27 Jul 2022 Perhatikan Cara Memasang Keramik dengan Benar Berikut Ini!

Perhatikan Cara Memasang Keramik dengan Benar Berikut Ini!

Keramik sering menjadi pilihan banyak kalangan keluarga untuk dijadikan sebagai alas lantai dalam hunian mereka. Keramik dapat digunakan untuk lantai kamar mandi, ruang tamu, kamar tidur, dan ruangan lainnya dalam rumah Anda.

Jika Anda ingin mengganti sendiri lantai di rumah Anda dengan keramik. Terdapat beberapa langkah yang perlu Anda ketahui mengenai cara memasang keramik dengan benar untuk mengurangi risiko kesalahan dan meminimalisir pengeluaran.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat akan memasang keramik sendiri:

Mempersiapkan Peralatan dan Bahan yang Dibutuhkan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk memasang keramik adalah mempersiapkan peralatan dan bahan yang akan dibutuhkan. Sebelum itu, Anda perlu mempersiapkan keramik yang Anda inginkan dengan mempertimbangkan ukuran ruangan yang akan di keramik dan motif yang Anda inginkan.

Peralatan dan bahan yang akan Anda butuhkan untuk memasang keramik adalah sebagai berikut:

Waterpass

Waterpass adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengukur atau menentukan apakah benda berada dalam posisi yang rata baik secara vertikal maupun horizontal. Anda dapat menggunakan waterpass D-Xplore yang menjamin tidak akan penyok dan didesain dengan standar internasional.

Siku Tukang

Siku tukang atau siku ukur merupakan salah satu peralatan yang penting untuk memasang keramik. Alat ini digunakan untuk mengukur bagian yang berhubungan dengan kesikuan bahan atau ruang yang akan dikerjakan. Selain itu, siku ukur ini merupakan alat tercepat dan termudah untuk menandai garis persegi untuk pemotongan terutama saat Anda perlu memotong keramik.

Anda dapat menggunakan siku tukang D-Xplore yang dapat membantu pengukuran supaya presisi dan terbuat dari bahan aluminium yang tebal. Siku tukang ini memiliki sudut kemiringan 90 derajat dan tersedia dalam tiga ukuran.

Trowel

Trowel merupakan peralatan yang digunakan untuk meratakan mortar atau campuran semen halus di permukaan beton atau lantai. Trowel ini juga berfungsi untuk mengaplikasikan perekat atau seman keramik. Trowel berfungsi untuk mencegah udara terjebak saat pemasangan keramik yang dapat menyebabkan popping.

Pensil Tukang

Pensil tukang kayu merupakan salah satu peralatan yang akan Anda butuhkan. Pensil ini cocok digunakan untuk menandai permukaan yang kasar seperti beton, batu, dan keramik.

Semen Khusus Keramik

Semen khusus untuk merekatkan keramik adalah salah satu bahan penting yang akan Anda butuhkan. Semen khusus ini digunakan untuk menghindari terjadinya keramik yang pecah atau terangkat.

Cetok Semen

Cetok merupakan peralatan yang biasa digunakan untuk mengaplikasikan adonan semen pada tembok atau lantai. Cetok ini juga dapat digunakan untuk mencampur adonan pasir dan semen. Anda dapat memiliki cetok semen bergagang kayu D-Xplore yang didesain khusus dan mengikuti ukuran yang sesuai dengan standar internasional.

Papan Applicator

Anda dapat memanfaatkan papan applicator untuk memudahkan selama proses pengaplikasian semen supaya tidak terlalu tebal dan memiliki ketinggian yang sama antar keramik.

Nat Keramik

Nat keramik adalah semen atau mortar instan yang diisikan sebagai perekat pada celah sambungan antara ubin atau keramik. Nat ini berfungsi juga untuk menambah nilai estetika pada lantai di ruangan hunian Anda.

Mengukur Luas Lantai Ruangan

Tahapan selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk memasang keramik adalah mengukur luas lantai ruangan yang ingin Anda keramik. Anda dapat menarik meteran dari dinding yang satu ke dinding di seberangnya dan memberikan tanda. Kemudian Anda bisa menempelkan benang mengikuti garis meteran tersebut. Benang tersebut yang akan menjadi garis acuan saat proses instalasi keramik dimulai.

Mencoba Memasang Keramik Tanpa Semen

Sebelum Anda menempelkan keramik, Anda bisa mencoba mengatur letak keramik tersebut pada lantai terlebih dahulu untuk mengetahui apakah ada bagian lantai yang tidak bisa diaplikasikan dengan keramik secara penuh.

Merendam Keramik

Anda harus merendam keramik dalam wadah berisi air selama beberapa saat supaya pori-pori keramik menyerap air. Merendam keramik juga berfungsi untuk membuat keramik menjadi lebih lentur.

Memasang Keramik

Tahap selanjutnya, Anda dapat mengaplikasikan semen pada lantai tempat Anda akan menempelkan keramik. Pastikan semen tersebut telah dicampurkan dengan air dan bebas dari kerikil.

Oleskan Nat Keramik

Setelah seluruh keramik terpasang, Anda perlu mendiamkannya selama beberapa saat. Ketika semen keramik sudah kering, Anda dapat mengoleskan nat keramik yang telah dicampurkan dengan air. Setelah nat selesai diaplikasikan, Anda perlu mendiamkannya selama 5 – 15 menit kemudian membersihkannya dengan spons, pastikan tidak ada tetesan air dari spons yang dapat membahayakan kinerja nat keramik.

Itulah serangkaian cara memasang keramik yang benar. Selamat mencoba!

Jika Anda sedang mencari alat pertukangan rumah tangga dengan kualitas terbaik, percayakan kebutuhan Anda kepada Vinindo Corporation. Selain menjual alat pertukangan, kami juga menyediakan berbagai macam kebutuhan pertukangan lainnya. Kami merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021 sehingga produk yang kami tawarkan tidak dapat diragukan lagi kualitasnya. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Share this article
BACK