28 Jun 2022

Bagaimana Cara Memilih Obeng yang Berkualitas?

Bagaimana Cara Memilih Obeng yang Berkualitas?

Obeng merupakan salah satu perkakas pertukangan yang sering digunakan. Menurut wikipedia, Obeng adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengencangkan atau mengendorkan baut. Obeng ini digunakan untuk mengencangkan dan mengendurkan atau bahkan melepaskan sekrup atau baut. Namun sebelum menggunakan obeng, Anda harus memastikan tipe obeng yang Anda gunakan sesuai dengan sekrupnya, karena jenis obeng dan sekrup sangat banyak.

Selain itu, tipe mata obeng juga berbagai macam, seperti mata obeng plus dan mata obeng minus. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai tips memilih obeng yang tepat, bagus, dan tentu saja berkualitas untuk Anda. Saat menggunakan obeng, seringkali muncul berbagai kendala, salah satunya adalah cepat rusaknya bagian di ujung obeng.

Oleh karena itu, Anda perlu menyimak beberapa cara memilih obeng yang berkualitas di bawah ini:

Mengecek Magnet di Ujung Obeng

Sumber foto: https://www.pexels.com

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk memilih obeng yang bagus dan berkualitas adalah dengan mengecek magnet di ujung obeng. Caranya adalah dengan menempelkan besi pada bagian ujung obeng yang akan Anda beli. Jika obeng tidak memiliki daya magnet yang kuat atau bahkan tidak ada medan magnet pada obeng tersebut, berarti obeng tersebut dikategorikan sebagai obeng yang jelek.

Obeng yang bagus adalah obeng yang memiliki medan magnet yang kuat. Karena dengan medan magnet yang kuat obeng akan lebih awet untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama, karena medan magnetnya tidak akan cepat hilang.

Mengecek Berat Obeng

Sumber foto: https://www.pexels.com

Hal kedua yang perlu Anda ketahui sebagai cara untuk memilih obeng yang berkualitas adalah dengan mengecek berat obeng. Obeng terbuat dari besi baja, jika obeng semakin berat, berarti kandungan besi baja di dalam obeng tersebut lebih banyak. Sehingga kualitas obeng tersebut pasti akan lebih bagus dan tahan lama dibandingkan obeng yang lebih ringan.

Mengecek Material Besi

Cara berikutnya untuk mengecek kualitas obeng adalah dengan mengecek material besi yang digunakan pada obeng yang akan Anda pilih. Jika material besi pada obeng sedikit, obeng tersebut akan lebih cepat rusak dan akan kalah dengan sekrup yang terbuat dari material besi yang padat.

Obeng dengan material besi yang sedikit, biasanya terbuat dari besi biasa yang mudah berkarat dan tingkat kekerasan besinya tidak terlalu keras. Sedangkan obeng yang menggunakan material besi yang bagus akan terlihat kesan titaniumnya pada obeng.

Anda bisa mengetahui material besi yang digunakan dengan mengecek warna pada obeng. Semakin gelap obeng tersebut, maka material besi yang digunakan lebih banyak. Dan biasanya obeng dengan kualitas material besi yang baik diberi finishing doff. Dari segi warna finishing doff material besi pada obeng yang berkualitas, biasanya berwarna abu-abu muda atau abu-abu tua.

Selain tiga cara mengecek obeng di atas, Anda juga perlu memeriksa ukuran obeng yang akan Anda pilih.

Ukuran obeng sangat variatif dan biasanya ditunjukkan dengan dua cara, yaitu menggunakan satuan mm (millimeter) dan kode.

Obeng plus biasanya didasarkan pada ketumpulan mata obeng. Sebagai contohnya, obeng plus dengan ukuran 1x75 menunjukkan arti bahwa mata obengnya memiliki kelancipan nomor 1 atau yang paling lancip. Sedangkan angka 75 menunjukkan panjang gagang obeng yang sepanjang 75 mm.

Selain itu, ukuran obeng minus menunjukkan lebar ujung obeng dan panjang pada gagang obeng. Contohnya, pada ukuran 5x100, angka 5 menunjukkan lebar mata obeng, sedangkan angka 100 menunjukkan panjang gagang obeng.

Pada beberapa produk obeng, Anda akan menemukan ukuran obeng yang ditunjukkan dengan kode. Sebagai contoh obeng dengan kode PH00 x 25 mm, PH menunjukkan jenis obeng philips (plus) dengan ukuran mata obeng 00, dan angka 25 menunjukkan panjang gagang yaitu 25 mm. selain itu, ukuran obeng tipe pentalobe biasanya ditunjukkan dengan kode P/TS dan obeng torx ditunjukkan dengan huruf T.

Setelah mengetahui cara memilih obeng yang berkualitas, saatnya Anda mendapatkan obeng terbaik di Vinindo Corporation. Kami menyediakan obeng kualitas terbaik dengan lengkap. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Related Articles

Share this article
BACK