01 Jul 2021 Cara Memasang Door Closer dengan Cepat

Cara Memasang Door Closer dengan Cepat

Penting bagi semua rumah khususnya kantor memasang door closer. Hal ini dikarenakan pintu ini memiliki tingkat keamanan yang lebih baik dibandingkan dengan jenis lainnya.

Door closer merupakan alat penutup pintu dengan sistem otomatis. Maka dari itu sistem ini akan berperan penting dalam melengkapi kebutuhan kelengkapan agar berfungsi secara optimal.

Bangunan atau rumah harus memiliki pintu, baik dimanapun letaknya entah ruang utama, samping, maupun belakang. Karena setiap hal tersebut di suatu bangunan ataupun rumah akan sangat berperan penting.

Sebaiknya dalam pemilihan pintu, Anda harus memikirkan dengan matang dan benar. Anda harus memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan selera untuk digunakan di rumah. 

Langkah-langkah untuk Memasang Door Closer 

Untuk memasang door closer, Anda harus mengetahui posisi arah ketika membuka pintu tersebut. Jangan sampai salah ketika memasangnya, karena akan mengakibatkan terbalik pintunya.

  1. Hal pertama yang Anda lakukan yaitu memastikan bagian besar pada door closer itu ditempelkan pada pintu. Jangan terbalik karena akan membuatnya tidak berfungsi.

  2. Setelah itu tempelkan bagian kecil atau sering disebut engsel garengan pada kusen pintu.

  3. Pastikan jarak pemasangan bagian besar yaitu 25 cm dari pinggir pintu.

  4. Anda tinggal mengencangkan baut yang ada di bagian besar dan kecil. 

  5. Jangan salah ketika memutar bautnya, sesuaikan dengan posisi engsel pintunya apabila sebelah kanan pengatur bautnya pun harus berada di kanan

  6. Anda juga dapat mengatur kecepatan menutup[ dan kecepatan menguncinya.

  7. Setelah terpasang, lakukan lah percobaan untuk memastikan bahwa pintu otomatis ini berfungsi secara optimal.

  8. Apabila tidak sesuai dengan keinginan, Anda bisa mengatur kecepatan dan penggunaannya dengan memutar baut pada bagian besarnya.

Adapun cara memasang door closer tersebut tidak terlalu sulit. Setiap produk dari alat ini pasti memiliki manual book yang bisa Anda baca sebagai acuan ketika pemasangan.

Cara Kerja Door Closer yang Perlu Diketahui

Setelah mengetahui cara pemasanganya, Anda perlu mengetahui bagaimana cara kerja dari alat ini. Sehingga tidak akan salah ketika penggunaanya dan awet untuk digunakan dalam waktu lama.

Door closer ini menggunakan prinsip pegas ketika bekerja. Alat tambahan ini biasanya digunakan untuk pintu alumunium, tetapi tidak salah juga ketika digunakan untuk pintu kayu.

Ada berat minimal dan maksimal ketika kanda ingin memasang door closer ini. Berat minimal yang dapat ditempa yaitu sekitar 40 kilogram dan maksimal 60 kilogram.

Posisi ketika pemasangan alat ini ada sebanyak 4, sesuai dengan bukaan pintu yang ada. Sehingga Anda harus memeriksa bukaannya sesuai dengan pintu yang ada di rumah atau kantor.

Terdapat dua setelan yang Anda bisa sesuaikan dengan keinginan. Pertama ada setelan untuk mengatur cepat atau lambatnya membuka dan menutup.

Kedua ada setelan untuk mengatur derajat kusen sehingga pintu bisa menutup dengan sempurna. Hal itu biasanya diatur sesuai dengan keinginan pemiliknya.

Hal yang Perlu diperhatikan ketika Memasang Door Closer

Ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan ketika ingin memasang door closer. Hal ini diperlukan untuk melihat kondisi dan memastikan bahwa alat tersebut akan awet digunakan.

Pastikan memilih spesifikasi yang tepat untuk memilih door closer. Sehingga pintu otomatis itu dapat berfungsi sebagaimana seperti apa yang kamu harapkan.

Sesuaikan juga dengan bahan dan model yang ada di rumah. Karena setiap rumah atau kantor memiliki pintu berbeda, ada yang alumunium dan juga kayu begitupun sebagainya.

Pastikan juga ketika memilih harus sesuai dengan berat beban pintu anda. Hal ini dikarenakan jika terlalu ringan maka door closer tidak akan memiliki tenaga yang cukup untuk menutup.

Sedangkan jika terlalu kuat, pintu akan seperti terbanting ketika ditutup. Sehingga akan merusak pintu dan kusen jika digunakan dalam waktu yang lama.

Apabila beban melebihi 60 kilogram, sebaiknya menggunakan yang khusus untuk pintu berat. Karena prinsip kerja ini menggunakan pegas, spring dan cairan didalamnya.

Maka dari itu jangan sampai memaksakan penggunaanya karena akan membuatnya mengalami kebocoran. Tanda apabila mengalami kebocoran paling mudah dilihat dari keluarnya cairan hingga tidak dapat berfungsi lagi.

Selain itu pastikan juga Anda memasangnya dengan hati-hati, karena fabricator pada kusen jendela dan pintu biasa menolak garansi apabila terjadi kerusakan akibat door closer.

Coba mintalah bantuan kepada tempat Anda membelinya agar tetap ada garansi ketika terjadi kerusakan. Sehingga tidak menimbulkan kerugian bagi anda.

Memasang door closer di rumah maupun kantor merupakan suatu hal tepat. Hal itu dikarenakan door closer memiliki tingkat keamanan yang lebih baik dari biasanya.

Door closer ini juga sangat bagus digunakan untuk ruangan ber AC. Itu dikarenakan ruangan dengan menggunakan door closer akan menjadi kedap udara hanya sedikit udara yang bisa masuk dan keluar.

 Apabila ingin membeli alat tersebut sebaiknya untuk membeli sesuai dengan kondisi rumah. Dan sangat mudah sekali dalam memasang door closer tersebut.

Untuk mendapatkan door closer / penutup pintu otomatis yang berkualitas, silahkan hubungi Vinindo Corporation. Selain door closer kami juga menyedian berbagai macam door pull, kunci pintu, pegangan pintu, bodi kunci dan aksesorisnya. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021.

Share this article
BACK