28 Jun 2022

Ini 10 Rekomendasi Gergaji Tangan yang Terbaik dan Kuat

Ini 10 Rekomendasi Gergaji Tangan yang Terbaik dan Kuat

Gergaji merupakan salah satu perkakas yang digunakan dalam dunia konstruksi maupun pertukangan. Gergaji menurut wikipedia adalah perkakas berupa besi tipis bergigi tajam yang digunakan untuk memotong atau pembelah kayu atau benda lainnya.

Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai gergaji tangan dan rekomendasi gergaji tangan yang baik untuk Anda gunakan. Melalui artikel ini diharapkan Anda bisa menentukan gergaji terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apa yang Dimaksud Gergaji Tangan?

Gergaji tangan merupakan perkakas berupa besi atau baja tipis yang memiliki gigi tajam dan berguna untuk membelah dan memotong benda. Gergaji tangan efektif digunakan untuk memotong material seperti kayu, PVC (polyvinyl chloride), metal, aluminium, besi, dan lain sebagainya.

Gergaji tangan dioperasikan dengan manual menggunakan tangan dan tidak membutuhkan listrik. Gergaji tangan ini bisa menjadi perkakas praktis yang bisa Anda gunakan sewaktu-waktu di semua tempat untuk memotong berbagai benda.

Cara memilih Gergaji Tangan yang Tepat

Sumber foto: https://www.pexels.com

Untuk mendapatkan gergaji yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan awet digunakan dalam jangka waktu yang lama, Anda harus cermat untuk memilih gergaji tangan yang tepat. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan mengenai cara memilih gergaji tangan yang tepat, yaitu:

Memeriksa Panjang Pisau

Panjang mata pisau pada gergaji tangan diukur dari pisaunya saja, tidak termasuk gagangnya. Terdapat dua ukuran mata pisau pada gergaji tangan yang biasa beredar di pasaran, yaitu pisau pendek yang panjangnya tidak lebih dari 12 inci atau 30,48 cm. gergaji tangan dengan pisau pendek ini cocok digunakan untuk pekerjaan yang membutuhkan ketelitian ekstra, yaitu untuk memotong benda berdiameter tipis seperti besi beton, ranting kecil, dan pipa.

Gergaji tangan dengan pisau panjang memiliki panjang pisau lebih dari 12 inci atau di atas 30,48 cm. gergaji dengan pisau panjang ini cocok digunakan untuk memotong balok kayu, tripleks, batang pohon, dan benda berukuran besar lainnya.

Mengecek Bentuk Pisau

Hal kedua yang perlu Anda perhatikan dalam memilih gergaji tangan yang tepat adalah bentuk pisau pada gergaji tersebut. Ada dua tipe pisau yaitu rip saw dan crosscut saw yang memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda.

Memilih Gergaji Tiga Mata

Gergaji yang memiliki tiga mata akan memotong benda lebih cepat dibandingkan gergaji yang memiliki dua mata pisau. Perbedaan mata pisau ini terletak pada ujung gigi gergaji. Gergaji dengan tiga mata pisau memiliki satu mata pisau ekstra di ujung giginya.

Memilih Gergaji yang Mata Pisaunya Bisa Diganti

Pilihlah gergaji tangan yang mata pisaunya dapat diganti. Jika Anda menggunakan gergaji tangan untuk waktu yang lama, memilih gergaji tangan dengan mata pisau yang dapat diganti akan menjadi pilihan terbaik bagi Anda.

Memilih Gergaji Tangan yang Tidak Menimbulkan Suara

Beberapa merek dan model gergaji dirancang dengan kelebihan tidak mengeluarkan suara saat digunakan. Ada juga gergaji yang bersuara pelan, dan ada juga gergaji yang suara gesekannya bising. Pilihlah gergaji yang menghasilkan suara sekecil mungkin, supaya Anda juga nyaman menggunakannya.

