14 Feb 2022 Cara Menggunakan Meteran agar Terukur dengan Tepat

Cara Menggunakan Meteran agar Terukur dengan Tepat

Siapa yang gak tau meteran? Kebanyakan Orang pasti sudah pernah mendengar bahkan melihat secara langsung bagaimana bentuk sebuah meteran. Nama keren dari meteran adalah measure. Alat ini mirip dengan penggaris yang terdapat angka dan garis pada sisi meterannya. Panjang roll sekitar 25-50 meter, Ketelitian roll berkisar 0,5 mm. Bahan material yang digunakan pada umunya plastik atau plat besi pipih (tipis). Satuan ukur yang digunakan mm atau cm, feet atau inch. Fungsi dari meteran adalah mengukur jarak atau panjang suatu benda. Namun, terkadang tidak disertakan buku panduan untuk menggunakan dengan tepat. Padahal ada fitur tersembunyi yang dapat dimaksimalkan agar hasilnya akurat. Berikut kami ulas dalam artikel cara menggunakan meteran agar terukur dengan tepat.

1. Fungsi Lubang di ujung meteran 

Setiap meteran tentunya memiliki lubang oval pada bagian ujungnya. Banyak yang mengira lubang ini hanya sebagai variasi saja, padahal dengan lubang ini sangat membantu kamu dalam menggunakan meteran agar hasilnya tepat. Tanpa membutuhkan bantuan orang lain, kamu tinggal mencantolkan lubang tersebut pada permukaan yang kamu ukur ke paku atau baut.

2. Fungsi Gerigi Bagian Ujung

Gerigi di ujung meteran berguna untuk menandakan permukaan yang ingin diukur. Wah pasti banyak yang tidak menyangka bukan manfaatnya sekeren itu? Pasalnya keseringan orang akan menandai menggunakan spidol atau pensil. Padahal gerigi yang terdapat pada meteran dapat digoreskan untuk membuat tanda.  Khususnya jika ingin menandai pada kayu, tinggal torehkan gerigi meteran pada bagian yang ingin ditandai.

3. Fungsi ujung yang Longgar pada meteran

Mungkin anda akan mempertanyakan kenapa ujung meteran berbahan besi terasa longgar? Eits ini bukan cacat pabrik ya. Memang didesain seperti itu untuk memastikan pengukuran anda presisi. Saat bagian ujung dikaitkan pada ujung permukaan, ukuran dari meteran akan bertambah beberapa centimeter. Dengan begitu anda tidak perlu khawatir karena hasilnya dipastikan terukur dengan tepat dan akurat.

4. Angka pada body meteran memiliki fungsi tersendiri

Angka yang terdapat pada body meteran dinyatakan dalam satuan cm atau ichi. Pada umumnya memiliki besar tiga inchi. Angka inilah yang akan menunjukkan panjang dari body meteran. Fitur ini sangat berfungsi untuk mengukur permukaan yang memiliki sudut. Jadi anda tidak perlu lagi membengkokkan meteran. Cukup tarik bagian ujung dan meteran sudah dapat digunakan untuk hasil ukuran yang tepat. Cara membaca skala dan hasil sangat mudah. Fokuskan mata pada roll meteran. Lihat skalanya menunjukkan pada angka berapa dan anda sudah mendapatkan hasil pengukuran.

Setelah mengetahui cara menggunakan meteran agar Terukur dengan tepat dan akurat, kami juga menyajikan cara merawat meteran.

  • Bersihkan meteran setelah digunakan dengan menggunakan lap kering yang bersih terutama pada bagian besi pipih yang terdapat angka. 

  • Simpan pada tempat yang tidak lembab. Karena meteran akan berkarat jika diletakkan pada ruangan yang lembab.

  • Masukan kedalam kotak khusus agar mudah menemukan meteran jika anda akan menggunakannya kembali. 

  • Jika perlu bungkus terlebih dahulu meteran anda menggunakan kain bersih dan tekstur yang lembut agar meteran tetap awet dan terbebas dari goresan yang tidak diinginkan.

Nah, ukup mudah bukan menggunakan meteran agar mendapatkan ukuran yang tepat?  Lihatlah secara teliti agar tidak salah saat mengukur. Kemudian simpan dan meteran pada tempat yang kondusif untuk menjaganya agar tetap awet.

Vinindo Corporation menjual meteran karet dengan kualitas terbaik. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

 

Share this article
BACK