28 Jun 2022

Perhatikan Cara Mengasah Gergaji dengan Benar dan Aman Ini!

Perhatikan Cara Mengasah Gergaji dengan Benar dan Aman Ini!

Gergaji menurut wikipedia adalah perkakas berupa besi tipis bergigi tajam yang digunakan untuk memotong atau pembelah kayu atau benda lainnya. Gergaji merupakan perkakas yang bisa digunakan dalam waktu yang lama. Supaya dapat digunakan lama dan tetap awet, Anda perlu mengetahui cara perawatannya yang tepat.

Namun tak jarang, setelah gergaji disimpan atau digunakan dalam waktu yang lama, mata gergaji akan tumpul dan harus diasah. Mengasah gergaji sebenarnya tidak terlalu sulit. Gergaji bisa diasah manual dengan menggunakan sebatang kikir besi. Namun Anda perlu memperhatikan bahwa mengasah gergaji juga memerlukan ketelitian dan perhatian yang penuh. Anda juga perlu berhati-hati dalam mengasah gergaji, karena meskipun gergaji tersebut tumpul untuk memotong kayu, mata gergajinya tetap tajam di kulit.

Berikut ini adalah tahapan cara mengasah gergaji yang benar aman:

Bersihkan Gergaji

Sebelum mengasah gergaji, bersihkan terlebih dahulu gergaji secara keseluruhan. Bersihkan dari kotoran potongan dan serbuk kayu. Anda bisa menggunakan kuas untuk membersihkannya, atau jika kotoran sudah mengeras dan menjadi kerak, Anda bisa menggunakan sikat kawat untuk membersihkannya.

Bilas dengan Air Bersih

Setelah membersihkan kotoran yang menempel pada gergaji, Anda bisa membilasnya dengan air. Jangan merendam gergaji di dalam air. Anda hanya perlu menjemurnya dan diseka menggunakan lap atau kain bekas yang kering. Berhati-hatilah jangan sampai jari-jari tangan tergores gigi gergaji.

Jepitlah Gergaji

Jika Anda memiliki cengkam meja, Anda bisa menghadapkan gigi gergaji ke atas. Jika Anda tidak memiliki cengkam meja, Anda bisa menginjaknya di lantai dengan menghadapkan gigi ke atas.

Siapkan Kikir

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan kikir dan melakukan langkah berikut untuk mengasah gergaji:

  • Pegang ujung kikir dengan kedua tangan, pastikan kikir membentuk sudut sekitar 150-250 dengan ketebalan pelat mata gergaji. Jika kikir Anda membentuk sudut 900 dengan tebal pelat, akan membuat gigi gergaji Anda justru akan semakin tumpul.

  • Kikir gigi gergaji pada satu sisi secara berselang-seling. Untuk memudahkan pengikiran, tandai setiap gigi dengan spidol permanen di setiap sisinya. Dengan begitu Anda tahu bagian yang harus diasah pada sisi kiri atau kanan.

  • Tekuk sedikit setiap gigi gergaji dengan tang atau pelat besi dengan ujung runcingnya mengarah ke sisi luar secara berselang-seling.

Bersihkan Gergaji Lagi

Jika Anda sudah mengikir dan menekuk seluruh gigi gergaji, bersihkan kembali mata gergaji tersebut dengan lap kering sampai benar-benar bersih.

Simpan Gergaji

Jika gergaji telah selesai dibersihkan, simpanlah gergaji di tempat yang kering dan terlindungi. Anda perlu menyimpan di tempat yang baik supaya mata gergaji tidak berkarat, dan gagang gergaji terbebas dari jamur dan kerusakan.

Simpan gergaji dengan menggantungkan di dinding. Jangan meletakkan gergaji di sembarang tempat atau sampai tertumpuk barang lain, karena justru akan membuat mata gergaji melengkung dan gigi gergaji lebih cepat rusak.

Bersihkan Kikir

Setelah menyimpan gergaji di tempat yang baik, jangan lupa membersihkan kikir dan simpan di tempat yang kering dan terindung.

Jika semua pekerjaan sudah selesai dikerjakan, pastikan mencuci tangan dengan sabun. Itulah cara-cara mengasah gergaji yang dapat Anda kerjakan sendiri. Pastikan untuk tetap berhati-hati dalam mengerjakan pengasahan gergaji. Karena gigi gergaji sangat tajam, terutama setelah dikikir. Semoga tips mengenai cara mengasah gergaji ini bermanfaat bagi Anda.

Setelah mengetahui cara mengasah gergaji dengan benar dan aman, saatnya Anda menemukan gergaji dengan kualitas terbaik. Anda bisa mendapatkan gergaji tangan di Vinindo Corporation. Kami menyediakan gergaji tangan dengan lengkap. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

 

Related Articles

Share this article
BACK