10 Rekomendasi Gergaji Tangan untuk Anda

Kami akan memberikan rekomendasi 10 gergaji tangan terbaik yang dapat Anda pilih sebagai salah satu perkakas di rumah Anda:

Gergaji Tangan Gagang PVC D-Xplore 

Gergaji dari Vinindo Corporation ini terbuat dari bahan Baja 65# dengan plat teflon yang memiliki ketebalan 0,9mm. pegangan tangannya terbuat dari PVC yang dikombinasikan dengan karet untuk mencegah slip saat pemakaian. Tersedia dalam tiga ukuran 16 inch, 18 inch, dan 20 inch.

Gergaji Plafon D-Xplore

Gergaji dari Vinindo Corporation ini terbuat dari bahan Baja 65#, plat teflon dengan ketebalan 0,9mm. pegangannya terbuat dari bahan PVC yang didesain ergonomis sesuai dengan tangan pengguna.

Gergaji Kopi Lengkung D-Xplore

Gergaji dari Vinindo Corporation ini terbuat dari baja dengan plat teflon tebal 0,9mm. pegangannya terbuat dari bahan PVC dan didesain dengan ergonomis.

Stang Gergaji Besi Ukuran 8 Inch – 12 Inch D-Xplore

Stang gergaji D-Xplore dari Vinindo Corporation ini menggunakan baja dengan ketebalan 2mm, gergaji ini fleksibel dengan semua mata gergaji yang beredar di pasaran.

Gergaji Besi GT-HS1623 Tekiro Tools

Gergaji dengan merek Tekiro ini telah memenuhi JIS (japan Industrial Standard). Tipe pisau berjenis crosscut saw, bahannya dari solid aluminium dengan panjang 12 inch atau 30,48 cm.

Hand Saw 450 mm Palazzo

Gergaji Palazzo ini dilengkapi dengan penggaris di sisi atasnya, sehingga Anda dapat memotong benda dengan presisi. Tipe pisau gergaji ini adalah rip saw, dengan gagangnya berbahan fiber lapis karet. Panjang pisaunya 45 cm.

Gergaji Jepang Ryoba

Gergaji merek ini sangat fleksibel karena memiliki dua sisi pisau yaitu rip saw dan crosscut saw. Gergaji ini juga memiliki dua mata pisau yang diperkeras dengan metode impulse hardening 65HRC. Metode pengerasan tersebut membuat gergaji menjadi lebih tajam dan tahan lama dibandingkan dengan gergaji lainnya.

Gergaji Kayu 3 Mata 18 Inch GT-HS1556

Gergaji dari Tekiro ini biasa digunakan untuk memotong benda-benda yang keras. Gergaji ini memiliki gerigi yang kuat dan anti rusak, ujung geriginya yang keras hanya terletak pada bagian yang digunakan untuk memotong. Sedangkan pada inti geriginya tetap soft, untuk menghindari kerusakan. Gergaji ini bertipe rip saw dengan 3 mata, panjangnya 18 inch atau 45,72 cm.

Hand Compass Saw Teflon 14 Inch Camel

Gergaji dengan merek Camel ini didesain berbentuk lancip dan panjang untuk menjangkau area yang sulit seperti kolong atau bagian yang berdempetan dengan tembok atau benda lain. Pisau gergaji ini bertipe rip saw dengan bahan baja teflon dan panjang 35 cm.

Gergaji Kayu Tjap Mata Carl Schlieper

Gergaji Carl Schlieper ini merupakan merek Jerman yang dikenal sebagai gergaji kayu cap mata yang tajam dan awet. Gergaji ini memiliki kualitas diatas standar pekerja bangunan karena mata gergajinya yang sangat tajam. Mata pisau gergaji ini bertipe rip saw, dengan bahan menggunakan baja teflon dan gagang yang terbuat dari kayu. Panjang pisau pada gergaji ini adalah 14 inch, 18 inch, dan 20 inch.

Itulah penjelasan lengkap mengenai 10 rekomendasi gergaji tangan dengan kualitas terbaik yang kuat dan awet untuk Anda gunakan. Anda bisa mendapatkan gergaji tangan di Vinindo Corporation. Kami menyediakan gergaji tangan dengan lengkap. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Related Articles

Share this article
BACK