21 Mar 2022

Cara Memperbaiki Handle Pintu yang Lepas

Cara Memperbaiki Handle Pintu yang Lepas

Menjadi wanita dituntut untuk serba bisa. Termasuk jika handle pintu rumah lepas dari pintu. Biasanya penyebab lepas dikarenakan tarikan yang terlalu kuat atau anak-anak memainkan dengan cara menutup dan membukanya berulang kali hingga kondisinya kurang pas dan kemudian lepas. Kerusakannya ada 2 tipe yakni jika handle pintu tidak bekerja dengan baik atau lepas, namun putarannya keras dan tidak tersangkut berarti kerusakan ringan. Disebut kerusakan parah apabila kunci patah dan tersangkut di handle pintu.

Handle pintu yang lepas tentu saja sangat mengganggu. Kondisi semacam ini membuat rumah menjadi tersendat hingga tidak dapat dibuka atau ditutup.  Nah untuk memperbaiki kerusakan ringan tentu saja mudah. Anda dapat mencobanya sendiri di rumah. Bahkan tidak perlu menggunakan banyak peralatan. Apalagi sampai repot-repot memanggil tukang yang nantinya harus mengeluarkan biaya perbaikan. Tapi Anda tidak perlu khawatir. Dengan teknik sederhana ini, Anda dapat memperbaiki handle pintu yang lepas tanpa bantuan siapapun. Untuk lebih jelasnya simak ulasan sebagai berikut. Jangan sampai tidak membacanya sampai habis. Bakal rugi banget deh!

1. Perlengkapan yang Dibutuhkan

obeng

  • Kawat bendrat yang dipotong kecil. Berfungsi sebagai pengait yang akan anda masukkan kedalam lubang pada handle pintu

  • Siapkan palu untuk memukul besi yang disisipi kawat bendrat

  • Gunakan obeng untuk membuka baut

  • Sediakan tang yang digunakan untuk memotong kawat

2. Cara Memperbaiki Handle Pintu yang Lepas

  • Lepas Handle Pintu Terlebih Dahulu

Langkah awal yang dapat Anda lakukan adalah melepas handle pintu serta anak kunci yang menempel pada handle. Kemudian amati kerusakan yang terjadi. Jika handle pintu longgar sehingga terlepas dari handle, Langsung saja tancapkan besi yang menghubungkan gagang pintu pada lubang kunci tersebut. Agar handle terbuka, Anda harus melepas sekrup satu per satu. Lakukan dengan yakin namun tetap berhati-hati agar handle mudah untuk dilepas dari pintu yang bersangkutan.

  • Selipkan Pelat Logam pada Celah

Kemudian, selipkan pelat logam pada celah handle. Tugas Anda yaitu memastikan apakah pelat bendrat tersebut sudah terjepit rapat pada celah serta besi penghubung agar tidak goyang. Pastikan pelat sudah rata dengan permukaan kayu agar dapat menutup dengan perfect alias sempurna. Telitilah pada bagian sisi yang belum anda sekrup. Mudah bukan? Anda hanya perlu fokus dan melakukannya dengan tepat. Sehingga dapat melanjutkan ke langkah yang berikutnya.

  • Pasang Kembali Handle Pintu

handle pintu

Yang terakhir, pasang kembali handle pintu sesuai posisi semula. Tidak boleh ada sekrup yang ketinggalan saat memasangnya.  Mulai gerakkan handle pintu namun pelan saja, jangan menggunakan tenaga ekstra. Jika handle pintu sudah terpasang dengan baik, tidak akan ada lagi ketidaknyamanan yang anda rasakan. Itu artinya handle pintu telah terpasang kembali dengan baik dan tepat. Jika handle pintu tidak dapat diperbaiki, gak ada jalan lain selain membongkar dan menggantinya dengan handle yang baru. 

Wah ternyata memperbaiki handle pintu yang lepas sangat mudah ya? Tinggal lakukan saja sesuai cara di atas. Jika Anda menggunakan handle pintu yang mengedepankan kualitas, peluang handle lepas dari pintu hanya kecil saja. Sebab yang berkualitas tidak pernah coba-coba. Handle akan dibuat dengan bahan kualitas tinggi dan dirancang sebaik mungkin. Pastikan saja untuk menggunakannya dengan tepat demi kenyamanan Anda!

Pastikan Anda memiliki semua peralatan yang dibutuhkan untuk memperbaiki handle pintu yang lepas. Jika belum, konsultasikan kebutuhan perkakas anda di Vinindo Corporation. Kami menjual berbagai macam alat pertukangan yang terbuat dari bahan berkualitas dengan aneka ragam model. Kami merupakan peraih TOP Brands Award 2022, jadi semua produk yang kami tawarkan dijamin berkualitas dan original. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

 

Related Articles

Share this article
BACK