12 Jan 2023 Anda ingin Mengecat Dinding? Cek Cara Memilih Kuas Cat Dengan Kualitas yang Baik!

Anda ingin Mengecat Dinding? Cek Cara Memilih Kuas Cat Dengan Kualitas yang Baik!

Tahukah Anda, ketika mengecat dinding, selain cat Anda pun memperhatikan kualitas alat yang digunakan untuk hasil yang maksimal. Pastikan Anda juga memilih kuas yang tepat dan berkualitas. Saat mengecat sendiri, kuas cat dinding bisa mempermudah pekerjaan Anda. Lalu bagaimana cara memilih kuas yang tepat?

Saat ini, banyak alat yang dapat digunakan dalam proses aplikasi cat, mulai dari roller hingga mesin canggih. Namun kuas sangat banyak digunakan, khususnya untuk pemula mengecat dengan kuas bisa lebih mudah dan hasilnya lebih rapi.

Saat membeli kuas, penting untuk memperhatikan kualitas dan jenisnya, karena di pasaran sendiri menawarkan berbagai macam jenis dengan spesifikasi, harga dan kualitas. Kuas tersedia dalam berbagai ukuran. Kuas besar digunakan untuk area yang luas, sedangkan kuas kecil digunakan untuk area sempit dan detail yang sulit. Model kuas terbagi menjadi dua yaitu kuas bulu dan kuas rol. 

Berikut tips memilih kuas untuk mengecat dinding:

Pilih kuas dengan pegangan yang nyaman sehingga tidak membuat tangan jadi cepat lelah atau pegal

Pilih kuas yang bulunya diikat rapat agar bulunya tidak mudah rontok saat digunakan. Selain itu, ketebalan pegangan harus diperhatikan. Pilih kuas dengan ketebalan pegangan yang pas, tidak terlalu tipis. Perhatikan juga, lebar pegangan kuas tidak boleh terlalu pendek dan ujung pegangan kuas harus rata.

Pilihlah kuas yang berkualitas yaitu bulu kuas yang meruncing dibagian ujungnya

Kuas dengan bulu yang runcing adalah salah satu ciri kuas yang bagus. Ini membuat kuas lebih fleksibel. Jangan memilih kuas dengan ketebalan yang sama pada bagian ujung dan pangkal bulunya.

Pilih kuas dengan bulu yang lebih panjang dan lebih banyak sehingga dapat menyerap cat lebih banyak dan hasil pengecatan lebih halus

Supaya hasil pengecatan lebih halus dan maksimal, kuncinya adalah menggunakan kuas yang mempunyai bulu lebih panjang dan banyak. Kuas dengan harga murah biasanya memiliki bulu yang lebih pendek dan meninggalkan bekas kuas pada dinding yang dicat.

Selain memilih kuas yang baik perlu diperhatikan juga pemilihan jenis kuas sesuai dengan catnya

Bulu kuas terdiri dari bulu hewan atau serat sintetis, bulu hewan ini banyak digunakan untuk cat minyak. Jangan gunakan kuas dengan bulu hewan digunakan untuk cat berbahan dasar air, karena bulu hewan dapat menyerap air. Hal tersebut dapat menyebabkan kuas melar dan kaku.

Lebih baik gunakan kuas dengan bulu nilon atau polyester untuk cat berbahan dasar air atau air, jenis kuas ini tidak menyerap air dan tidak meregang.

Perhatikan ujung kerataan panjang barisan bulu kuas

Pastikan kerataan ujung bulu kuas, untuk meratakan panjang bulu kuas, Anda bisa menggunakan gunting. 

Kuas dapat dibedakan berdasarkan ketebalannya. Ada yang tebal, tipis atau sedang, karena setiap merek atau produsen kuas memiliki standar kuasnya masing-masing. Gunakanlah sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, jika ingin mengecat dengan lapisan tipis, pilih kuas dengan bulu tipis.

Sebelum mengecat, pastikan cat dan pelarut tercampur rata untuk memaksimalkan hasil pengecatan.

Itulah penjelasan mengenai cara memilih kuas dan juga pelarut yang tepat untuk kebutuhan Anda, semoga ini dapat memberi Anda informasi lebih lanjut. Terima kasih!

Segera kunjungi DXplore Shop untuk mendapatkan kuas dengan kualitas terbaik dan memberikan kenyamanan karena cekungan pada gagang. Percayakan kebutuhan Anda kepada Vinindo Corporation. Kami merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021 sehingga produk yang kami tawarkan tidak dapat diragukan lagi kualitasnya.

Share this article
BACK