29 Jul 2022 Perhatikan Jenis dan Fungsi Engsel Pintu Berikut Ini!

Perhatikan Jenis dan Fungsi Engsel Pintu Berikut Ini!

Sebuah pintu akan dapat berfungsi dengan maksimal tentu membutuhkan engsel. Engsel tersebut dipasang pada tempat yang tidak terlihat langsung oleh mata, meskipun begitu tetap memiliki peranan penting supaya pintu dapat membuka dan menutup dengan baik. Tanpa adanya engsel, pintu tidak dapat menempel dan bahkan tidak dapat berdiri tegak.

Engsel merupakan poros mekanik yang menghubungkan antara dua objek padat. Engsel bekerja dengan cara melakukan perputaran sudut secara terbatas, dengan begitu salah satu benda yang dihubungkan dengan engsel dapat bergerak, seperti pintu yang bergerak membuka dan menutup.

Anda dapat mengetahui informasi lebih lengkap mengenai jenis-jenis engsel dan kegunaannya dalam penjelasan berikut ini:

Beragam Jenis Engsel Pintu Beserta Fungsinya

Sumber foto: https://www.pexels.com

Sebuah pintu pasti dilengkapi dengan engsel. Apakah Anda tahu bahwa engsel pintu memiliki beragam jenis dan fungsi yang berbeda. Simak penjelasan berikut ini:

Engsel Pintu Panel

Engsel pintu panel memiliki bentuk yang kokoh dan tebal. Engsel pintu panel ini berfungsi untuk menopang pintu dan digunakan pada pintu panel yang terbuat dari bahan kayu. Ukuran engsel pintu panel ini bervariatif, ada yang berukuran tiga sampai enam inci. Engsel pintu panel ini dapat menopang pintu meskipun memiliki beban yang berat.

Engsel Pintu Gudang

Engsel pintu gudang banyak dicari oleh perusahaan, karena perusahaan membutuhkan engsel khusus yang bagus untuk gudangnya. Bentuk engsel pintu gudang ini memanjang dan mengerucut. Jika engsel pintu gudang ini dipasang pada pintu yang bobotnya lebih berat, Anda perlu memasangkannya sejajar dengan daun pintu supaya tetap stabil.

Engsel Pintu Koboi

Jenis engsel pintu koboi ini memiliki fungsi untuk mengayunkan daun pintu secara penuh. Bentuk engselnya unik, sehingga engsel pintu koboi sering digunakan sebagai pelengkap dekorasi. Engsel pintu koboi bahan materialnya adalah stainless steel yang bagus.

Anda dapat mengetahui informasi mengenai jenis-jenis lain dari engsel pintu dalam artikel yang berjudul Jenis-Jenis Engsel Pintu dan Fungsinya.

Beragam Jenis Engsel Pintu dan Ukurannya

Sumber foto: https://www.pexels.com

Setiap pintu rumah menggunakan jenis engsel yang berbeda-beda. Pemilihan jenis engsel tersebut biasanya disesuaikan dengan kebutuhan dan juga keinginan pemiliknya. Engsel pintu harus selalu ada supaya sebuah pintu dapat bekerja dengan semestinya, yaitu bergerak terbuka dan tertutup.

Engsel pintu memiliki beragam jenis, dari beragam jenis tersebut tentu saja ukurannya ikut berbeda. Supaya Anda lebih mudah menentukan pilihan ingin menggunakan engsel pintu yang seperti apa, Anda perlu mengetahui beragam engsel pintu dan ukurannya berdasarkan penjelasan di bawah ini:

Engsel Pintu Sendok

Jenis engsel pintu sendok ini bentuknya memang menyerupai sendok, sehingga disebut sebagai engsel pintu sendok. Engsel pintu sendok ini biasa digunakan pada daun pintu lemari, kotak penyimpanan, dan pada kabinet.

Jenis engsel sendok memiliki 2 macam tipe. Yaitu engsel sendok lurus yang biasa digunakan untuk pintu luar. Engsel tipe ini biasanya hanya ada pada bagian pintu saja yang terlihat dari luar. Tipe lain adalah engsel sendok bengkok yang biasa digunakan untuk pintu dalam. Kedua tipe ini tidak memiliki perbedaan dalam proses pemasangan.

