27 Jul 2022

Cara Cat Tembok Agar Hasil Mulus, Begini Tekniknya!

Cara Cat Tembok Agar Hasil Mulus, Begini Tekniknya!

Dinding rumah merupakan salah satu komponen penentu tampilan rumah. Karenanya, tidak heran banyak orang perlu mempertimbangkan lebih dulu warna dinding, motif, hingga cara cat tembok agar dapat memperoleh hasil yang maksimal. Sehingga, tampilan dinding rumah menjadi lebih bagus dan menarik.

Sebenarnya terdapat beberapa cara maupun teknik-teknik khusus yang mampu memaksimalkan kegiatan pengecatan dinding ruangan Anda. Sehingga, cara cat tembok dapat menjadi lebih mudah dan tampilan yang dihasilkan dapat sesuai dengan rancangan dan selera Anda. 

Beberapa cara cat tembok agar hasil yang didapatkan mulus dapat Anda ketahui berdasarkan penjelasan yang dipaparkan secara lengkap pada artikel berikut.

Alat dan bahan yang disiapkan

Untuk menyelesaikan proyek pengecatan tembok dengan hasil yang memuaskan, pemilihan alat dan bahan yang tepat sangat penting. Alat-alat utama yang dibutuhkan termasuk kuas, rol, dan panggul. Kuas digunakan sebagai cara cat tembok untuk menyapu pada sudut-sudut dan detail-detail kecil yang sulit dijangkau oleh rol.

Pemilihan kuas yang tepat, baik dari segi jenis bulu dan ukuran, akan mempengaruhi keakuratan dan keindahan hasil akhir pengecatan. Rol, yang tersedia dalam berbagai ukuran dan tipe bulu, adalah alat cara cat tembok yang efisien untuk pengecatan area besar. Penggunaan rol dengan bulu yang lebih panjang dapat memberikan tekstur yang lebih halus, sementara rol dengan bulu pendek cocok untuk dinding yang lebih kasar.

Selain alat-alat pengecatan utama, bahan-bahan yang diperlukan mencakup, primer (cat dasar), dan pelarut. Pemilihannya harus sesuai dengan kebutuhan, seperti tipe dinding yang akan dicat, kondisi cuaca, dan preferensi warna. Primer digunakan pada tembok yang belum pernah dicat atau mengalami perubahan warna yang signifikan, sehingga membantu meningkatkan daya rekat akhir.

Pelarut digunakan untuk membersihkan alat-alat pengecatan setelah selesai menggunakan cat berbasis minyak. Penting untuk membaca petunjuk pada kemasan dan bahan penunjangnya agar sesuai dengan proyek pengecatan Anda. Dengan memilih alat dan bahan yang tepat, Anda dapat mencapai hasil pengecatan tembok yang rapi, tahan lama, dan memenuhi ekspektasi estetika Anda.

Cara cat tembok

Cara Cat Tembok

Melakukan pengecatan tembok dapat meningkatkan tampilan dan keawetan dinding rumah. Berikut adalah cara cat tembok yang lengkap:

1. Lakukan inspeksi secara visual

Hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan untuk dapat mengecat dinding rumah agar mendapatkan hasil yang mulus dan maksimal adalah dengan melakukan inspeksi visual. Inspeksi visual bertujuan untuk dapat mengamati berbagai kondisi pada tembok rumah secara menyeluruh. Sehingga, memungkinkan Anda untuk mengetahui berbagai macam bagian dinding yang perlu dicat hingga tingkat kesulitan proses pengecatannya. Hal tersebut dapat digunakan untuk menyiasati hasil yang kurang maksimal. 

Pada tahap ini, Anda juga sebaiknya mulai memikirkan warna pada dinding rumah dengan desain interior yang akan Anda gunakan. Sehingga mampu mempermudah sekaligus mempercepat proses cara cat tembok pada dinding rumah.

2. Pilih cat yang tepat

Cara cat tembok yang kedua adalah memilih jenis yang tepat merupakan langkah kunci dalam proses pengecatan. Cat akrilik berbasis air umumnya menjadi pilihan umum karena kering lebih cepat, memiliki bau yang lebih ringan, dan ramah lingkungan.

