05 Feb 2021

Macam-Macam Handle Pintu Unik di Dunia

Macam-Macam Handle Pintu Unik di Dunia

Untuk mempercantik pintu rumah, Anda dapat memilih satu dari beberapa macam handle pintu unik di dunia. Kini, fungsi handle atau daun pintu tidak sekedar untuk membuka pintu saja. Melainkan juga digunakan untuk mempercantik tampilan rumah. Umumnya, handle pintu ini terbuat dari bahan kayu maupun aluminium.

Sebab, handle yang terbuat dari kedua jenis bahan tersebut tidak mudah patah dan awet. Seiring dengan berjalannya waktu, kini banyak produsen-produsen handle pintu yang membuat desain unik dan menarik. Tujuannya untuk menambah keestetikan dari rumah konsumen. Oleh sebab itu, ada berbagai jenis handle pintu unik di dunia yang perlu Anda ketahui.

Ini Dia Macam-Macam Handle Pintu Unik di Dunia

Dalam memilih jenis handle pintu, setidaknya ada beberapa pertimbangan terlebih dahulu sebelum memasangnya. Sebab, keestetikan desain rumah ini dilihat dari bagian pintu terlebih dahulu. Apabila jenis handle yang digunakan tidak cocok dengan pintu, sudah dapat dipastikan jika rumah Anda dirasa kurang estetik.

Ada beberapa jenis handle pintu unik di dunia. Bisa saja Anda memilih salah satu jenis handle pintu tersebut. Maka dari itu, ini dia beberapa jenis handle pintu unik yang ada di dunia. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Pintu Kayu Rustik

Sesuai dengan namanya, pintu bergaya rustik ini menggunakan kayu sebagai medianya. Pintu kayu ini didesain dengan adanya pahatan di sisi-sisi tertentu. Handle rustik ini juga sangat cocok untuk dipasang pada pintu yang juga terbuat dari bahan kayu. Biasanya, handle rustik ini terbuat dari kayu jati yang dikenal kokoh dan tidak mudah dimakan rayap.

 

  1. Pintu Besi Vintage

Pintu besi juga menjadi salah satu macam handle pintu unik di dunia. Pintu besi ini telah ada sejak era 80-an. Pintu besi ini biasanya terbuat dari bahan metal yang telah dibentuk sedemikian rupa hingga cocok untuk ditempatkan pada pintu-pintu rumah model kuno. Bagi Anda yang menggunakan desain rumah vintage, maka pintu besi ini dapat dijadikan pilihan sebagai pintu rumah Anda.

 

  1. Pintu Shabby Chic

Untuk model rumah dengan desain minimalis seperti shabby chic, maka Anda pun juga dapat menggunakan handle pintu berdesain shabby chic. Handle pintu shabby chic ini terbuat dari bahan aluminium atau stainless steel. Hanya saja, daun pintu model shabby menggunakan didesain dengan model daun atau ukiran abstrak yang menambah nilai estetik rumah Anda.

Tips Mudah dalam Memilih Handle Pintu

Agar tampilan pintu rumah lebih menarik dan terlihat mewah, maka Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih handle pintu. Sebab, kesalahan dalam pemilihan daun pintu akan berakibat fatal. Salah satunya adalah ketidaksesuaian antara pintu dengan handle yang menyebabkan desain rumah tampak aneh. Ada beberapa tips-tips dalam memilih handle pintu.

Pertama, ketahui terlebih dahulu jenis-jenis handle pintu rumah. Anda dapat melihat beberapa macam handle pintu unik di dunia melalui internet. Apabila ada yang disukai, maka Anda bisa langsung membeli daun pintu model tersebut.

Setelah menemukan jenis pintu yang disukai, maka pastikan terlebih dahulu apakah daun pintu pilihan Anda ini cocok untuk jenis pintu rumah yang digunakan. Apabila Anda menggunakan pintu dari kayu, maka handle yang juga terbuat dari kayu atau besi sangat direkomendasikan untuk digunakan.

Apabila pintu rumah terbuat dari bahan aluminium, maka model daun pintu shabby chic ini lebih direkomendasikan untuk digunakan. Sebab, daun pintu shabby chic ini memiliki ukiran yang sangat unik. Tidak heran jika daun pintu model shabby chic ini menjadi salah satu dari beberapa macam handle pintu unik di dunia.

Dan jangan lupa, pastikan pemilihan handle pintu ini sesuai dengan desain rumah Anda. Jika rumah Anda berdesain vintage atau klasik, maka sebaiknya menggunakan daun pintu dari bahan metal atau besi.

Sebab, daun pintu ini telah digunakan sejak era 80-an. Apabila rumah Anda berdesain rustik, maka Anda direkomendasikan untuk menggunakan daun pintu model rustik yang terbuat dari kayu yang diukir dengan model tertentu.

Risiko dari Kesalahan Pemilihan Daun Pintu

Penggunaan daun pintu yang unik ini memang dapat menambah keestetikan rumah. Akan tetapi, ada risiko tersendiri dari kesalahan dalam pemilihan daun pintu. Risiko pertama, desain rumah akan tampak aneh jika daun pintu yang digunakan tidak sesuai dengan desain rumah.

Kedua, kesalahan pemilihan daun pintu secara tidak langsung dapat merusak keestetikan tampilan rumah. Guna mengurangi risiko dari kesalahan dalam pemilihan daun pintu, maka pilih salah satu dari beberapa macam handle pintu unik. Dari beberapa macam pintu unik tersebut, pilih salah satu desain handle yang cocok untuk pintu rumah Anda.

Handle atau daun pintu merupakan salah satu bagian yang dapat menambah keestetikan rumah. Akan tetapi, pemilihan daun pintu ini tidak boleh sembarangan. Sebab, pemilihan daun pintu ini harus sesuai dengan desain tampilan rumah Anda. Maka dari itu, pilih salah satu dari macam handle pintu unik di dunia yang cocok untuk rumah Anda.

Vinindo Corporation menyediakan berbagai macam handle pintu yang sesuai dengan kebutuhan anda. Handle pintu Vintage kami mempunyai bentuk dan model yang banyak ragam dan inovatif dan bisa disesuaikan dengan bentuk pintu anda. Handle pintu Vintage juga terkenal oleh karena kualitas dan ketahanannya. Silahkan kunjungi katalog handle Vintage kami.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

 

Related Articles

Share this article
BACK