05 Nov 2021

Bagaimana strategi saat membangun rumah secara bertahap?

Bagaimana strategi saat membangun rumah secara bertahap?

Mempunyai rumah impian merupakan keinginan semua orang tidak terkecuali generasi muda yang akan berkeluarga. Tapi, seiring berkembangnya zaman kebutuhan tempat tinggal semakin banyak dan lahan semakin sedikit yang mengakibatkan mahalnya harga lahan dan kebutuhan material.

Belum juga kebutuhan lainnya yang juga semakin mahal. Inilah yang menjadi kendala hampir semua orang.

Tenang saja, Anda tetap akan memiliki rumah dengan cara membangunnya secara bertahap yang akan menghemat pengeluaran dan sesuai dengan budget Anda.

Simak strategi membangun rumah impian Anda secara bertahap sebagai berikut.

1. Menyusun Perencanaan

Menyusun perencanaan membuat Anda menentukan bagian penting untuk dibangun terlebih dahulu. Contohnya, dalam mengutamakan membangun kamar mandi daripada membangun kolam renang.

Menyusun perencanaan memungkinkan Anda untuk mengetahui estimasi biaya yang dibutuhkan mulai awal pembangunan sampai finishing.

2. Atur Rancangan Anggaran Biaya (RAB)

Merancang anggaran sangat diperlukan untuk membangun rumah. Mulailah merancang dari kebutuhan material, biaya jasa tukang, hingga finishing. Komunikasikan dengan kontraktor Anda jika mengalami kesulitan dalam merancangnya.

3. Sesuaikan dengan Kondisi Tanah

Jika rumah yang akan Anda bangun merupakan tanah sawah sebaiknya lakukan pengurukan dan padatkan karena kondisi tanah tersebut bisa bergoyang dan jika tidak dipadatkan tembok rumah yang Anda bangun akan miring/roboh.

4. Eksekusi Lewat Konsep yang Tepat

Konsep rumah yang sulit akan membuat budget pembangunan rumah semakin besar. Ini sangat tidak efisien terhadap budget yang Anda miliki. Untuk itulah pilih yang mudah untuk dieksekusi.

5. Lakukan Survey Material Secara Rinci

Surveylah material yang akan digunakan dalam pembangunan rumah Anda. Pastikan Anda memilih material yang berkualitas dan dengan harga terjangkau.

6. Pilih Material Sesuai Kebutuhan

Memilih material sesuai kebutuhan diperlukan untuk membangun rumah secara bertahap agar terhindar dari pemborosan material.

7. Menentukan Skala Prioritas

Cara ini sangatlah penting bagi Anda yang ingin membangun sebuah rumah. Tanpa adanya skala prioritas budget yang Anda miliki akan habis begitu saja. Bahkan, menyebabkan proyek pembangunan mangkrak. Bangun inti rumah saja seperti kamar, kamar mandi, dan dapur.

8. Gunakan Partisi Ruangan

Partisi ruangan dibutuhkan jika Anda sedang membangun rumah secara bertahap. Gunakan partisi semi permanen jika ruangan yang Anda bangun akan berubah di kedepannya agar tidak perlu membongkar kembali dinding yang telah berdiri tegak. Sebaliknya, gunakan partisi ruangan permanen jika tidak ada niatan untuk mengubah bentuk ruangan.

9. Gunakan Sistem Tukang Borongan

Dengan memilih sistem tukang borongan Anda dapat dengan mudah memprediksi biaya yang harus dikeluarkan daripada dengan sistem tukang harian. Sistem borongan juga memiliki efisiensi waktu yang dapat menghemat pengeluaran Anda untuk kebutuhan makan tukang sehari-harinya.

10. Membuat Pondasi Adalah Tahap Awal!

Ketika budget yang Anda miliki terbatas ada baiknya untuk membangun pondasi rumah terlebih dahulu dibanding membeli kebutuhan material sekunder seperti batu alam untuk memperindah tampilan rumah. Setelah membangun pondasi bisa Anda lanjutkan dengan membangun dindingnya sesuai dengan budget yang tersisa.

11. Pilih Desain Rumah yang Fungsional

Pemilihan desain yang sederhana namun fungsional memungkinkan Anda untuk menghemat biaya dalam pembangunannya. Namun, tetap mendapatkan nilai estetika dari sebuah bangunan.

Beberapa referensi desain rumah dapat Anda lihat di internet. Jika Anda ingin menambahkan sesuatu ada baiknya menunda terlebih dahulu dan melakukannya di masa mendatang sesuai dengan budget yang dimiliki.

Nah, itulah cara membangun rumah secara bertahap yang bisa Anda terapkan. Memiliki rumah dengan budget minimal bukan lagi menjadi sebuah halangan. Dengan menerapkan konsep pembangunan secara bertahap adalah solusinya. Jika Anda ingin menambahkan sesuatu ada baiknya pertimbangkan dahulu skala prioritasnya. Manakah yang perlu dan yang tidak perlu.

Ingat selalu untuk menggunakan manajemen keuangan pada pembangunan rumah Anda agar tidak terjadi penggelembungan biaya. Pilih tukang yang profesional untuk menekan biaya pembangunan rumah dan mewujudkan semua ekspektasi yang Anda miliki.

Utamakan keselamatan kerja dalam pembangunan. Gunakan standar keamanan dan selalu mematuhi segala peraturan yang berlaku untuk terhindar dari kecelakaan kerja.

Dapatkan berbagai macam kunci jendela kayu untuk rumah impian Anda tetap aman dengan beraneka ragam desain dan model di Vinindo Corporation. Selain kunci jendela, kami juga menyediakan door pull, kunci pintu, pegangan pintu, bodi kunci dan aksesorisnya. Segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

 

Related Articles

Share this article
BACK