Namun, jika Anda mengecat area tertentu yang rentan terhadap kelembaban atau cuaca ekstrem, cat berbasis minyak mungkin lebih cocok karena daya tahan yang lebih baik terhadap elemen-elemen tersebut. Pastikan untuk membaca petunjuk dan spesifikasinya dengan cermat untuk memastikan kecocokan dengan proyek pengecatan Anda.

3. Siapkan alat dan bahan

Hal lain yang perlu Anda lakukan sebelum melakukan pengecatan pada dinding rumah adalah menyiapkan berbagai keperluan cara cat tembok yang meliputi persiapan berbagai alat dan bahan. Sehingga, diharapkan kegiatan pengecatan lebih mudah dilakukan dan mampu memperoleh hasil yang maksimal. 

Berikut alat dan bahan yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan proses pengecatan, di antaranya meliputi cat, bak, kaleng air, kuas, roller, lakban, masking tape, koran, ampelas, tangga, dan dempul.

4. Copot saklar lampu dan tutup bagian yang tidak ingin dicat

Sebelum melakukan cara cat tembok selanjutnya, ada baiknya bagi Anda untuk melepas saklar lampu dan penutup outlet terlebih dahulu agar tidak terkena noda percikan. Hal tersebut juga sekaligus menjadi cara pencegahan terjadinya kesalahan pengecatan pada saklar maupun penutup outlet. 

Ketika melepas bagian saklar lampu dan penutup outlet, Anda perlu melakukannya dengan hati-hati agar tidak tersengat oleh adanya aliran listrik. Karenanya, sebelum melakukan tindakan ini, Ada baiknya Anda lebih dulu mematikan aliran listrik yang digunakan.

Setelah semua persiapan selesai dilaksanakan, Anda perlu mulai menutup bagian-bagian dinding yang tidak ingin dicat. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya kesalahan pengecatan pada bagian dinding yang warnanya tidak ingin Anda ubah. Untuk menutup bagian-bagian tersebut, Anda dapat menggunakan lakban maupun koran pada bagian dinding yang tidak ingin dicat.

5. Bersihkan dan tutupi bagian retak pada dinding

Cara cat tembok selanjutnya adalah dengan membersihkan dan menutup berbagai retakan yang ada pada dinding rumah Anda. Agar hasil pengecatan dapat lebih rapi, Anda dapat membersihkan kotoran debu pada dinding dengan menggunakan vacum cleaner atau kemoceng. 

Pada bagian dinding yang berlubang, Anda juga dapat menutupnya dengan menggunakan dempul. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan dempul pada bagian dinding yang berlubang sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu, tunggu agar dempul mengering. Selanjutnya, ampelas bagian dinding yang tidak rata akibat sisa-sisa penggunaan dempul.

Agar memperoleh hasil permukaan halus dan rata secara maksimal, Anda juga dapat mengoleskan lapisan primer pada bagian dinding yang telah didempul. Sehingga, cat tembok yang akan digunakan dapat lebih membaur dan mampu menghasilkan tampilan dinding yang halus serta memuaskan.

6. Aduk cat dan campurannya

Salah satu faktor yang mempengaruhi kehalusan hasil adalah komposisi campuran cat yang tepat dan proses pengadukan yang rata. Karenanya, ada baiknya bagi Anda untuk mencampurkan cat dinding dengan solvent atau water base. Sehingga, cara cat tembok ini mampu memberikan hasil yang rata, halus, serta tahan lama. 

Penggunaan water base atau solvent juga dapat membuat cat dinding yang Anda gunakan lebih tahan lama dan tidak mudah mengelupas. Namun, Anda juga dapat mengganti penggunaan water base ini dengan menggunakan air biasa sebagai salah satu bahan campuran. Komposisi yang digunakan pada air tersebut adalah 10% dari jumlah yang akan Anda gunakan.

