30 Aug 2022

Ketahui Perbedaan Antara Gergaji Kopi dan Gergaji Plafon Ini

Ketahui Perbedaan Antara Gergaji Kopi dan Gergaji Plafon Ini

Gergaji merupakan salah satu perkakas yang berupa besi tipis dengan gigi tajam yang berfungsi untuk memotong atau membelah kayu atau material lainnya. Gergaji memiliki beragam jenis, beberapa jenis tersebut membutuhkan kekuatan otot, tetapi ada juga yang membutuhkan tenaga mesin yang digerakkan dengan menggunakan motor.

Gergaji digunakan dalam dunia konstruksi ataupun pertukangan. Dalam penggunaannya, sebuah gergaji harus disesuaikan dengan benda yang dipotong. Karena setiap mata gergaji akan menghasilkan potongan yang berbeda. Gergaji kayu tidak bisa digunakan untuk memotong sebuah besi, oleh karena itu penggunaan gergaji harus disesuaikan dengan benda atau material yang akan dipotong.

Jika Anda menggunakan gergaji yang tidak tepat untuk memotong sebuah material, maka hasil potongan akan menjadi kurang baik, dan justru akan membuat mata gergaji menjadi lebih cepat tumpul dan kemudian akan patah.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai dua jenis gergaji yaitu gergaji kopi atau yang juga disebut sebagai pruning saw, dan juga gergaji plafon atau yang juga biasa disebut wallboard saw.

Gergaji kopi memiliki bilah pemotong atau bagian pemotongan yang bentuknya melengkung. Pegangan gergaji kopi ini dirancang menyerupai sebuah pegangan pistol. Bilah pemotong gergaji kopi ini lebar dan memiliki gigi dengan dua arah pemotongan untuk menghasilkan pemotongan yang lebih cepat. Gergaji kopi ini berfungsi untuk memotong dahan pohon pada posisi yang tinggi maupun dahan yang rendah. Bentuknya yang melengkung akan memudahkan Anda untuk memotong bagian-bagian dahan pohon.

Gergaji plafon atau wallboard saw memiliki bentuk yang mirip dengan keyhole saw, yaitu gergaji dengan ujung bilah yang mengecil. Namun, gergaji plafon memiliki ukuran bilah yang lebih pendek dan lebih lebar jika dibandingkan dengan keyhole saw. Selain itu, gergaji plafon memiliki jumlah gigi tajam yang lebih sedikit per incinya. Gergaji plafon ini dirancang khusus supaya dapat menembus tembok yang terbuat dari papan atau tripleks.

Berikut ini adalah beberapa penjelasan lebih lengkap mengenai perbedaan antara gergaji kopi dan gergaji plafon. Simak penjelasannya dengan saksama:

Fungsi dari Gergaji Kopi dan Gergaji Plafon

Dilihat dari segi fungsi, gergaji kopi dan gergaji plafon memiliki fungsi yang berbeda. Dengan bentuk bilangan yang berbeda, kedua gergaji ini tidak dapat digunakan untuk memotong benda yang sama.

Gergaji kopi berfungsi untuk memotong dahan pohon di tempat yang tinggi maupun tempat yang rendah, sedangkan gergaji plafon berfungsi untuk memotong plafon atau papan yang terbuat dari tripleks dan bahan sejenis lainnya.

Spesifikasi Gergaji Kopi dan gergaji Plafon

Setelah mengetahui mengenai informasi dasar perbedaan gergaji kopi dan gergaji plafon, serta mengetahui masing-masing fungsi gergaji tersebut, hal selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah perbedaan spesifikasi dan bahan yang digunakan untuk memproduksi gergaji kopi dan gergaji plafon, berikut ini spesifikasi masing-masing gergaji tersebut:

Gergaji Kopi D-Xplore

Gergaji kopi atau gergaji lengkung dari D-Xplore memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  • Gergaji kopi diproduksi dengan menggunakan desain terbaru yang akan memudahkan pekerjaan.

  • Gergaji kopi tersedia dalam dua ukuran yaitu 12 inci dan 14 inci.

  • Gergaji kopi terbuat dari bahan baja dengan plat teflon yang memiliki ketebalan 0,9 milimeter.

  • Pegangan pada gergaji kopi terbuat dari bahan PVC dan didesain dengan ergonomis.

Gergaji Plafon D-Xplore

  • Gergaji plafon D-Xplore diproduksi dengan menggunakan desain terbaru yang akan memudahkan pekerjaan.

  • Gergaji plafon tersedia dalam satu ukuran yaitu 12 inch.

  • Gergaji plafon terbuat dari bahan baja 65# dengan plat teflon yang memiliki ketebalan 0,9 milimeter.

  • Pegangan tangan pada gergaji plafon terbuat dari bahan PVC, didesain dengan ergonomis dan disesuaikan dengan pengguna.

Keunggulan Masing-Masing Gergaji

Gergaji kopi dan gergaji plafon memiliki keunggulan yang berbeda. Gergaji kopi D-Xplore sangat unggul digunakan untuk memotong dahan kayu, dan terbuat dari bahan yang berkualitas dengan standar internasional. Sedangkan gergaji plafon D-Xplore unggul dalam memotong plafon atau papan berbahan material tripleks dan sejenisnya, dan gergaji ini diproduksi dengan standar internasional yang tidak perlu diragukan kualitasnya.

Anda bisa mendapatkan kedua gergaji tersebut melalui tautan berikut ini Gergaji Kopi D-Xplore dan Gergaji Plafon D-Xplore.

Jika Anda sedang mencari Gergaji Kopi D-Xplore dan Gergaji Plafon D-Xplore dengan kualitas terbaik, percayakan kebutuhan Anda kepada Vinindo Corporation. Kami merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021 sehingga produk yang kami tawarkan tidak dapat diragukan lagi kualitasnya. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

Related Articles

Share this article
BACK