09 Mar 2022

Merawat Perkakas agar Tidak Mudah Berkarat

Merawat Perkakas agar Tidak Mudah Berkarat

Bicara tentang perkakas tentunya sangat tidak asing ya bagi kita dan pastinya setiap kita  memiliki perkakas di dalam rumah kita namun perkakas itu sendiri apa sih? Ayo kita bahas bersama. Menurut Wikipedia, perkakas tangan adalah alat-alat tangan yang digunakan dengan kekuatan tangan manual (tenaga manusia) dan bukan dengan mesin (seperti halnya power tool). Beberapa contohnya adalah peralatan tangan antara lain palu, kunci pas, tang, dan obeng.

Perkakas tersebut merupakan benda-benda yang rentan berkarat karena mayoritas terbuat dari besi. Akibatnya, jika perkakas tersebut dibiarkan berkarat akan membuat penggunanya semakin sulit menggunakan bukan? Selain itu, pekerjaan menjadi terhambat juga dan akan menimbulkan terjadinya kecelakaan kerja karena kurangnya kebersihan pada perkakas yang digunakan.

Nah, jangan bingung ya untuk Anda yang menjaga  agar perkakas di rumah tidak mudah berkarat ataupun rusak, disini akan kami bagikan tips gimana sih merawat perkakas dengan mudah untuk tetap nyaman digunakan. Berikut cara yang bisa dilakukan antara lain

1. Jangan Gunakan Jika Sudah Rusak

Sumber: pixabay.com

Loh, kok jangan digunakan? Perkakas yang memang tidak boleh lagi digunakan itu ada beberapa diantaranya salah satunya adalah kunci. Kunci jika sudah terkikis atau tergosok maka bisa dikatakan rusak karena bisa mengakibatkan baut atau mur yang akan dipasang menjadi ikut terkikis juga. Tentu akan membuat kita semakin rumit dan tidak akan menyelesaikan pekerjaan kita jika kita terus memaksa menggunakan kunci yang sudah aus atau tergosok bukan? Hindari penggunaan kunci-kunci yang sudah aus supaya kerja kita menjadi  aman dan mudah.

2. Bersihkan Kunci Sebelum Digunakan

Membersihkan kunci adalah hal yang perlu kita perhatikan jika akan menggunakan perkakas, kunci adalah jenis perkakas yang memang paling sering digunakan. Mengapa? Karena beberapa barang-barang di rumah kita tentunya membutuhkan alat ini jika mengalami kerusakan. Membersihkan kunci sebelum digunakan perlu dilakukan karena beberapa hal, salah satunya terkena debu ataupun kotoran yang menempel sebab terlalu lama disimpan di lemari atau tempat-tempat tertentu. 

Kotoran seperti debu dapat juga menyebabkan perkakas menjadi berkarat apalagi jika disimpan di tempat yang tidak bersih dan dapat terkontaminasi oleh air akan rentan sekali berkarat. Oleh sebab itu, sebaiknya jika akan menggunakan perkakas yang berbahan besi seperti kunci-kunci upayakan untuk membersihkannya dengan kain lap bersih agar nyaman digunakan.

3. Bersihkan Kunci Setelah Digunakan

alat kebersihan

Sumber: pixabay.com

Apabila usai menggunakan perkakas seperti kunci, tang atau obeng segera bersihkan alat-alat tersebut karena jika dibiarkan sisa-sisa kotoran seperti mungkin tangan kita berkeringat, atau terkena kotoran lainnya seperti debu yang dibiarkan menempel pada perkakas maka akan membuat perkakas tersebut cepat rusak. Debu juga dapat menyebabkan korosi pada besi. Tak hanya itu, kunci yang digunakan oleh para montir di bengkel juga biasanya sangat mudah sekali kotor akibat terkena oli. 

Setiap orang pasti menyukai kebersihan agar nyaman dalam bekerja. Membersihkan perkakas dengan mencuci lalu dilap dengan lap bersih adalah salah satu caranya. Sebenarnya mudah namun diantara kita sering menganggap biasa dengan hal seperti ini. Jika sudah bersih selain nyaman digunakan perkakas seperti kunci tersebut tidak akan mudah berkarat dan rusak.

4. Simpan di Tempat yang Tepat

Masalah tentang cara menyimpan kunci-kunci yang tidak tepat juga menjadi  penyebab perkakas tidak terawat dengan baik. Misalnya, meletakkan kunci  di sembarang tempat akan membuat kunci hilang bisa jadi karena tidak rapi dan seringkali kita terlupa dimana terakhir meletakkan kunci tersebut. 

Mulailah membuat rak-rak khusus kunci atau perkakas lainnya dengan rapi. Apabila sudah rapi maka akan nyaman kita mencari perkakas saat akan digunakan. Untuk membuat rak tidak perlu susah payah, zaman sekarang sudah canggih bukan? Banyak rak-rak perkakas yang harganya terjangkau. Gunakan juga toples-toples yang sekiranya sudah tidak layak pakai sebagai tempat penyimpanan kunci-kunci. Setelah itu, simpan dan letakkan perkakas ditempat yang lembab untuk menghindari terjadinya korosi/karat. 

Konsultasikan kebutuhan perkakas anda di Vinindo Corporation. Kami menjual berbagai macam alat pertukangan yang kokoh dengan beraneka ragam model. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Related Articles

Share this article
BACK