22 Mar 2022

Cara Memasang Door Stopper Pada Posisi yang Tepat

Cara Memasang Door Stopper Pada Posisi yang Tepat

Door stopper adalah sebuah alat bantu yang berfungsi sebagai pengganjal pintu agar tidak menimbulkan bunyi. Sangat berfaedah sekali bukan? Apalagi saat ada angin kencang. Pintu tidak akan menimbulkan bunyi yang kuat akibat menutup dengan sendirinya. Tersedia beberapa desain dan model. Sebelum membelinya, ada baiknya anda mengetahui jenis, material, model, ukuran serta desain yang akan anda pilih. Namun sebaiknya anda menggunakan door stopper magnet saja. Terbuat dari bahan stainless steel berkualitas. Dalam setiap pembelian sudah lengkap dengan sekrup, magnet yang kuat serta anti karat. Berhubung anda tidak pernah menggunakannya, pasti akan mengalami kesulitan saat pemasangan. Kali ini kami akan membantu anda untuk memasang door stopper pada posisi yang tepat. Simak ulasan berikut.

1. Mempersiapkan Alat dan Bahan yang Diperlukan

door stopper magnet

Alat dan bahan yang anda perlukan diantaranya 

Semua alat tersebut wajib ada agar memudahkan anda untuk memasang door stopper. Jika tidak ada pena, gunakan spidol atau pensil.

2. Menentukan Posisi Pemasangan

Posisi pemasangan menjadi pertimbangan awal yang harus anda pikirkan baik-baik agar kinerja pintu tidak terganggu. Idealnya door stopper dipasang sejajar dengan bagian bawah pintu. Selain tidak mengganggu kinerja pintu, pemasangannya juga lebih mudah di bagian sisi bawah pintu. 

3. Tandai Posisi yang Telah Ditentukan

Setelah mengetahui posisi yang tepat untuk memasang door stopper, Anda harus menandai pada bagian sisi dinding dengan cara menempelkan door stopper pada dinding, buat sketsa bulatan sesuai pola door stopper yang bulat. Kemudian tentukan diameter tengah menggunakan penggaris. Diameter ini yang nantinya akan dibuat lubang menggunakan mesin bor. Lakukan hal yang sama pada sisi pintu bagian bawah sejajar dengan tanda yang telah anda buat pada dinding. Usahakan benar-benar sejajar ya. Agar menemukan titik temu antara kutub magnet dipintu dan kutub magnet saat telah terpasang pada bagian dinding.

4. Lakukan Pemasangan

bor

Sumber: pixabay.com

Setelah proses menandai dinding dan pintu sudah sejajar maka anda dapat memulai proses pemasangan. Masukkan baut ke dalam lubang yang telah dibuat menggunakan mesin bor pada sisi dinding dan sisi pintu. Kencangkan door stopper agar berfungsi dengan baik. Kini door stopper telah terpasang. Selain tidak menimbulkan bunyi saat pintu terbuka, handle pintu rumah anda tidak akan berbenturan atau bergesekan secara langsung pada tembok. Alhasil tembok Anda terbebas dari goresan yang ditimbulkan oleh handle pintu.

5. Melakukan Uji Coba

Langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah melakukan uji coba pada door stopper yang telah terpasang di area dinding dan pintu bagian bawah. Uji coba ini harus anda lakukan guna mengecek apakah door stopper terpasang secara benar. Apabila pemasangan berjalan dengan sempurna, maka door stopper tidak akan menimbulkan bunyi karena magnet yang terdapat pada sisi tembok dan pintu akan saling bertautan efek magnet yang saling tarik-menarik. Untuk membukanya kembali, Kerahkan tenaga yang ekstra karena daya tarik menarik dari magnet door stopper menempel cukup kuat.

Semoga informasi cara pemasangan door stopper pada posisi yang tepat dapat memudahkan anda dalam pemasangan door stopper. Lindungi pintu rumah anda dari bunyi yang mengganggu dan gesekan secara langsung antara handle pintu dengan tembok.

Vinindo Corporation menjual berbagai macam door stop / penahan pintu stainless steel magnet dengan berbagai macam model. Selain door stop, kami juga menyediakan door pull, kunci pintu, pegangan pintu, bodi kunci dan aksesorisnya. Kami juga merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan dan informasi lebih lanjut.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

 

Related Articles

Share this article
BACK