01 Jul 2021

Pentingnya Door Closer untuk Pintu Rumah Anda

Pentingnya Door Closer untuk Pintu Rumah Anda

Rumah – rumah di Indonesia belum banyak dipasangi door closer, salah satu sebabnya adalah belum memahami secara mendalam bagaimana pentingnya door closer bagi pintu rumah. Padahal apabila dilihat dari fungsi, ini sangat membantu penghuni rumah. 

Untuk mengilustrasikannya cobalah membayangkan kondisi berikut, ketika sedang enak – enak bersantai tiba – tiba pintu menutup dengan sangat keras akibat terkena angin. Atau rumah terbuka berjam – jam karena lupa menutupnya. 

Kondisi tersebut tentunya sangat tidak nyaman bukan, mulai dari mengganggu waktu bersantai hingga berpotensi mengundang orang tidak bertanggung jawab. Masalah tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan cara memasang door closer pada pintu rumah Anda. 

Pentingnya Door Closer dan Manfaatnya untuk Pintu Rumah Anda

Setelah melihat ilustrasi sebelumnya tentunya terdapat sedikit gambaran terhadap manfaat serta pentingnya door closer untuk sebuah hunian. Agar lebih memperkuat gambaran manfaatnya, berikut terdapat beberapa ulasan, mulai dari faktor keamanan hingga privasi. 

  1. Menjaga Keamanan Penghuni Rumah

Terkadang kejahatan ada karena kesempatannya terbuka luas, seperti rumah terbuka dan terlihat kosong. Orang yang memang berniat jahat bisa saja masuk serta mengambil beberapa barang berharga tanpa diketahui penghuni rumah secara singkat. 

Kejadian tersebut sebenarnya bisa diatasi apabila pintunya tertutup rapat. Untuk menjaga pintunya agar senantiasa menutup sempurna, Anda tidak harus berulang kali memeriksanya. Terdapat teknologi penutup pintu otomatis, memanfaatkan gaya pegas dan hidrolik. 

  1. Privasi Lebih Terjaga

Tentunya sangat tidak ingin apabila tempat – tempat privat seperti kamar tidak sengaja terlihat oleh tamu. Salah satu alasannya adalah ingin terjaganya privasi penghuni rumah. Namun terkadang ada saja anggota keluarga yang membuka tetapi lupa menutupnya kembali. 

Di sinilah pentingnya door closer bagi rumah Anda. Dengan memasangnya berbagai tempat privat seperti kamar tidur, ruang kerja, dan berbagai ruangan lainnya akan senantiasa menutup. Sehingga tidak perlu khawatir serta risau ketika tamu datang berkunjung. 

  1. Menghemat Energi Untuk Ruangan Ber-AC

Ruangan ber-AC akan bekerja mengikuti suhu ruangannya, apabila ruangannya tertutup biasanya tidak memerlukan waktu lama sebelum akhirnya mencapai suhu yang diinginkan. Bila pintunya terbuka, tentunya AC menyala lebih lama dan energi listriknya juga besar. 

Pertimbangan Sebelum Membeli Door Closer untuk Pintu Rumah Anda

Setelah memahami pentingnya door closer bagi hunian, tentunya ada keinginan untuk membeli serta memasangnya. Sehingga memperoleh berbagai manfaat serta menjadi lebih aman. Namun untuk membelinya harus mempertimbangkan beberapa hal berikut. 

  1. Jenis Pintu yang Digunakan

Terdapat beberapa jenis pintu, seperti model geser dan model engsel. Penutup pintunya hanya bekerja untuk jenis engsel, sehingga pastikan rumah Anda pintunya menggunakan jenis engsel. Jenis engsel memungkinkan diberi penutup otomatis karena memiliki energi mekanik. 

Selain jenisnya juga harus memperhatikan besar dan berat pintunya. Tidak peduli bahannya apa, biasanya apabila beratnya lebih dari 60 kg per daunnya, maka harus menggunakan door closer khusus. Carilah yang memiliki kapasitas untuk “heavy duty” agar tidak mudah patah. 

  1. Estetika Desain Pintu Serta Door Closernya

Tentunya estetika juga harus menjadi perhitungan selama memilih door closernya. Tidak ingin bukan rumah kelihatan belang akibat pemilihan warna, model, serta bentuknya yang tidak sesuai dengan pintunya. 

Ini memang menjadi faktor kesekian untuk dipertimbangkan selain fungsinya, namun memilih penutup pintu otomatis yang estetis tentu menambah kenyamanan selama di rumah. Terlebih apabila harganya tidak terlampau berbeda, cobalah memperhitungkan juga dari sisi estetika. 

  1. Persiapan Anggarannya 

Persiapan penting lainnya adalah ketersediaan anggarannya. Memang ingin setiap pintu agar dipasang penutup otomatis, sehingga setiap ruangan menjadi lebih nyaman serta aman. Namun apabila anggarannya terbatas, bisa mendahulukan ruangan prioritas. 

Seperti mendahulukan pintu gerbang, kamar orang tua, dan ruang kerja. Cobalah atur anggarannya sehingga tidak terkesan membengkak atau membebani finansial keluarga. Ditambah, bisa dipasangkan kapan saja, sehingga tidak harus semuanya sekaligus. 

Tips Tambahan untuk Pintu Rumah Anda

Selain menggunakan door closer, ada beberapa hal lainnya untuk membuat rumah Anda menjadi semakin nyaman, terutama yang berhubungan dengan perpintuan. Salah satunya adalah memastikan tidak berisik ketika ditutup. 

Terkadang karena engselnya sudah mulai berkarat menimbulkan suara bising, sehingga ketika memiliki penutup otomatis suara berisiknya akan sering terdengar. Tentunya ini mengganggu istirahat atau berbagai aktivitas di dalam rumahnya. 

Karena pentingnya door closer bagi sebuah hunian, alangkah baiknya untuk memeriksanya secara berkala. Mungkin beberapa bulan sekali untuk memastikan fungsinya tetap berjalan dengan baik. Apabila menemukan kendala, segera perbaikilah. 

Tips lainnya yang tidak kalah penting adalah tidak semua rumah harus dipasangi penutup otomatis. Entah karena ruangannya bukan termasuk privat atau memang didesain agar ditutup ketika terdapat kondisi tertentu saja. Seperti gudang dan dapur. 

Privasi dan keamanan merupakan sebuah hal yang harus dijaga, salah satunya dengan menjaga pintu rumahnya tetap tertutup. Tentu memastikannya tertutup setiap saat sangat melelahkan. Di sinilah fungsi dan pentingnya door closer bagi pintu rumah Anda.

Sebagai peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021, Vinindo Corporation juga menyediakan door closer / penutup pintu otomatis yang berkualitas dengan harga terjangkau. Percayakan kebutuhan door closer, door pull, kunci pintu, pegangan pintu, bodi kunci dan aksesorisnya kepada kami.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

Related Articles

Share this article
BACK