19 Oct 2020 Cara Memasang Handle Pintu dengan Benar untuk Pintu Kayu atau Kaca

Cara Memasang Handle Pintu dengan Benar untuk Pintu Kayu atau Kaca

Cara memasang handle pintu bisa dilakukan sendiri di rumah. Anda dapat mempelajari langkah mudahnya. Ada beberapa macam jenis trik yang bisa untuk dilakukan agar bisa untuk memasang handle pintu tanpa harus mengundang seorang tukang yang ahli memasang pintu. Pintu memiliki fungsi yang sangat vital di rumah. Jadi, Anda harus memilih penempatan dengan sebaik mungkin.

Penempatan pintu yang tidak pas dapat membuat ruangan menjadi sumpek. Karena pintu berperan layaknya jendela sebagai sirkulasi atau tempat keluar masuknya udara untuk memberikan kesegaran pada ruangan. Jika Anda ingin bisa memasang handle pintu kayu maupun kaca dengan baik, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Memasang Handle Pintu Kayu dan Kaca

Memasang handle pintu bisa berjalan lancar jika Anda menguasai triknya. Berikut beberapa cara mudah untuk memasang handle pintu sendiri di rumah.

  1. Pilih handle pintu yang tepat

Langkah pertama, Anda bisa memilih jenis handle pintu yang tepat. Pertimbangkanlah jenis handle pintu sesuai dengan bahan pintu yang dipilih. Pilih handle sesuai dengan spesifikasi serta fungsi pintu. Karena jika handle yang dipilih tidak sinkron akan membuat pintu tersebut tidak nyaman ketika digunakan.

  1. Lakukan pengukuran pegangan pintu

Cara memasang handle pintu berikutnya dapat dilakukan dengan melakukan pengukuran pegangan pintu. Mengapa hal ini harus dilakukan? Ini akan membuat ketinggian handle pintu dari lantai memenuhi kriteria yang standar. Jadi, handle pintu akan dapat digunakan dengan lebih nyaman oleh pemilik rumah.

Untuk menentukan ketinggian handle pintu, Anda dapat melakukannya dengan mengukur ketinggian handle pintu yang sudah jadi. Anda juga dapat membaca buku petunjuk pemasangan handle pintu yang sudah dibeli.

  1. Tandai di mana pegangan pintu akan dipasang

Jangan lupa, berikan tanda di mana pegangan pintu tersebut akan dipasang. Anda bisa menggunakan spidol atau bolpoin untuk menandainya. Jadi, ini akan terlihat ketika akan melubanginya menggunakan bor. Jika tanda yang diberikan hanya samar-samar, ini akan berisiko menimbulkan kesalahan dalam pengeboran.

Cara Lain yang bisa Digunakan untuk Memasang Hamdle Pintu Kayu dan Kaca

Selain beberapa cara yang sudah disebutkan di atas, Anda juga perlu memahami cara yang bisa digunakan untuk memasang handle pintu dan kaca. Cara lain yang harus Anda perhatikan adalah.

  1. Lubangi dengan bor

Setelah menandai dengan menggunakan spidol, Anda bisa mengebornya. Lakukan dengan hati-hati dan tidak asal-asalan karena bisa menimbulkan kerusakan pada pintu. Ini akan menjadi sebuah hal yang mubazir. Cara memasang handle pintu ini harus diperhatikan dengan sebaik mungkin.

  1. Membuat lubang poros

Lubangi bagian poros untuk memperbesar lubang sebelumnya. Lanjutkan dengan mengebor bagian samping pintu dengan memberikan tanda terlebih dahulu. Lakukan bor secara perlahan agar tidak terjadi kesalahan. Setelah itu, jangan lupa membersihkan serbuk kayu agar pemasangan handle tidak terganjal serbuk kayu tersebut.

Tips Pemasangan Handle Pintu Setelah DiBor

Cara memasang handle pintu setelah Anda melakukan pengeboran pada lubang-lubang yang telah ditentukan cukup mudah. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Menandai bagian cover depan

Anda bisa memasukkan pengait dari pegangan pintu pada lubang yang telah dibor dari sisi samping pintu. Tandai dengan sebuah pola yang bisa terlihat dengan jelas agar tidak  terjadi sebuah kesalahan saat melakukan pemasangan.

Untuk memberikan sentuhan indah, Anda bisa menggunakan pisau tajam untuk memotong sekitar garis kayu. Lakukan perlahan dan teliti. Dengan demikian, hasilnya juga akan menjadi lebih rapi.

  1. Memahat bagian lubang untuk pengait

Anda bisa menggunakan peralatan pahat tajam serta palu untuk membuat sebuah lubang pahat. Lakukan perlahan dan hati-hati agar tidak merusak bagian-bagian pintu lainnya.

Pahatlah sesuai dengan pola yang telah ditentukan. Jadi, ketika pemasangan pengait dilakukan ini tidak akan terlalu lebar maupun terlalu kecil. Jika sudah selesai, lakukan finishing. Berikan polesan yang cantik untuk membuat hasil yang lebih memuaskan.

  1. Pemasangan kait pintu

Cara memasang handle pintu setelah bagian lubang pengait dibuat adalah memasang bagian kait pintu. Untuk melakukan hal tersebut, pastikan pengait sudah terpasang di tempat yang pas. Jadi, pengait tidak akan mudah terlepas.

Jangan lupa, Anda bisa memasang baut pada bagian sisi atas dan bawah. Kencangkanlah baut tersebut sehingga pengait bisa duduk dan terpasang dengan kuat. Jika sudah terpasang dengan benar, lakukan proses finishing menggunakan amplas agar hasilnya menjadi lebih rapi.

  1. Memasang pelat dan pegangan

Untuk membuat pelat pada bagian pintu, Anda bisa memanfaatkan pengait yang sebelumnya sudah terpasang. Kemudian, Anda bisa memasukkan dua sekrub dalam lubang kecil bagian pintu yang sudah di bor. Kencangkan dengan menggunakan sekrup agar handle pintu bisa terpasang dengan lebih kencang.

Anda bisa mengulangi langkah-langkah seperti sebelumnya. Jangan lupa, silahkan cek kembali pada semua bagian untuk memastikan bahwa semua telah terpasang dengan sangat baik. Jika sudah terpasang, Anda bisa melakukan finishing kembali agar handle pintu dan semua bagian-bagiannya Nampak lebih halus dan rapi.

Setelah semua terpasang dengan baik, Anda bisa melakukan tes pemakaian. Tes pemakaian juga bisa dilakukan untuk memastikan sebuah handle pintu bisa digunakan dengan rasa nyaman dan bisa digunakan dengan aman. Jika performanya masih kurang baik, Anda bisa langsung memperbaikinya kembali. Lakukan langkah dan cara memasang handle pintu di atas dengan perlahan dan teliti agar hasilnya memuaskan.

Share this article
BACK