21 Nov 2021

Berbagai Macam Perkakas Tangan yang Wajib Anda Ketahui!

Berbagai Macam Perkakas Tangan yang Wajib Anda Ketahui!

Bagi Anda yang ingin memperbaiki rumah harus mengetahui apa saja perkakas tangan. Ada banyak perkakas tangan yang memiliki fungsi dan cara penggunaan berbeda-beda. Berikut beberapa jenis perkakas tangan yang umum digunakan untuk memperbaiki rumah.

Ragum

Ragum merupakan perkakas tangan yang fungsi utamanya untuk menjepit sebuah benda. Biasanya benda tersebut akan dikikir, dilas, dipotong, dan lainnya. Cara penggunaan perkakas yang satu ini cukup mudah, Anda hanya memutar tangkai kemudian jepit bahan yang diinginkan. Jenis perkakas ini antara lain ragum biasa, ragum putar, dan ragum universal.

Kikir

Kikir adalah sebuah perkakas tangan yang berfungsi untuk menghaluskan, mengikis, serta meratakan bahan seperti kayu, besi. Kikir memiliki banyak jenis dengan kegunaan yang berbeda. Contohnya saja, ada kikir plat yang digunakan untuk mengikir bidang rata, kikir pilar berfungsi untuk bidang yang berukuran besar, kikir segiempat berguna untuk mengukir penampang berbentuk persegi dan lubang segiempat, kikir segitiga berfungsi untuk membuat lubang segitiga.

Pahat tangan

Perkakas Tangan yaitu Pahat Tangan

Pahat tangan berfungsi untuk menyayat sekaligus memahat benda seperti kayu, batu, dan karet. Pahat tangan terdiri dari beberapa jenis dibedakan berdasarkan bentuk dan kegunaannya. Ada pahat plat yang berfungsi untuk mengikis bidang cembung, memotong baut, meratakan bidang, pahat alur yang berfungsi untuk membuat alur minyak, dan alur sempit, pahat dam yang berfungsi untuk memperbaiki pengeboran, membuat alur, dan lainnya.

Palu

Perkakas Tangan yaitu Palu

Palu merupakan salah satu jenis perkakas tangan yang berfungsi untuk memukul benda keras dan memasang paku. Terdapat banyak jenis palu yang bisa digunakan seperti palu pencabut paku, palu pemecah batu, palu berkapak, palu muka simetris, dan lainnya. Umumnya palu terbuat dari besi dengan gagang kayu dan ada juga yang terbuat dari plastik sebagai gagangnya.

Obeng

Perkakas Tangan yaitu Obeng

Obeng merupakan perkakas yang bentuknya hanya segenggaman tangan. Fungsinya sendiri untuk mengencangkan atau melonggarkan sekrup. Jenis obeng dibedakan berdasar ukurannya seperti 1, 2, 3, 4, dan seterusnya. Saat ini ada obeng yang memakai mesin untuk memudahkan penggunanya tanpa merasa kelelahan saat memasang sekrup. Biasanya obeng memiliki fitur tambahan seperti magnet pada ujungnya, lampu indikator untuk mengecek arus listrik, dan lainnya.

Gergaji tangan

Perkakas Tangan yaitu Gergaji Tangan

Gergaji merupakan perkakas tangan yang digunakan untuk memotong bahan berupa kayu, besi, dan PVC. Ada banyak jenis dari gergaji tangan yang mempunyai kegunaan berbeda-beda. Jenisnya antara lain gergaji triplek, besi, jepang, punggung, keyhole saw, crosscut saw, veneer saw, dan gergaji serbaguna. Jenis gergaji yang sering ditemukan disekitar kita adalah tangan biasa.

Jangka

Jangka merupakan salah satu perkakas tangan untuk menggambar. Biasanya dalam pembangunan rumah digunakan jangka untuk membuat desain dan pola agar rapi. Jangka memiliki banyak jenis tetapi fungsi utamanya tetap sama. Jenis jangka antara lain jangka pembagi, luar, dalam, sorong, oddleg, dial, sorong digital, mikrometer, dan jangka mikrometer digital.

Tang

Tang adalah perkakas yang berfungsi sebagai alat pengencang baut yang kendor, pemotong kawat, dan mencabut barang yang kecil. Terdapat bermacam jenis tang sesuai dengan fungsinya masing-masing. Tang yang sering ada disekitar kita berjenis tang kombinasi. Adapun jenis lainnya seperti tang potong, cucut, buaya, rivet, SPI, catut, burung, slip joint, press, krone, pembulat, dan tang ampere.

Baca juga: Kenali Bermacam-macam Jenis Tang dan Fungsinya

Sekop

Sekop adalah alat yang digunakan untuk menggali, mengangkut, atau meratakan tanah. Biasanya digunakan dalam kegiatan pertanian, konstruksi, dan kebun. Ada beberapa jenis sekop, termasuk sekop beling yang tajam untuk menggali tanah keras, sekop pipih yang digunakan untuk meratakan tanah atau bahan konstruksi, dan sekop pancing yang memiliki sudut lebar dan digunakan untuk mengangkut material.

Bor

Bor adalah perkakas yang digunakan untuk membuat lubang pada berbagai jenis material seperti kayu, logam, atau plastik. Penggunaan bor sangat umum dalam konstruksi, kerajinan, dan proyek perbaikan rumah.

Kuas

Perkakas Tangan yaitu Kuas

Kuas adalah alat berbulu yang digunakan untuk melukis, mengoleskan cat, atau membersihkan permukaan. Kuas tersedia dalam berbagai ukuran dan jenis bulu, sesuai dengan kebutuhan aplikasinya.

Penyiku

Perkakas Tangan yaitu Penyiku
 

Penyiku adalah perkakas untuk memeriksa ketegaklurusan dan kesikuan suatu benda, memeriksa kesejajaran garis dan membantu dalam membuat garis pada benda kerja. Jenis penyiku hanya satu seperti pada gambar tapi dengan banyak fitur yang berbeda-beda sesuai dengan pabrikannya. Ada yang sudutnya bisa ditekuk, ada yang menggunakan laser dalam pengukurannya, dan lainnya

Bagaimana? Sekarang sudah tahu jenis dan manfaat perkakas tangan yang ada, bukan?

Itulah penjelasan bermacam jenis dan fungsi perkakas. Setiap perkakas tersebut mempunyai jenis dan fungsi yang berbeda-beda. Untuk memasang paku digunakan palu, untuk memotong kayu digunakan gergaji. Pastikan memakai perkakas sesuai dengan fungsinya, ya. Jangan sampai menggunakan palu untuk memotong kayu. Harga perkakas tersebut juga bervariasi, loh. Mulai puluhan ribu sampai jutaan rupiah.

Setiap menggunakan perkakas pertukangan harus menggunakan juga standar keamanan kerja seperti memakai kacamata, sarung tangan, helm proyek, dan lainnya agar tetap aman saat menggunakan perkakas tersebut.

Dapatkan berbagai macam perkakas tangan di Vinindo Corporation. Kami menyediakan alat pertukangan dengan kualitas terbaik. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

Related Articles

Share this article
BACK