27 Oct 2021

Inilah Cara Mengatasi Gembok Macet Sangat Mudah

Inilah Cara Mengatasi Gembok Macet Sangat Mudah

Kunci gembok yang terkena karat seringkali sulit untuk dipakai membuka gembok. Namun, Anda tidak perlu membeli kunci gembok baru setiap kali menghadapi masalah ini. Kami akan memberikan beberapa cara untuk mengatasi gembok yang macet akibat karat. Biasanya, gembok-gembok yang digunakan di luar ruangan seperti pada garasi, pagar, dan sejenisnya lebih rentan terhadap karat. Paparan air hujan dan udara bebas memicu terjadinya karat pada permukaan gembok tersebut.

Karat yang muncul dapat membuat permukaan gembok menjadi kasar, sehingga menyebabkan kesulitan saat penggunaan. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini tanpa harus membeli gembok baru:

Penyebab Kunci Gembok Macet dan Berkarat

Sebelum mengetahui cara mengatasi gembok macet karena karatan. Anda juga harus mengetahui terlebih dahulu berbagai penyebab benda logam bisa berkarat guna mencegah hal ini terjadi lagi.

Penyebab karatan adalah paparan air dan udara. Gembok yang digunakan di luar ruangan sering kali lebih cepat berkarat, hal ini terjadi karena dua penyebab utama. Guyuran air hujan dan paparan udara oksigen merupakan penyebab utama benda logam menjadi berkarat.

Karena hal itu, besi mulai berubah warna menjadi kecoklatan atau kemerahan. Serta permukaannya mulai berubah tekstur menjadi kasar.

Inilah Cara Mengatasi Gembok Macet dan Berkarat

Karatan masih bisa dihilangkan selama karatan tersebut belum membuat besi menjadi keropos. Oleh sebab itu, sebelum besi berkarat tersebut menjadi keropos karena proses kimia yang menghasilkan karatan lebih parah. Berikut adalah cara mengatasi gembok yang macet dan berkarat.

1.   Menggunakan WD-40

 

wd 40

WD-40 merupakan pelarut alih-alih disebut pelumas. Dengan memakai semprotan ini, Anda tidak perlu repot untuk menghilangkan karat. Waktu pengerjaannya sebentar dan mudah,  pertama Anda harus membersihkan dulu kunci gemboknya.

Lalu semprot pada bagian lubang kunci sedikit saja, selanjutnya lindungi kunci dari berbagai elemen material yang lain. Dengan menggunakan WD-40 membersihkan karatan menjadi lebih mudah.

2.   Amplas untuk Hilangkan Karat

 

ampelas

Siram air pada gembok tersebut, lalu gosok bagian luar yang berkarat dengan menggunakan amplas. Biasanya yang dipakai adalah ampelas jenis grit 80. Setelah selesai dan permukaan bersih dari karat bilas dengan air lalu keringkan dengan handuk atau kain.

3.   Memakai campuran bubuk soda kue dan air lemon

 

soda kue dan lemon

Jika cara sebelumnya belum berhasil lagi, cobalah untuk membuat larutan campuran dari soda kue dan air lemon atau cuka. Larutan konversi karat ini digunakan dengan cara merendam kunci tersebut selama beberapa saat sampai karat dapat dibersihkan dengan mudah menggunakan kain.

4.   Lumasi dengan Minyak Goreng

 

soda kue dan lemon

Tidak mempunyai minyak pelumas, Anda dapat menggunakan minyak goreng untuk memperbaiki gembok yang macet karena berkarat. Caranya dengan menuangkan sedikit minyak ke dalam lubang kunci lalu oleskan juga kepada permukaan kuncinya.

Lalu masukan kunci dan coba gerak – gerakan sampai bisa dengan leluasa digerakkan. Jika masih terasa kaku bisa menuangkan kembali sedikit minyak ke dalam lubangnya sampai tidak seret lagi saat digunakan.

5.  Menggunakan Gembok Anti Karat

 

gembok anti karat

Solusi terakhir jika memang alat tersebut tidak bisa diperbaiki lagi adalah beralih menggunakan gembok anti karat. Jenis ini memang khusus diperuntukan penggunaan di luar ruangan agar tidak mudah berkarat dan anti macet.

Baca juga : Gembok dan Kunci Gembok Berkarat, Gimana Cara Mencegahnya?

Sebuah alat berbahan besi yang dipakai pada luar ruangan pasti cepat akan lambat akan berkarat. Hal ini terjadi karena terpapar udara dan guyuran air hujan. Jika gemboknya berkarat maka akan membuat benda tersebut sulit digunakan, tidak perlu beli baru karena ada cara mengatasi gembok macet yang berkarat.

Untuk mendapatkan gembok kunci yang berkualitas, silahkan hubungi Vinindo Corporation. Kami menyediakan berbagai macam jenis gembok seperti gembok kode, gembok pagar, gembok kuningan, gembok bulat anti maling dan lain sebagainya Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

 

Related Articles

Share this article
BACK