15 May 2021 Cara Memasang atau Mengganti Engsel Pintu

Cara Memasang atau Mengganti Engsel Pintu

Saat ini banyak orang yang mencari tahu cara memasang engsel pintu atau juga cara untuk menggantinya. Hal itu terjadi karena memang saat ini terdapat banyak sekali engsel yang lebih canggih dan pasti memiliki banyak manfaat menguntungkan.

Manfaat itu tentu saja akan sangat berpengaruh pada pintu yang dipasangkan engselnya tersebut. Jika misalkan yang dipasangkan engselnya tersebut yaitu sebuah rumah, maka rumah tersebut akan lebih aman dari kebocoran maling tentunya.

Oleh karena itu, tidak sedikit para pemiliki rumah yang mencari tahu cara memasang engsel pintu sehingga rumah mereka menjadi lebih aman dan nyaman ketika di huni karena lebih tenang ketika beristirahat atau juga ketika meninggalkan rumah itu ke luar kota.

Hal yang sedang dibahas dalam artikel ini memang memiliki peran atau pengaruh sangat besar dan penting dalam kehidupan setiap hari. Tidak hanya untuk menjaga rumah agar tetap berdiri kokoh, namun engselnya juga ternyata dapat menjadi penghias yang indah.

Saat ini terdapat banyak sekali engselnya yang dibuat dengan desain elegan, modern, dan lain-lain sehingga hal tersebut menjadi salah satu faktor untuk mempercantik rumah terutama pada bagian pintu.

Apa Itu yang Dimaksud Engsel Pintu?

Meski benda ini sudah tidak asing atau tidak aneh lagi di kalangan masyarakat umum, namun ternyata tidak sedikit orang yang tidak mengetahui dengan pasti apa maksud atau arti dari benda tersebut.

Oleh karena itu, akan menjadi lebih baik jika Anda juga mengetahui pengertiannya terlebih dahulu sebelum mengetahui cara memasang engsel pintu sehingga Anda bisa mengerti dari tujuan dan fungsi pemasangan benda ini.

Secara umum, engsel pintu merupakan suatu poros mekanik yang dapat menghubungkan 2 objek padat. Dengan poros mekanik ini perputaran sudut secara terbatas antara dua objek menjadi mungkin untuk dilakukan.

Walau memang nyaris hampir tidak terlihat oleh mata kepala, namun poros mekanik ini adalah cetusan teknologi yang sangat penting dan memiliki pengaruh besar. Jadi, pada dasarnya poros mekanik ini dapat menggerakan pintu agar dapat keluar masuk.

Poros mekanik ini telah dipakai sejak dahulu kala yaitu sekitar pada tahun 1600 SM. Dan engsel pintunya juga telah ditemukan diantara peninggalan bangsa mesir kuno pada tahun sekitar 650 sampai 760 SM.

Melihat hal tersebut tentu dapat dipastikan bahwa poros mekanik yang sedang dibahas saat ini cukup penting untuk diperhatikan dengan serius. Selain agar rumah menjadi lebih aman, namun juga mempermudah akses keluar masuknya.

Peran yang ada dari Engsel Pintu

Seperti yang sudah dijelaskxan sebelumnya, engsel atau poros mekanik ini memiliki peran atau juga pengaruh yang sangat besar dan penting dalam kehidupan sehari-hari sehingga engselnya ini telah digunakan sejak zaman dahulu kala.

Dengan engselnya ini maka Anda dapat dengan mudah membuka atau menutup suatu pintu pada rumah. Namun selain itu, engselnya tersebut juga akan sangat bermanfaat untuk suatu rumah karena dapat menjaga rumah dari bahaya, contohnya seperti maling.

Cara Memasang Engsel Pintu yang Baik dan Benar

Untuk memasangnya tentu terdapat cara yang baik dan benar sehingga dapat berfungsi atau berguna sesuai dengan harapan. Lalu, bagaimana cara memasang engsel pintu yang baik dan benar? Perhatikan caranya di bawah ini.

  1. Menentukan Letaknya

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu menentukan letak engselnya terlebih dahulu. Jika Anda akan memasangkannya pada suatu rumah, maka Anda harus menentukan pada dinding mana engselnya tersebut akan dihubungkan dengan pintu.

  1. Membuat Pola

Setelah letaknya sudah ditentukan, maka selanjutnya Anda perlu membuat pola dengan menempelkan sayap engsel pada area yang telah ditentukan. Gunakan pensil untuk membuat polanya tersebut.

  1. Membuat Coakan

Cara memasang engsel pintu yang baik dan benar selanjutnya yaitu membuat coakan sesuai dengan pola bentuk poros mekanik tersebut. Coakan merupakan lubang dangkal tempat dimana sayap engselnya ditempatkan.

  1. Menandai Letak Sekrup

Setelah coakan dibuat, selanjutnya Anda perlu memasukan sayap ke dalam coakan tersebut. Lalu, gunakan pensil untuk memberikan tanda pada titik mana lubang sekrup berada. Lakukan hal itu pada daun pintu atau juga kusen.

  1. Membuat Lobang Sekrup

Setelah memberikan tanda pada titik mana lubang sekrup akan berada, maka selanjutnya tentu saja Anda harus melubangi titik tersebut sehingga engsel dan pintu akan lebih kuat juga kokoh.

  1. Memasangkannya

Setelah semua hal dasar dilakukan, hal terakhir yang perlu dilakukan yaitu memasangkan engselnya tersebut pada pintu. Anda dapat memasangnya menggunakan obeng atau juga mesin bor agar lebih kuat.

  1. Menghubungkannya

Setelah engselnya dipasang, maka Anda tentu saja harus menghubungkan engselnya tersebut dengan daun pintu menggunakan kusen. Dengan begitu poros mekanik dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Cara memasang engsel pintu diatas sangat mudah bukan? Oleh karena itu, Anda tentu saja dapat melakukannya sendiri tanpa membutuhkan bantuan orang lain atau juga seorang tukang.

Vinindo menjual engsel pintu dengan kualitas premium. Temukan berbagai macam bentuk engsel pintu yang kami jual.

Share this article
BACK