03 Nov 2021

Tips Memilih Gergaji Tangan yang Bagus

Tips Memilih Gergaji Tangan yang Bagus

Gergaji merupakan alat perkakas wajib dipunyai oleh semua hunian, penting bagi Anda untuk mengetahui tips memilih gergaji tangan yang bagus. Gergaji adalah perkakas bergigi tajam berguna untuk memotong kayu atau besi.

Alat perkakas ini memiliki jenis beragam serta kegunaannya berbeda-beda. Hampir semua orang berpikir semua jenisnya memiliki kegunaan yang sama yaitu memotong. Tetapi pada kenyataannya alat perkakas ini memiliki fungsi berbeda-beda setiap jenisnya.

Tips memilih gergaji tangan yang utama adalah pilihlah sesuai kebutuhan Anda. Dengan memilih dan menggunakannya secara benar dan pada fungsinya akan membuat barang tersebut awet atau tahan lama.

Tips Memilih Gergaji Tangan Sesuai dengan Kegunaannya

Seperti yang sudah dijelaskan, memilih gergaji tangan yang bagus dan awet adalah jika Anda menggunakannya sesuai dengan fungsi. Misal penggunaan yang salah adalah Anda menggunakan gergaji triplek atau coping saw untuk memotong besi.

Bisa saja memang bisa terpotong, tetapi jika dilakukan terus menerus ketajaman giginya akan lebih cepat berkurang dan tentu saja membuatnya semakin cepat rusak. Oleh karena itu, Anda wajib mengetahui tips memilih gergaji tangan sesuai dengan kegunaannya.

  • Rip Saw

Alat ini digunakan untuk memotong mengikuti serat kayu, memiliki panjang biasanya 61 cm sampai 66 cm. Rip saw memotong kayu dengan sangat agresif dan meninggalkan hasil tepi kasar.

  • Cross-Cut Saw

Digunakan untuk memotong kayu secara melintang, biasanya alat ini memiliki ukuran 61 cm sampai 66 cm. Berbeda dengan rip saw, cross cut tidak memotong seagresif rip saw tetapi memiliki hasil tepi lebih halus.

  • Coping Saw

Coping saw digunakan untuk memotong papan kayu atau triplek. Cirinya memiliki gigi kecil tetapi tajam. Hasil tepi potongan coping saw rapi, halus dan tidak merusak triplek saat proses pemotongan.

  • Hacksaw

Hacksaw digunakan untuk memotong semua benda logam seperti besi sering disebut juga gergaji besi. Selain besi. Alat ini juga dapat memotong material lainnya seperti kayu. Memiliki gigi kecil-kecil dan tajam.

  • Keyhole Saw

Jenis ini biasanya digunakan untuk menjangkau ruang-ruang kecil dan cenderung rumit pada benda. Bentuknya berbeda dengan jenis lainnya karena memiliki ujung yang lancip. Biasanya digunakan untuk memotong bagian tengah kayu.

Cara Merawatnya Gergaji Tangan agar Tahan Lama

Setelah mengetahui kegunaan dari setiap jenisnya, cara lain membuatnya awet adalah dapat merawatnya dengan baik. Dengan merawatnya dengan baik, akan membuat barang yang dipunyai menjadi lebih tahan lama.

  • Mata Gergaji Memakai Pelindung

Meninggalkannya di dalam suhu ruang tanpa pelindung akan menimbulkan karat. Untuk mencegah hal itu pakaikan pelindung guna melindungi gigi tersebut bisa menggunakan penutup khusus atau jika tidak ada menggunakan plastik atau koran.

  • Gantung Gergaji

Alasannya harus disimpan di gantung untuk mencegahnya bergesekan dengan alat perkakas lainnya. Jika sudah bergesekan dengan alat perkakas lainnya yang kebanyakan berbahan logam akan mengurangi ketajaman dari mata gergajinya.

  • Asah Mata Gergaji Secara Teratur

Asahlah secara teratur minimal beberapa bulan sekali. Hal ini dilakukan guna menjaga ketajamannya agar tidak berkurang. Untuk mencegahnya berkarat, pakaikan juga minyak anti karat.

  • Gunakan Sesuai dengan Fungsinya

Faktor yang paling penting yang dapat menyebabkan alat cepat rusak adalah tidak menggunakan alat ini sesuai dengan fungsinya. Pakailah sesuai dengan fungsinya membuatnya bertahan lama.

Fungsi utama dari gergaji adalah memotong, tetapi tidak semua jenisnya memiliki kegunaan yang sama dalam memotong suatu material. Memahami jenis serta kegunaannya adalah tips memilih gergaji tangan yang bagus agar membuatnya lebih tahan lama dan tidak cepat rusak.

Vinindo Corporation menjual berbagai macam gergaji tangan yang kokoh dengan berbagai macam model. Selain gergaji tangan, kami juga menyediakan alat pertukangan lainnya. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

Related Articles

Share this article
BACK