27 Jul 2022

Jangan Sampai Salah! Begini Cara Mencampur Cat Tembok dengan Air secara Mudah!

Jangan Sampai Salah! Begini Cara Mencampur Cat Tembok dengan Air secara Mudah!

Penggantian warna campuran cat tembok rumah merupakan salah satu alternatif cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan kebosanan sekaligus menciptakan suasana dalam ruang yang segar dan nyaman. Untuk menggantinya, Anda dapat melakukannya sendiri tanpa bantuan jasa profesional. 

Pada proses pengecatan, salah satu hal yang perlu Anda lakukan adalah membuat campuran cat tembok dengan warna yang sebelumnya telah dipilih menggunakan air. Hal tersebut perlu dilakukan agar Anda mampu mendapatkan tingkat kekentalan cat tembok yang sesuai.

Karenanya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membuat campuran cat tembok dengan air agar mampu mendapatkan hasil yang maksimal. Penjelasan dan informasi lengkap mengenai cara pencampuran cat tembok dengan air dapat Anda ketahui melalui artikel berikut.

Alat dan bahan yang diperlukan

Persiapan alat dan bahan yang diperlukan dalam proses membuat campuran cat tembok merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Hal tersebut karena persiapan yang tepat mampu menunjang proses pencampuran cat tembok agar memperoleh hasil secara maksimal. 

Beberapa hal yang perlu Anda persiapkan untuk dapat memaksimalkan proses membuat campuran cat tembok dengan air di antaranya meliputi hal-hal sebagai berikut.

  • Air bersih

  • Cat tembok dengan warna yang telah Anda pilih sebelumnya

  • Material pengaduk (bisa menggunakan besi maupun kayu)

  • Wadah penampung cat khusus

Cara membuat campuran cat tembok dengan air

Campuran Cat Tembok pada Kuas

Pada proses pembuatan campuran cat tembok dengan air, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Memilih cat berkualitas

Untuk dapat memaksimalkan hasil pengecatan, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah memilih dan menggunakan bahan cat berkualitas tinggi sesuai dengan warna yang Anda inginkan. Pemilihan produk cat berkualitas mampu menjaga kondisi dinding agar tetap bersih, rapi, dan memiliki daya tahan tinggi. 

2. Memperhatikan komposisi pada proses pencampuran

Agar hasil campuran cat tembok dapat sesuai dengan tingkat kekentalan yang diinginkan, yaitu tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer, maka ada baiknya bagi Anda untuk memperhatikan komposisi campuran cat dengan air yang digunakan.

Idealnya, sebagai bahan campuran cat dinding, Anda perlu menggunakan air dengan komposisi sebanyak 10% dari total jumlah cat yang akan digunakan. Hal tersebut karena pencampuran cat dinding dengan komposisi yang tepat mampu membantu Anda untuk memperoleh hasil pengecatan secara maksimal.

3. Menyiapkan wadah campuran cat

Cara membuat campuran cat tembok selanjutnya yaitu dengan cara menyiapkan wadah sebagai media proses pencampuran. Penggunaan wadah ini bertujuan untuk memaksimalkan proses pencampuran pada cat dinding yang akan digunakan.

4. Proses penuangan cat ke wadah

Pada proses penuangan, Anda perlu melakukannya secara hati-hati agar cairan cat tidak banyak tumpah ke lantai. Karenanya, gunakan tempat dan wadah cat khusus berukuran besar.

5. Menambahkan air sebagai campuran

Selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah menambahkan takaran air dengan ukuran yang sesuai ke dalam cat. Akan lebih baik jika proses penambahan air tidak dilakukan secara langsung dalam jumlah banyak karena mampu memungkinkan campuran cat menjadi terlalu encer dan sulit menempel pada dinding ruangan.

