19 Oct 2020 Cara Memasang Kunci Pintu dengan Mudah

Cara Memasang Kunci Pintu dengan Mudah

Cara memasang kunci pintu menjadi salah satu hal penting untuk dipelajari. Tidak semua orang bisa melakukannya. Sebagian orang bahkan meminta bantuan tukang ketika akan memasang kunci pintu maupun menggantinya. Sebenarnya, memasang kunci pintu tidak sesulit yang Anda bayangkan.

Anda bisa mempelajari tipsnya dengan urut. Beberapa cara sederhana bisa Anda ikuti untuk bisa melakukan pemasangan pintu dengan lebih mudah. Anda tidak perlu lagi memanggil tukang untuk memasang kunci. Cukup ikuti saja tips di bawah ini, semuanya akan bisa diatasi dengan baik.

Langkah Memasang Kunci Pintu Mudah

Bagaimana cara memasang kunci pintu dengan mudah? Ini tergantung dari jenis pintu apa yang akan Anda pasang kuncinya. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk memasang kunci model bulat.

  1. Memastikan pintu berada di lubang yang tepat

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa pintu berada di lubang yang sesuai. Anda bisa menyesuaikan jarak atau ukuran atau penguncinya di tempat yang tepat. Jika berada di tempat yang tidak tepat, nantinya pemasangan kunci pintu tidak akan berhasil dengan sempurna.

  1. Soket harus dipasang dalam posisi lurus

Cara memasang kunci pintu selanjutnya adalah menempelkan soket pintu dengan posisi yang lurus. Posisi soket harus lurus menghadap pada bagian dalam ruangan. Untuk bagian lengkung, ini harus menghadap keluar. Setelah memastikan menghadap ke arah yang benar, Anda bisa memasangkan menggunakan baut dengan kencang.

  1. Memasang handle luar

Langkah selanjutnya, Anda bisa memasang handle pintu bagian luar. Pasang bagian handle dan kaitkan dengan soket. Lalu, Anda bisa memasang ring untuk mengencangkannya. Pastikan memasang ring dengan kencang agar tidak kendor dan terlepas.

Langkah Lain untuk Memasang Pintu dengan Cara yang Mudah

Selain beberapa cara yang sudah disebutkan di atas, masih terdapat juga cara memasang sebuah pintu dengan cara yang mudah. Langkah-langkah yang bisa Anda terapkan adalah.

  1. Mengencangkan ring bagian dalam

Anda bisa menggunakan baut untuk mengencangkan ring bagian dalam. Kencangkan ring tersebut hingga menempel pada bagian pintu.

  1. Memasang handel yang ada tombol penguncinya

Langkah terakhir dalam urutan cara memasang kunci pintu mudah dan cepat adalah memasang handle yang di dalamnya sudah ada tombol penguncinya. Anda harus memastikan bahwa pengunci sudah pas.

Apabila Anda merasa bingung untuk mengetahui apakah sudah pas atau belum, tes saja dengan cara menariknya. Jika Anda sudah melakukan tes dengan hal tersebut namun masih tidak bisa terlepas, maka apa yang Anda lakukan itu sudah benar.

  1. Lakukan pengecekan

Jika langkah di atas telah selesai, Anda bisa langsung melakukan pengecekan dengan cara mengetesnya. Cobalah untuk memutar ke kanan dan ke kiri. Pencetlah tombol kunci secara berulang-ulang. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa tombol kunci bisa bekerja dengan baik.

Selain itu, Anda bisa mengecek kunci bagian luar. Jika memang sudah lancar, maka ini bisa dikatakan bahwa cara memasang kunci pintu yang Anda lakukan sudah benar-benar pas. Pintu juga siap dipergunakan oleh keluarga tercinta.

Tips Memasang Kunci Pintu Model Geser

Jika Anda sudah bisa melakukan pemasangan kunci pintu bulat, cobalah pula pelajari memasang kunci pintu dengan model geser. Pintu model geser ini sudah banyak diaplikasikan di rumah-rumah.

Cara memasang kunci pintu model geser juga tidak jauh berbeda dengan memasang kunci pintu biasa. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda coba.

  1. Pastikan sudut-sudutnya presisi

Untuk memastikan bisa memasang kunci dengan baik, Anda harus memasang pintu dengan presisi. Pastikan menggunakan mesin serut untuk memasang pintu geser agar sudut-sudutnya bisa presisi. Anda bisa melakukan serut pada bagian atas, bawah, kiri, dan kanan pada pintu geser yang akan dipasang.

  1. Memasang roda pintu geser

Langkah selanjutnya, Anda bisa memasang roda pintu geser. Roda merupakan salah satu komponen yang paling berperan dalam pintu geser. Anda bisa menggunakan bor untuk memasang roda agar menjadi lebih kencang dengan cepat.

  1. Pasang slot pintu

Ketika roda sudah terpasang dengan pas, Anda bisa memasang slot pintu. Slot ini memiliki peran penting dalam membuka dan mengunci pintu. Cara memasangnya mudah. Buat saja lubang pada bagian pintu dengan menyesuaikan ukuran slot yang akan dipasang.

  1. Membuat lubang dengan ukuran 1 x 1 cm

Berikutnya, Anda bisa membuat lubang dengan kedalaman 1 cm. Buat dengan ukuran lebar 1 cm juga. Lubang yang dibuat ini memiliki fungsi untuk menahan pintu ketika dibuka dan ditutup.

  1. Memasang penahan bagian bawah

Penahan bagian bawah bisa dipasang menggunakan bor. Bor yang digunakan harus menggunakan mata bor khusus untuk beton. Ini digunakan untuk menahan arah geser pintu agar tidak melebihi batas.

  1. Mengecek kinerja pintu dan kuncinya

Langkah terakhir, Anda bisa mengecek kinerja pintu geser tersebut. Cobalah untuk menguji apakah pintu dan kuncinya bisa bekerja dengan baik atau belum. Jika melihat ada beberapa yang kurang beres, Anda bisa memperbaikinya.

Pintu memang merupakan salah satu bagian dalam rumah yang penting untuk diperhatikan pemasangannya. Jangan sampai Anda mengabaikan tentang hal ini. Gunakan pintu yang kuat agar bisa digunakan dengan lebih aman dan nyaman. Jangan lupa, lakukan cara memasang kunci pintu di atas dengan teliti.

Share this article
BACK