24 Feb 2023

Ini Dia Cara Memperbaiki Gembok Berkarat agar Mudah Dibuka Kembali!

Ini Dia Cara Memperbaiki Gembok Berkarat agar Mudah Dibuka Kembali!

Gembok menjadi salah satu perangkat keamanan yang berguna untuk mengunci apa saja, misalnya mengunci tas, koper, gerbang, jendela dan pintu. Berbagai jenis gembok dibuat untuk bisa digunakan di dalam dan di luar rumah. 

Namun sering kali permasalahan yang ditemukan ketika menggunakan gembok di luar ruangan adalah gembok cepat berkarat. Penyebab gembok berkarat adalah karena gembok sering terkena air dan udara. Terutama ketika gembok sering terkena air hujan. Karatan adalah penyebab utama gembok sering macet ketika hendak dibuka atau dikunci. 

Selain sulit dikunci, karatan juga menimbulkan masalah lainnya, yaitu warna gembok menjadi merah kecokelatan sehingga teksturnya menjadi kasar dan warna karat menempel di kulit ketika disentuh. Gembok berkarat juga berbahaya untuk kesehatan. Jika terpapar, Anda rentan keracunan, bahkan bisa menimbulkan penyakit kronis, seperti kanker dan ginjal.

Jika Anda mengalami masalah tersebut, Anda tidak perlu khawatir, berikut ini kami bagikan tips mengatasi gembok yang sulit dibuka karena berkarat.

Bahan - Bahan yang Diperlukan

Pertama, siapkan beberapa bahan yang Anda perlukan untuk memperbaiki gembok yang berkarat agar mudah dibuka.

  • Chain lube: cairan kimia yang berfungsi menghilangkan karat dengan cepat

  • Tisu : untuk mengelap chain lube

Cara Memperbaiki Gembok yang Macet karena Berkarat

Setelah menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan, selanjutnya mari simak cara yang harus Anda lakukan.

  1. Buka gembok dengan kunci. Pastikan Anda memutar kunci secara perlahan jika gembok sangat berkarat agar kunci tidak patah di dalam gembok. 

  2. Sediakan cairan chain lube dengan cara diteteskan atau disemprot. Pemberian cairan bisa dimulai dari lubang, badan dan bagian pengait gembok.

  3. Lap secara perlahan menggunakan tisu. 

Selain untuk membersihkan permukaan gembok, chain lube juga bisa digunakan untuk membersihkan lubang kunci. Anda hanya perlu menuangkan cairan tepat di lubang kunci, kemudian kocok gembok perlahan sampai cairan masuk ke seluruh bagian dalam lubang kunci. 

Mengatasi gembok berkarat juga dapat dengan cara lain selain menggunakan chain lube, yaitu menggunakan ampelas, air lemon, soda kue dan minyak goreng.

Jika Anda ingin membersihkan karat gembok dengan ampelas, pertama-tama siram gembok dengan air tawar, kemudian gosok seluruh bagian gembok mulai dari permukaan hingga lubang kunci. Setelah gembok basah, gosok secara perlahan gembok dengan ampelas grit 80. Durasi mengampelas dapat disesuaikan dengan keinginan Anda. 

Mengatasi gembok karatan juga bisa menggunakan peralatan yang jauh lebih sederhana, yaitu dengan soda kue yang dicampur dengan air lemon. Larutan dua bahan ini menghasilkan cairan yang tidak hanya dapat menghempaskan dari gembok, tetapi juga benda lain yang terbuat dari logam atau baja. 

Untuk menghilangkan karat dari gembok, campurkan soda kue dan air lemon masing-masing sebanyak satu sendok teh. Celupkan gembok ke larutan kemudian tunggu selama 10 hingga 20 menit. Angkat gembok lalu lap menggunakan kain katun sampai serpihan karat yang sudah rontok hilang. 

Demikian tips mengatasi gembok yang berkarat. Gembok yang berkarat harus segera dibersihkan agar dapat kembali digunakan. Salah satu masalah yang timbul jika membiarkan gembok berkarat terlalu lama adalah gagang gembok sulit diputar. Untuk mengatasinya, Anda harus melumuri pelumas khusus gembok agar gagang gembok kembali berfungsi dengan baik. Atau sebagai opsional, Anda dapat menggunakan minyak goreng. 

Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu meneteskan sedikit demi sedikit minyak goreng ke lubang  gagang gembok. Tuang secara perlahan agar minyak masuk secara merata. Setelah itu, Anda bisa mencoba dengan memasukkan kunci dan mulai menggembok. Jika masih sulit dibuka, tambahkan kembali minyak sedikit demi sedikit.

Vinindo Corporation sebagai produsen gembok anti karat juga pemilik merk gembok pintu yang bagus menjual berbagai macam gembok termasuk gembok dengan kode nomor. yang anti karat. Mari simak gembok dengan kualitas terbaik kami. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Silahkan menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

Related Articles

Share this article
BACK