Idealnya Anda dapat menuangkan tambahan air pada cat lapisan pertama sebanyak 20% dari jumlah cat yang akan digunakan. Sedangkan, untuk lapisan kedua, Anda cukup menambahkan air sebanyak 10% saja.

6. Aduk merata seluruh komponen

Setelah mencampur berbagai bahan yang dibutuhkan, tahap selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah mengaduk seluruh komponen bahan agar mampu tercampur secara merata. Anda dapat menggunakan cara dengan menuangkan isi cat ke wadah kosong satu ke wadah kosong lainnya secara bergantian untuk membantu melarutkan cat dan air.

Perlu diingat untuk mempertahankan campuran cat tembok dan air sesuai standar yang berlaku. Sehingga, cat tidak terlalu kental atau pekat dan juga tidak terlalu cair. Jika hasil campuran terlalu pekat, hasil pengecatan menjadi tidak merata dan tidak halus. Sedangkan, jika hasil campuran terlalu cair, warna cat dinding akan cepat pudar.

Baca juga: Alasan Hingga Kekurangan Jika Mencampur Cat Kayu dengan Air

Kesalahan dalam mencampur cat tembok 

Berikut adalah beberapa cara yang salah dalam mencampur cat tembok:

1. Penggunaan air berlebihan 

Menggunakan terlalu banyak air dalam pencampuran cat tembok dapat mengurangi kekuatan dan kelekatannya, serta mempengaruhi daya tutup cat.

2. Tidak menggunakan alat ukur 

Mengukur air secara asal-asalan tanpa alat pengukur yang tepat dapat menyebabkan proporsi pencampuran yang tidak sesuai.

3. Mencampur terlalu cepat 

Membuat campuran cat tembok terlalu cepat dapat menyebabkan gelembung udara masuk ke dalam campuran, yang dapat mengganggu kualitas dan kehalusan akhir.

4. Tidak mengaduk dengan baik

Tidak mengaduk cat secara menyeluruh dapat menyebabkan perbedaan warna dan tekstur pada permukaan yang dicat.

5. Mencampur cat berbeda 

Mencampur cat dari merek atau jenis yang berbeda dapat menghasilkan warna yang tidak konsisten dan reaksi kimia yang tidak diinginkan.

6. Mencampur terlalu banyak cat 

Mencampur cat dalam jumlah yang berlebihan daripada yang diperlukan untuk pekerjaan tertentu dapat menghasilkan pemborosan dan limbah.

7. Tidak mengecek instruksi pada kemasan 

Tidak membaca instruksi pada kemasan cat tembok dapat menyebabkan kesalahan dalam pencampuran dan penggunaan cat.

8. Tidak melakukan uji warna

Tidak melakukan uji warna sebelumnya dapat menghasilkan warna yang tidak sesuai dengan yang diinginkan pada akhirnya.

Demikian beberapa penjelasan mengenai cara mencampur cat tembok dengan air secara mudah dan tepat. Semoga artikel tersebut dapat membantu. Khususnya sebagai tambahan informasi bagi Anda dalam menentukan langkah-langkah mencampur cat tembok sehingga mampu mendapatkan hasil cat tembok yang maksimal.

Jika Anda sedang mencari kuas cat dengan kualitas terbaik untuk proses pengecatan dinding rumah, percayakan kebutuhan Anda kepada Vinindo Corporation. Selain menjual kuas cat, kami juga menyediakan kuas cat berbentuk roll dan berbagai macam kebutuhan pertukangan lainnya. Kami merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021 sehingga produk yang kami tawarkan tidak dapat diragukan lagi kualitasnya. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Oh ya, untuk Anda yang sedang mencari kuas, pastikan sesuai dengan yang Anda butuhkan ya. Anda dapat mendapatkan kuas berkualitas dengan mudah lho, cek disini:

ikon tokopedia

Atau, anda bisa lihat katalog alat tukang D-Xplore kami untuk melihat jenis alat tukang yang kami jual.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

Related Articles

Share this article
BACK