03 Jan 2022 Jenis-Jenis Engsel Pintu dan Fungsinya

Jenis-Jenis Engsel Pintu dan Fungsinya

Pintu tanpa engsel merupakan hal yang mustahil. Dimana ada pintu sudah pasti harus dilengkapi dengan engsel. Tahu kah kamu bahwa engsel terdiri dari beberapa jenis dan fungsi. Engsel yang menyatukan kedua komponen antara pintu dengan kusen. Mengingat keberadaan engsel yang begitu penting, maka kami akan membahasnya satu per satu untuk anda.

  1. Engsel Pintu Panel

Engsel pintu panel berbentuk kokoh dan tebal. Fungsinya untuk menopang pintu dan digunakan pada pintu panel yang terbuat dari kayu. Ukuran engsel ini variatif, ada ukuran 3 sampai 6 inchi. Dapat menopang pintu walaupun memiliki beban yang berat sekalipun.

  1. Engsel Pintu Kupu-kupu

Jenis engsel pintu berikutnya adalah engsel pintu kupu-kupu. Disebut demikian karena bentuknya mirip dengan kupu-kupu. Bntuknya silinder pada bagian bawah dan pipih disisi kanan kiri. Terdapat lubang kecil pada setiap sayap engsel. Pada umunya digunakan untuk menopang pintu dengan berat yang ringan.

  1. Engsel Pintu Patrom

Engsel pintu patrom biasa diaplikasikan pada rumah minimalis. Tersedia dalam berbagai ukurang sesuai dengan yang anda butuhkan. Bentuknya pipih, memiliki sekitar 4 lubang kecil pada setiap sisi. Engsel ini cukup kokoh untuk menopang pintu rumah anda.

  1. Engsel Pintu Piano

Eits, bentuknya bukan seperti piano yang sering dimainkan oleh musisi ya. Hanya saja memiliki panjang yang mirip dengan piano. Lubang kecilnya sejajar pada setiap sisi engsel. Di sebut sebagai engsel piano karena dulunya engsel ini berfungsi sebagai engsel penutup piano. Hanya saja kini sudah dimodernisasi dan dapat digunakan untuk pintu. Model engsel ini dapat mengerat pintu sekaligus, jadi jika anda ingin berhemat maka engsel piano menjadi pilihan tepat untuk anda.

  1. Engsel Pintu Bubut

Direkomendasikan untuk pintu yang memiliki bobot yang berat. Bentuknya menyerupai tabung besi seperti silinder. Terdapat lubang dibagian tengah agar dapat menempatkan inti engsel. Untuk memasangnya memerlukan alat bantu tambahan berupa las. Fungsi engsel bubut membuat pintu terpasang menjadi lebih kokoh.

  1. Engsel Pintu Gudang

Banyak perusahaan-perusahaan yang mencari engsel pintu ini. Karena mereka ingin mendapatkan engsel khusus yang bagus untuk gudangnya. Bentuknya memanjang dan mengerucut. Jika dipasang pada pintu yang bobotnya lebih berat, pasangkan sejajar dengan daun pintu agar tetap stabil.

  1. Engsel Pintu Koboi

Jenis engsel pintu selanjutnya yaitu engsel pintu koboi. Engsel pintu ini berfungsi untuk mengayunkan daun pintu secara penuh. Bentuknya yang unik juga kerap menjadikan engsel pintu koboi sebagai pelengkap dekorasi.Harganya mulai dari Rp. 50.000,- hingga Rp. 500.000,-. Bahan materialnya adalah stainless steel yang bagus.

  1. Engsel Pivot

Engsel pivot dipasang dibagian dalam pintu, umumnya dipasang pada pintu overlay. Selain itu, engsel ini diperjualbelikan berpasangan yang nantinya dipasang dibagian bawah pintu dan atas pintu.

  1. Engsel Pintu

Engsel yang kesembilan adalah engsel pisau. Bentuknya seperti huruf L. Fungsinya agar dapat menggerakkan kaki engsel saat pintu dibuka atau ditutup.

  1. Engsel Heavy Duty

Namanya sedikit rumit jika diucapkan, namun engsel ini dapat menopang pintu yang berat. Estimasi penggunaannya dapat digunakan dalam jangka panjang. Selain itu tidak mudah rusak dan jarang mengalami kemacetan.

So, jangan sampai salah memilih jenis engsel yang ingin anda gunakan ya. Pastikan pintu rumah anda mendapatkan jenis engsel pintu yang terbaik dan sesuai!

Vinindo Corporation menjual berbagai macam engsel pintu stainless steel yang kokoh dengan berbagai macam model. Selain engsel pintu, kami juga menyediakan door pull, kunci pintu, pegangan pintu, bodi kunci dan aksesorisnya. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Share this article
BACK