01 Jul 2021

Cara Menghentikan Pintu agar Tidak Terbanting Saat Menutup

Cara Menghentikan Pintu agar Tidak Terbanting Saat Menutup

Menghentikan pintu agar tidak terbanting memang paling penting. Sebagai salah satu cara terbaik dalam menjaga agar akses masuk ke dalam ruangan tersebut tidak rusak. Karena, sangat berbahaya bagi penghuninya.

Faktor utama mengapa bisa terbanting sebenarnya sangat sederhana. Kekuatan saat menutup terlalu kencang. Atau tangan penutup memang sangat berat. Kondisi tersebut memberikan kekuatan berlebih sehingga, sulit untuk melakukannya perlahan.

Kondisi lainnya adalah ada tekanan lain. Misalnya saja, keadaan jendela terbuka udara bergerak tanpa arah dari tinggi ke arah rendah. Bahkan, kadang kali ketika udara bergerak cukup kencang, penahan jendela pun tidak dapat mempertahankan posisi jendela sehingga gerakan tersebut sudah cukup memberikan kekuatan.

Jadi, seperti dibanting begitu saja. Hanya saja ada poin penting harus diperhatikan saat pintu tersebut membuka serta menutupnya sendiri. Bisa jadi sebuah indikator bahwa, produk itu keluar dari garis.

Sehingga, kurang vertikal dan membuatnya mencapai titik kurang seimbang menghasilkan sebuah ayunan. Jangan heran walau, tetap lembut menutupnya, tetap saja rasanya seperti terbanting keras bila dibiarkan akan menyebabkan kerusakan parah.

Menghentikan Pintu agar Tidak Terbanting

Ada beberapa langkah sebenarnya bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Pertama adalah menggunakan alat disebut Door Stopper. Di mana jenis dan tipenya sendiri ada banyak. Mungkin mounted pas cocok.

Tipe tersebut dipasang di bawah, menempel erat di lantai. Cocok untuk produk yang punya berat berlebih. Sistem pemasangan dan kerjanya beragam tetapi, paling banyak adalah magnet. Jadi, jangan ragu lagi.

Saat membuka, tidak perlu menahannya. Peran magnet akan otomatis bekerja sehingga, saat ada angin kencang. Tidak akan menutup sendiri, kecuali magnetnya sudah terlepas dan jaraknya dari arus terlalu jauh.

Cara ini dinilai paling tepat dalam menghentikan pintu agar tidak terbanting hanya saja, ada sejumlah harga harus dibayar untuk membeli peralatannya. Sebenarnya, memasangnya sendiri mudah dan sederhana.

Tetapi, ada langkah lain bisa dilakukan agar kondisi tersebut tidak terjadi lagi. Perlu diakui, keadaan membantu menghasilkan suara cukup keras. Efeknya bisa kemana-mana, mungkin kaca karena menghasilkan getaran, jadi perhatikan!

  1. Menghentikan Pintu Agar Tidak Terbanting Dengan Perhatikan Engsel

Poin pertama adalah memperhatikan posisi engsel. Apakah dalam memangsanya sudah benar atau belum. Bila sudah, mungkin bisa juga memang sudah aus. Hanya ada dua kemungkinan tersebut. jadi, perhatikan secara detail.

Cara mudah menemukan permasalahannya dilihat dari usianya sudah mencapai puluhan tahun bisa jadi karena, aus. Tetapi, kalau baru satu minggu sudah terjadi seperti itu bisa dipastikan kurang pas dalam pemasangan.

Akibatnya titik menjadi kurang seimbang. Cara memeriksanya mudah, cobalah buka ke arah 90 derajat. Lihat setelan tingkatannya, apakah keluar dari timah tersebut atau sudah benar. Cobalah mengencangkannya sedikit. 

Dengan melakukan pengencangan, kondisinya sudah berbeda. Hal ini tidak berlaku jika, engsel tersebut ternyata aus atau muncul berbagai macam biasanya paling sering terjadi adalah munculnya korosi atau karat.

  1. Menghentikan Pintu Agar Tidak Terbanting Dengan Bantalan 

Langkah selanjutnya adalah cobalah memberikan bantalan. Bila ternyata setelah engsel tersebut sudah dibenarkan kondisinya masih tetap sama. Bantalan ini taruh saja di sepanjang tepi pada bagian kusennya. Usahakan atas dan bawah.

Terutama pada bingkai tambahkan lagi dua bantalan atas serta bawah tetapi ini bagian serangnya. Dalam memilihnya pilih yang lembut agar kesempatan merusak bagian lain dapat dihindari. 

Jadi, fungsi melambatnya jadi lebih sempurna. Atau Anda bisa membersihkan seluruh area produk tersebut. Biasanya debut membuat pergerakan penahan jadi terasa lebih susah. Apalagi kalau sudah berhubungan dengan cuaca.

  1. Menghentikan Pintu Agar Tidak Terbanting Dengan Pneumatik

Mungkin, menggunakan sistem kerja pneumatik bisa jadi langkah terbaik. Di mana dalam beberapa kasus, cara tersebut cukup efektif/ perangkat tersebut memiliki tenaga udara biasanya ditempelkan pada rangka serta tepian.

Piston tersebut akan menahan laju dari gerakan dan secara perlahan akan mengayunkannya untuk menutup. Dengan begini tidak akan terbanting dan menimbulkan suara yang akan mengejutkan. Karena, lebih halus serta pelan.

Selanjutnya, bisa dengan cara manual yaitu diberi pembatas tetapi, pastikan cukup berat serta kuat. Pada dasarnya, saat ada angin berhembus kencang. Walaupun, engsel sudah diganti tetapi, tidak ada penahan kuat.

Rasanya sama saja akan terbanting dengan sendirinya. Untuk penahannya bisa menggunakan balok kayu atau besi. asalkan mampu menahan beban saja. Agar unsur dekoratif tidak terganggu, usahakan memilih yang pas.

Misalnya, sesuaikan dengan warna atau tema dari interior Anda. Bila alam maka memakai apa saja sudah bisa dan terasa sangat cocok. Tetapi, untuk tema tertentu harus jeli jangan sampai merusak.

Karena, masih banyak solusi dapat dilakukan. Daripada merusak estetika ruangan lebih baik melakukan lainnya. Perlu diingat setiap pintu pasti punya ketahanan sendiri. Bila selalu terbanting dibiarkan maka merusak segalanya.

Apalagi, kalau beratnya melebihi 60 kg. Termasuk jenis paling berat. Kemungkinan mengenai perabotan lain sangat besar. Jadi, usahakan sejak sekarang perhatikan beberapa cara dalam menghentikan pintu agar tidak terbanting.

Vinindo Corporation menjual berbagai macam door stop / penahan pintu stainless steel yang kokoh dengan berbagai macam model. Selain door stop, kami juga menyediakan door pull, kunci pintu, pegangan pintu, bodi kunci dan aksesorisnya. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

Related Articles

Share this article
BACK