Ukuran kedua tipe engsel pintu sendok terbagi menjadi dua, yaitu ukuran mini dan ukuran standar. Untuk penggunaan pintu rumah yang berukuran biasa, Anda dapat memilih ukuran standar, sedangkan untuk pintu separuh, Anda dapat memilih ukuran mini.

Engsel Pintu Piano

Jenis engsel pintu piano dulunya digunakan untuk menutup daun penutup pada piano, oleh karena itu engsel ini disebut dengan nama engsel pintu piano. Namun seiring berkembangnya zaman, engsel pintu piano digunakan juga untuk daun jendela, daun pintu lemari, dan pintu.

Engsel pintu piano ini banyak dipilih karena tingkat kepraktisan yang dimilikinya. Bisanya engsel pintu piano ini dijual dengan bentuk per meter atau gulungan, sehingga Anda dapat menggunakannya untuk beberapa jendela atau beberapa pintu sekaligus.

jenis engsel pintu lainnya beserta dengan ukurannya dapat Anda baca pada artikel yang berjudul Berbagai Jenis Engsel Pintu Rumah dan Ukuran yang Dimilikinya.

Jenis Engsel Pintu Rumah Beserta Standar Ukurannya

Sumber foto: https://pixabay.com

Pintu adalah bagian terpenting dalam sebuah rumah, sebagai bagian yang digunakan untuk keluar dan masuk rumah. Jenis pintu rumah saat ini sangatlah beragam, mulai dari pintu yang masih menggunakan engsel, maupun pintu yang menggunakan sensor.

Pintu yang menggunakan engsel masih menjadi pilihan utama sampai saat ini. Pintu yang menggunakan engsel memiliki harga yang lebih terjangkau dan terlihat lebih estetik. Engsel pintu sendiri memiliki beragam bentuk dan jenis yang dapat disesuaikan dengan penggunaan dan keinginan pemiliknya. Selain bentuk dan jenisnya yang beragam, setiap jenis engsel memiliki standar ukurannya masing-masing. Berikut ini adalah rincian dari jenis-jenis engsel tersebut beserta dengan standar ukurannya:

Engsel Kupu-Kupu

Engsel kupu-kupu memiliki karakteristik tipis dan terbuat dari besi atau kuningan. Kegunaan engsel kupu-kupu ini untuk menghubungkan pintu yang tidak terlalu berat, seperti pintu aluminium atau pintu PVC. Ukuran standar engsel kupu-kupu yang disediakan di pasaran adalah 1.5, 2, 2.5, 3, 3.5, dan 5 inci. Keunggulan engsel kupu-kupu ini adalah harganya yang terjangkau dan mudah ditemukan.

Engsel Pintu Bubut

Engsel pintu jenis bubut khusus digunakan untuk pintu yang berat, seperti pintu yang terbuat dari kayu atau besi. Ketahanan engsel jenis ini sangat baik, asalkan penggunaannya sesuai dengan ukuran engsel. Terdapat beberapa ukuran standar pada jenis engsel pintu bubut berdasarkan diameternya, yaitu ½, 5/8, ¾, dan 1 inci. Keunggulan jenis engsel bubut ini adalah kokoh dan tahan lama.

Engsel Pintu Patron

Engsel pintu patron atau yang disebut juga engsel cabut memiliki bentuk seperti huruf ‘H’, engsel jenis ini biasanya digunakan pada pintu yang ringan. Proses pencabutan engsel jenis ini lebih mudah, seperti pada jenis pintu particle wood yang berdesain minimalis.

Jenis engsel pintu patron ini tersedia dalam beberapa ukuran di pasaran, yaitu 80x50 mm, 110x50 mm, dan 140x60 mm. keunggulan jenis engsel patron ini adalah dapat digunakan berulang kali dan mudah dibongkar dan dipasang kembali.

Anda dapat membaca jenis-jenis engsel pintu lainnya dalam artikel yang berjudul 8 Jenis Engsel Pintu Rumah dengan Standar Ukurannya.

 

Jika Anda sedang mencari engsel pintu dengan kualitas terbaik, percayakan kebutuhan Anda kepada Vinindo Corporation. Selain menjual engsel pintu, kami juga menyediakan berbagai macam kebutuhan pintu seperti door closer, gagang pintu, hak angin dan lainnya. Kami merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021 sehingga produk yang kami tawarkan tidak dapat diragukan lagi kualitasnya. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Share this article
BACK