11 Mar 2021

Mengenal Jenis Handle Pintu Minimalis untuk Hunian Cantik

Mengenal Jenis Handle Pintu Minimalis untuk Hunian Cantik

Ketika membangun rumah, aksesoris dan pernak-pernik yang membuatnya terlihat makin cantik tidak boleh anda lewatkan, salah satunya adalah handle pintu. Ada beragam jenis handle pintu, namun handle dengan model minimalis merupakan jenis yang paling banyak digunakan. 

Untuk anda yang tertarik untuk menggunakan handle pintu minimalis untuk rumah yang dimiliki, berikut merupakan contoh dan rekomendasi yang bisa anda pertimbangkan. Selain memiliki bersifat fungsional, ia memiliki bentuk yang menarik dan unik. 

Lever on Back Plate

Pilihan pertama yang bisa anda pakai adalah model lever. Ini merupakan jenis model yang paling banyak digunakan dan memiliki desain yang sederhana. Walaupun bentuknya cukup umum, anda bisa berkreasi dengan menggunakan warna yang berbeda untuk besi atau logam yang digunakan sebagai bahan pembuatnya. 

Bentuk lever terdiri dari kombinasi tuas besi dengan piringan kunci, dengan model tersebut anda bisa memilih untuk menggunakan handle pintu dengan kunci atau tanpa kunci. Sedangkan varian yang bisa anda pilih cukup beragam, mulai dari gaya klasik, melengkung, hingga model persegi yang minimalis. 

Lever on Rose

Pilihan selanjutnya untuk handle pintu rumah yang minimalis adalah model lever on rose. Ia memiliki model yang serupa dengan leven on black pate sebelumnya, hanya saja di bagian ujung pegangan handle ia memiliki bentuk lingkaran atau persegi. 

Terdapat fungsi dari lingkaran atau persegi di handle pintu minimalis tersebut, yakni membuat tampilan handle lebih halus dan serasi. Ia juga dapat digunakan sebagai media untuk menyembunyikan instalan yang terdapat di dalam tuas handle pintu tersebut. 

Umumnya jika anda menggunakan lever on rose, anda tidak membutuhkan slot kunci untuk membuka atau menutup pintu, jadi harus dipertimbangkan dengan matang. Untuk model lainnya, ada banyak pilihan yang bisa anda pakai, dari model stainless steel, kromium, hingga gagang dengan model melengkung. 

Handle Pintu dengan Model D

Anda yang ingin memiliki pintu model geser tanpa kaitan, menggunakan handle pintu dengan model D bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain bentuknya yang ringkas, ia juga mudah untuk dipakai karena memiliki tampilan yang sederhana, cocok untuk rumah yang minimalis. 

Selain pintu rumah, anda juga bisa menggunakan gaya handle pintu ini untuk berbagai jenis pintu lain, misalnya pintu model geser, dorong atau lainnya. Ia bisa membuat tampilan pintu semakin halus dengan model besi yang digunakan. Jika ingin tampilannya lebih menarik, anda bisa menggunakan warna yang berbeda untuk kesan yang lebih menarik. 

Gagang Tarik Tanpa Tuas

Handle pintu tidak harus memiliki bentuk dengan pegangan tangan, terdapat handle pintu minimalis yang tidak menyediakan pegangan pintu, sebab tidak tersedia tuas untuk dipegang. Sebagai gantinya, anda bisa menarik pintu lewat gagang setengah berlubang yang ada di pintu tersebut. 

Model ini memberikan kesan yang minimalis, sebab pintu tersebut terkesan ringkas dan elegan. Biasanya pintu yang menggunakan model tersebut adalah pintu model geser, sehingga pengguna tidak kesusahan ketika menarik gagangnya. Ada banyak model yang bisa anda gunakan, cukup disesuaikan dengan kebutuhan dan model pintu yang dimiliki. 

Kenop Pintu Model Kuno 

Ingin tampilan pintu yang terlihat lebih menarik? Anda bisa menggunakan handle pintu dengan model kuno berbentuk lingkaran. Model tersebut memang cenderung unik, sebab menggunakan kenop berbentuk bulat dengan warna yang mencolok. 

Untuk menggunakan kenop pintu tersebut, anda cukup memutarnya sehingga tidak diperlukan lubang kunci. Walaupun terdapat pula kenop dengan model tersebut yang memiliki lubang kunci di dalamnya. Ia biasanya dibuat menggunakan campuran kayu, keramik, atau besi, sesuai dengan model yang diinginkan oleh pelanggan. 

Model Gaya Tangkup

Pilihan selanjutnya untuk handle pintu minimalis adalah model gaya tangkup, yang sering digunakan untuk lemari maupun pintu dapur. Namun, pemakaian model kenop dan handle gaya tangkup ini cukup menarik untuk diaplikasikan pada pintu rumah dengan gaya minimalis.

Ada banyak model yang ditawarkan jika anda menggunakan gaya tangkup untuk pintu rumah, bisa berbentuk floral ataupun bentuk lain sesuai dengan selera. Anda juga bisa memilih gaya model kenop dengan bentuk flush handle ataupun semi bundar yang menonjol. 

Masih banyak model handle pintu yang bisa anda aplikasikan pada pintu rumah minimalis, untuk mendapatkannya anda bisa melakukan pembelian di toko khusus yang menjual perlengkapan rumah, khususnya handle dan pintu. Sesuaikan warna handle dengan model pintu dan warna dinding rumah, sehingga memberikan pemandangan yang serasi. 

Demikianlah informasi mengenai handle pintu minimalis yang bisa anda terapkan untuk pintu rumah minimalis yang anda miliki. Dengan menggunakan handle pintu yang tepat, tidak hanya tampilan rumah yang terlihat menarik, namun ia juga memberikan nuansa segar untuk pintu rumah sebagai media keluar masuk ruangan.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

Related Articles

Share this article
BACK