7. Lakukan pengecatan dengan menggunakan warna dasar

Sebelum melakukan pengecatan pada tembok dengan menggunakan warna yang telah Anda pilih, ada baiknya bagi Anda untuk pengecatan warna dasar pada dinding. Warna dasar yang banyak dan umum digunakan pada tahap pengecatan ini adalah warna putih. Namun, terdapat warna lain yang dapat Anda gunakan. Simak selengkapnya di artikel 15 Pilihan Warna Cat Netral yang Cocok untuk Membuat Rumah Anda Lebih Sejuk berikut.

Alternatif cara cat tembok untuk memperhalus permukaan dinding namun tidak ingin menggunakan warna dasar adalah dengan mengamplas bagian permukaan tembok terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan untuk menghilangkan warna dinding yang sebelumnya telah melekat. Sehingga, cat lama yang masih tertinggal tidak akan mempengaruhi hasil pengecatan yang baru.

8. Keringkan antar lapisan

Cara cat tembok selanjutnya adalah memastikan bahwa setiap lapisan kering sepenuhnya sebelum melanjutkan ke lapisan berikutnya. Menunggu hingga kering dengan baik memastikan bahwa warna cat akan tetap sama dan tidak bercampur.

Sementara cat dapat terlihat kering di permukaan, sebaiknya biarkan waktu yang cukup agar benar-benar mengering di kedalaman. Jangan tergesa-gesa proses ini, karena kurangnya pengeringan dapat mempengaruhi daya rekat dan kekuatannya.

9. Lakukan pengecatan pada tembok

Ketika warna dasar pada permukaan tembok telah mengering, Anda dapat melanjutkan cara cat tembok dengan proses pengecatan tembok. Pada tahap ini, Anda sudah dapat mulai menggunakan warna-warna tembok yang diinginkan.

Untuk mempermudah proses pengecatan pada bagian dinding dengan permukaan luas, Anda dapat menggunakan roller. Sedangkan, untuk melakukan pengecatan pada bagian-bagian kecil yang sulit dijangkau, Anda dapat menggunakan kuas kecil agar hasil yang diperoleh dapat maksimal.

10. Cat lapisan top coat

Setelah lapisan dasar dan lapisan sebelumnya telah kering, cara cat tembok selanjutnya adalah mengaplikasikan lapisan top coat. Pastikan untuk memilih warna yang sesuai dan meratakannya secara merata pada dinding. Lapisan top coat memberikan perlindungan tambahan dan meningkatkan tampilan akhir dinding. Pilih cat dengan kualitas yang baik untuk memastikan warnanya tetap awet dan tidak pudar seiring waktu.

11. Bersihkan alat pengecatan

Setelah menerapkan cara cat tembok di atas, jangan lupa untuk membersihkan alat-alat pengecatan Anda. Gunakan air (untuk cat berbasis air) atau pelarut cat yang sesuai (untuk cat berbasis minyak) untuk membersihkan kuas, rol, atau sprayer. Membersihkan alat pengecatan dengan baik akan memperpanjang umur alat dan memastikan kesiapan untuk proyek pengecatan berikutnya. Jika alat pengecatan bersih dan terawat dengan baik, hasil pengecatan selanjutnya akan lebih lancar dan memuaskan.

Demikian beberapa penjelasan mengenai cara cat tembok rumah agar mendapatkan hasil yang mulus dan maksimal. Semoga artikel tersebut dapat membantu. Khususnya sebagai tambahan informasi bagi Anda untuk menentukan teknik-teknik pengecatan dinding yang baik sehingga mampu menghasilkan tampilan permukaan tembok yang halus dan mulus.

Jika Anda sedang mencari kuas cat dengan kualitas terbaik untuk proses pengecatan dinding rumah, percayakan kebutuhan Anda kepada Vinindo Corporation. Selain menjual kuas, kami juga menyediakan kuas berbentuk roll dan berbagai macam kebutuhan pertukangan lainnya.

Kami merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021 sehingga produk yang kami tawarkan tidak dapat diragukan lagi kualitasnya. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan. Berikut contoh alat pengecatan dinding rumah dari Vinindo Corporation:

Related Articles

Share this article
BACK