29 Dec 2021

Berikut Ini Pengaplikasian Plester Dinding yang Dapat Kamu Ketahui

Berikut Ini Pengaplikasian Plester Dinding yang Dapat Kamu Ketahui

Beragam tahapan yang telah dilalui saat proses konstruksi berlangsung akan ditutup dengan tahap finishing, salah satu tahapan finishing yang diberlakukan adalah pemberlakuan plester dinding. Kamu pernah mendengar istilah Plester dinding? Yup, pada artikel ini plester dinding adalah topik yang akan kita bahas. Maka dari itu Yuk, kupas tuntas artikel berikut ini.

Yuk, Ketahui Apa yang Dimaksud Plester Dinding!

Apa sih itu plester dinding? Pemberlakuan plester dinding sebenarnya dapat kamu temukan dimana-mana, dan diberbagai bentuk bangunan. Yang mana pemberlakuan plester dinding ini merupakan tahap pelapisan yang dikerjakan usai pemasangan struktur dinding dilakukan. Nah, artikel berikut ini akan menyajikan berbagai serba-serbi yang bisa kamu tinjau sebelum melakukan tahap finishing, yakni pemberlakuan plester dinding. Mulai dari keunggulan, bahan baku pembuatan, alat-alat yang diperlukan, sampai tahap pengerjaan plester dinding, akan disuguhkan pada artikel kali ini.

Keunggulan Plester Dinding

Adanya plester dinding ini memberi begitu banyak peranan, antara lain plester dinding ini berperan dalam mempermudah proses pengecatan, memproteksi dinding dari teriknya panas matahari, menambah kekokohan struktur dinding, dan meminimalisir kebisingan terhadap suara-suara yang berasal dari luar.

Bahan Dasar Dibuatnya Plester Dinding

Untuk mengaplikasikan Plester dinding diperlukan bahan material, layaknya semen dan pasir. Keduanya dapat diaduk merata dengan menggunakan air. Nah, sendiri berperan sebagai pengikat antara semen dan pasir, sehingga harus diberikan dengan takaran yang cukup dan tepat. Jangan lupa, untuk memastikan kualitas bahan baku, dengan melakukan peninjauan secara bijak dan tepat.

Menyajikan Berbagai Alat Pendukung

Selain bahan baku yang tepat, untuk membuat plester dinding kamu juga butuh alat pendukung yang tepat pula. Antara lain, alat pendukung yang bisa kamu gunakan adalah sebagai berikut.

  • Untuk menyaring pasir dari berbagai benda layaknya batu dan kotoran, kamu dapat mengandalkan ayakan.
  • Agar bahan baku bisa menyatu padu satu sama lain, kamu bisa menggunakan cangkul.
  • Pelapisan terhadap struktur dinding dapat dilakukan oleh sendok yang juga berperan dalam menempelkan adukan plesteran.
  • Lot, merupakan alat bantu yang berperan dalam pengerjaan plester dinding sehingga dapat dilakukan secara datar.
  • Untuk meratakan plesteran saat ditempelkan pada struktur dinding, kamu bisa menggunakan ondrog.
  • Jedar berperan dalam meratakan adonan plesteran yang sebenarnya telah dilapisi
  • Ember digunakan sebagai wadah penakar terhadap adukan plester dinding dan wadah diletakkannya air saat proses penyatupaduan semen dan pasir.

Tahap Pengaplikasian Plester Dinding

Ada tiga tahap yang diberlakukan pada pengaplikasi plester dinding. Yang mana tahapan ini terdiri dari tahap pengaplikasian kamprotan yang merupakan campuran semen dan pasir, dilanjut dengan tahapan berikutnya yakni perataan terhadap permukaan dinding yang dibuat terhadap badan plesteran, selanjutnya tahapan terakhir merupakan pelapisan aci yang dapat membuat permukaan dinding menjadi lebih halus.

Dalam menerapkan tiga tahap ini kamu memerlukan bahan baku berupa air, semen, dan pasir dengan takaran yang tepat. Yang mana pada tahap pertama kamu bisa mengaplikasikan semen dan pasir dengan perbandingan 2:5 ataupun 3:5, lalu pada tahap berikutnya kamu bisa memberikan campuran berupa semen dan pasir sekitar 6 sampai 10 milimeter, dan di tahap ketiga lapisan aci dapat dilekatkan pada struktur dinding.

Ingat ya, sebelum melakukan plesteran dinding. Pastikan struktur dinding yang kamu lapisi itu tidak lembab dan dalam keadaan yang baik. Jangan lupa untuk melakukan peninjauan terhadap kualitas bahan baku yang kamu kenakan.

Selain bahan baku, pastikan peralatan yang kamu gunakan berkualitas baik. Vinindo Corporation menjual berbagai macam peralatan pertukangan yang kokoh dengan berbagai macam model dan desain. Vinindo Corporation merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

 

Related Articles

Share this article
BACK