagang pintu Anda. Maka kenop pintu akan otomatis terbuka dan Anda akan melihat penutup dekorasinya.

  • Lepaskan Bagian Interior Penutup Dekoratif

Sekrup yang menutupi mungkin tidak akan terlihat dari luar. Biasanya ada sekrup yang terdapat di bagian dalam dekoratifnya. Jika tidak terlihat sekrupnya maka lepas dahulu penutup plat dengan obeng atau pencungkil

  • Bongkar Bagian Kunci dengan Melepas Dua Bagian Dalam Sekrup

Lepaskan sekrup yang menjadi pengaman bagian dalam ke bagian luar kunci pintu. Di dalamnya Anda akan melihat sebagian kenopnya. Lepaskan sekrup tersebut untuk memudahkan melepas sebagian kenopnya.

  • Lepas Kumpulan Grendel Palang Pintunya

Ini adalah tahapan yang mudah untuk mengganti kunci pintu. Lepas sekrup yang ada pada grendel pintu. Lokasi grendel ada di sisi yang menempel pada pelat pengunci pintu. Lepaskan juga plat pada bagian kusen pintu Anda menggunakan obeng yang sesuai dengan sekrup pintu.

Cara Memasang Kunci Pintu dengan yang Baru

  • Pasang Grendel

Pasang grendel baru ke tempatnya. Pastikan telah terpasang dengan sempurna. Sekrup grendel tersebut dengan kuat agar tidak lepas saat digunakan nantinya.

  • Pasang Kunci Pintu yang Baru

Pasang kunci pintu ke dalam lubangnya. Geser dan putar-putar sampai masuk dengan sempurna. Kemudian, sekrup penguncinya sampai kencang. Ini adalah langkah seperti melepas kunci pintu di atas.

  • Coba Operasikan Grendel dengan Cara Membuka Tutup Kunci Pintu

Langkah ini disesuaikan dengan jenis kunci yang Anda pasang. Jika kunci putar maka putar sampai grendel bisa masuk keluar. Jika kunci ayun maka ayunkan sampai grendel bisa masuk keluar. Jika kunci grendel tersendat maka ada yang kurang pas dalam pemasangannya. Untuk itu, cek ulang pemasangan kunci pintunya.

  • Kencangkan Sekrup yang Terpasang

Mengencangkan sekrup membuat kunci pintu yang Anda pasang tidak akan copot saat digunakan. Kemudian, teliti lagi apakah ada bagian yang kurang terpasang sempurna. Jika ada maka pasanglah dengan baik dan benar.

Itulah cara memasang kunci pintu yang benar dan tepat. Menyesuaikan merek kunci pintu adalah hal yang pertama bisa dilakukan dan mengecek hasil pemasangan adalah hal terakhir untuk memastikan kunci pintu terpasang dengan sempurna. Jika Anda masih belum bisa atau kesulitan memasangnya ada baiknya untuk memanggil tukang ahli kunci.

Perawatan yang bisa dilakukan setelah penggantian kunci pintu adalah dengan menggunakan sebaik-baiknya. Hindari untuk menutup pintu dengan kasar, jangan gantungkan sesuatu ke gagang pintu, dan beri pelumas ke lubang pintu agar terhindar dari karat yang menyebabkan pintu susah untuk dibuka. Memilih kunci pintu dengan kualitas yang baik adalah cara terbaik untuk membuat pintu Anda terhindar dari kerusakan. Semoga cara diatas dapat membantu, ya!

Di Vinindo Corporation, sebagai supplier gembok pintu kami mempunyai beragam bentuk gembok pintu yang kuat dan sesuai dengan bentuk dan model yang anda inginkan. Segera hubungi kami untuk pemesanan.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

 

Related Articles

Share this article
BACK