12 Apr 2021 Jenis-jenis Tang Yang Perlu Kamu Ketahui

Jenis-jenis Tang Yang Perlu Kamu Ketahui

Tang memainkan peranan yang cukup penting dalam dunia pertukangan dan juga teknik. Penggunaan tang cukup vital karena bisa semakin memudahkan para tukang dalam memperbaiki suatu jenis peralatan. Meski demikian, terdapat cukup banyak macam-macam tang yang memiliki fungsi dan tujuan tertentu.

Setiap tang pada umumnya didesain dengan bentuk dan juga fungsi yang berbeda-beda antara satu dan yang lainnya. Dengan demikian akan bisa membuat proses penggunaan dan juga pemanfaatan tang tersebut bisa lebih optimal dalam membantu menyelesaikan pekerjaan para tukang.

Inilah Jenis-jenis Tang Yang Perlu Diketahui

Sebagai informasi, berikut adalah beberapa jenis tang sesuai dengan bentuk dan juga fungsi yang dimilikinya.

1. Tang Potong

Jenis-jenis tang yang pertama perlu diketahui adalah tang potong. Tang yang satu ini relatif cukup sering digunakan dalam teknik atau pertukangan yang berkaitan dengan kelistrikan. Sesuai dengan namanya, fungsi utama dari tang ini adalah untuk memotong kabel kecil ataupun digunakan untuk mengupas bagian kulit kabel karena tang jenis ini memiliki desain bagian dalam yang cenderung tajam.

2. Tang Cucut

Selain tang potong, jenis tang berikutnya yang juga banyak digunakan dalam teknik instalasi kelistrikan adalah tang cucut. Disebut dengan tang cucut karena memang jika dilihat secara sekilas bentuk ujung tang ini menyerupai bentuk ikan cucut. Tang cucut memiliki kegunaan yang utama untuk memotong dan juga menjepit kabel listrik.

3. Tang Kombinasi

Jenis tang yang perlu anda ketahui selanjutnya adalah tang kombinasi. Jenis tang yang satu ini relatif cukup umum digunakan bukan hanya pada bidang kelistrikan saja. Tang kombinasi dapat digunakan sebagai alat untuk memotong kabel, mengupas kulit kabel, dan bisa juga digunakan untuk melilitkan kabel.

4. Tang Rivet

Jenis tang yang satu ini lebih banyak digunakan dalam bidang pertukangan terutama untuk pembuatan lemari, rak, dan juga aneka mebel lainnya yang dibuat dengan menggunakan bahan stainless. Fungsi utama dari jenis tang ini adalah untuk menancapkan dan juga memasang paku rivet pada objek-objek yang diinginkan.

5. Tang Snap Ring

Jenis-jenis tang yang perlu diketahui selanjutnya adalah tang snap ring. Jenis tang ini memiliki dua model berbeda. Ada tang Snap Ring yang memiliki model dengan bentuk ujung tang lurus, ada juga model tang yang memiliki ujung bengkok menghadap ke bagian bawah. Tang jenis ini pada umumnya digunakan untuk membuka ring pengunci.

6. Tang Kakatua

Sesuai namanya, Tang Kakatua merupakan jenis tang yang memiliki bentuk menyerupai paruh burung kakatua. Fungsi tang yang satu ini cukup luas dalam dunia pertukangan karena bisa digunakan untuk memotong kawat maupun juga bisa digunakan untuk mencabut paku yang menancap.

7. Tang Slip Joint

Jika diperhatikan secara sekilas tang ini agak mirip dengan model tang kombinasi. Hanya saja tang Slip Joint tidak bisa digunakan untuk memotong karena bagian sisi dalamnya tidak terdapat sisi yang tajam. Fungsi utama dari tang jenis ini adalah sebagai pemegang atau penjepit pada benda kerja.

8. Tang Buaya

Jenis-jenis tang yang tidak kalah penting untuk diketahui adalah model tang buaya. Perkakas ini diberi nama tang buaya karena memiliki bentuk yang menyerupai moncong buaya. Ukuran mulut tang buaya ini dapat diatur dengan menggunakan setelan yang berada di bagian belakangnya. Tang ini memiliki kegunaan pokok untuk menjepit benda yang bulat seperti mur dan ataupun juga kepala baut.

9. Tang Press Skun

Tang Press Skun juga termasuk ke dalam jenis tang yang cukup banyak digunakan dalam dunia kelistrikan. Tang Press Skun dapat digunakan untuk menghubungkan kabel ke skun kabel dengan cara dijepit ataupun ditekan (press) sehingga kabel-kabel dapat terkoneksi dengan baik dan tidak menimbulkan ancaman yang membahayakan.

10. Tang Model Crimping

Tang Crimping termasuk jenis tang yang memiliki ranah pekerjaan cukup spesifik. Tang ini banyak digunakan dalam pekerjaan-pekerjaan yang mempunyai keterkaitan dengan dunia kelistrikan arus lemah seperti pada pekerjaan pemasangan kabel LAN Internet maupun juga kabel telepon. 

Kegunaaan dari tang ini untuk menyambungkan kabel internet ataupun kabel telepon pada konektor. Selain itu, tang crimping juga bisa digunakan untuk memotong kabel internet maupun kabel telepon.

11. Tang Hidrolik

Jenis tang yang penting untuk diketahui berikutnya adalah tang Hidrolik. Tang jenis ini juga cukup sering digunakan dalam bidang kelistrikan dengan spesialisasi penggunaan pada tegangan tinggi. Tang ini digunakan untuk memasang skun kabel yang berukuran besar saja. Cara menggunakannya adalah dengan memompanya pada press skun yang akan dipasang.

Itulah ulasan mengenai jenis-jenis tang yang perlu diketahui. Masing-masing jenis tang dibekali dengan bentuk yang berbeda sesuai dengan tujuan dan fungsi penggunaannya. Hal ini bertujuan agar semakin memudahkan manusia dalam proses penggunaan tang-tang tersebut untuk mengoptimalkan pekerjaan yang dilakukan.

Share this article
BACK