01 Sep 2021

Cara Memasang Kunci Jendela Kayu dengan Mudah

Cara Memasang Kunci Jendela Kayu dengan Mudah

Mengetahui cara memasang kunci jendela kayu yang benar sangat dibutuhkan oleh para pemilik rumah agar tidak perlu memanggil tukang. Proses pengerjaannya juga cukup mudah karena bahan-bahannya mudah ditemukan di toko.

Jendela sendiri memiliki arti penting dalam rumah karena menjadi sirkulasi udara, sekaligus mempercantik tampilan dari sebuah bangunan. Meski demikian, keberadaannya juga harus dilengkapi dengan pengunci agar aman dari tindak kejahatan.

Cara Memasang Kunci Jendela Kayu yang Baik dan Benar

Jendela dari bahan kayu tergolong sangat fleksibel untuk dipasangi berbagai model pengunci karena teksturnya yang lunak. Ada beberapa langkah untuk mengerjakan proses pemasangan tersebut seperti ulasan di bawah berikut ini.

  1. Persiapkan bahan dan alat yang diperlukan

Sebelum memulai proses pengerjaan, Anda sebaiknya menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dulu seperti kunci jendela, obeng, baut, pensil, meteran, dan bor listrik. Pastikan semuanya terkumpul dan siap untuk digunakan.

Khusus untuk pengunci jendela, Anda bisa memilih dari bahan stainless steel atau plastik sesuai dengan kebutuhan. Tapi jika profil kayu tergolong keras dan berat, sebaiknya menggunakan pengunci berbahan besi baja.

  1. Pastikan lokasi untuk lubang kunci sudah ditandai

Cara memasang kunci jendela kayu akan berjalan dengan cepat jika posisi lubang telah ditandai. Hal ini sangat berguna agar Anda bisa menghemat waktu saat pengerjaan dan hasilnya cenderung lebih presisi.

Pastikan semua jendela yang akan dipasangi kunci telah ditandai terlebih dulu agar proses pengerjaannya lebih cepat dan efisien. Anda cukup memberi tanda dengan pensil pada bagian-bagian terpilih untuk kemudian dilubangi.

  1. Mulai proses pengerjaan dengan melubangi bagian yang ditandai

Langkah selanjutnya adalah memulai proses pengerjaan dengan melubangi bagian-bagian kayu yang telah ditandai. Usahakan agar proses saat menandai benar-benar diukur, agar posisi kunci bisa terpasang secara tepat dan presisi.

Secara umum, pengunci jendela tersebut biasa dipasang di bagian tengah maupun samping kanan dan kiri sesuai dengan kebutuhan. Gunakan bor listrik agar proses melubangi permukaan kayu bisa dilakukan dengan cepat.

  1. Pasang bagian-bagian penting seperti baut dan kunci utama

Cara memasang kunci jendela kayu bisa dimulai setelah semuanya proses di atas telah dilakukan. Proses berikutnya adalah memasang bagian-bagian penting seperti baut dan kelengkapannya, pada bagian kayu yang telah dilubangi.

Anda bisa memasang bagian-bagian tersebut satu per satu dengan menggunakan obeng plus atau minus, sesuai dengan model baut yang digunakan. Pastikan proses pemasangan tersebut bisa berjalan dengan baik tanpa kerusakan.

  1. Uji coba proses penguncian dan pastikan berfungsi dengan baik

Setelah pengunci terpasang pada jendela kayu, Anda bisa mencobanya dengan cara membuka dan menutup. Setelah itu, kaitkan pengunci hingga dirasa benar-benar mampu mengunci jendela dengan baik sesuai dengan kebutuhan.

Kunci yang baik biasanya mampu memberikan proteksi pada jendela karena bisa terkunci dengan erat. Jika Anda telah merasakan hal tersebut, proses pemasangan kunci berarti telah berhasil dikerjakan dengan baik.

Pilihan Jenis Kunci Pintu untuk Jendela Kayu

Mengetahui cara memasang kunci jendela kayu belum cukup tanpa mengerti jenis kunci yang digunakan. Setidaknya ada beberapa model pengunci populer dari bahan-bahan seperti plastik, stainless steel, hingga besi baja.

  1. Model tuas dari bahan stainless steel

Model tuas untuk mengunci jendela termasuk jenis yang paling umum digunakan. Cara pengoperasiannya juga tergolong sangat mudah karena hanya menggeser dari atas ke bawah untuk menutup dan membuka kunci.

Bahan dari tuas tersebut biasa ditemui terbuat dari stainless steel yang kokoh dan tidak mudah patah. Jika Anda tertarik, kunci model ini terdiri dari gagang tuas dan lempengan sebagai pengunci.

  1. Kunci dengan rantai pengait

Cara memasang kunci jendela kayu dengan pengait dan rantai besi sangat mudah karena Anda tinggal memasangnya dari ujung satu ke bagian lainnya. Model satu ini sangat populer di luar negeri.

Rantai tersebut hanya memiliki panjang sekitar 15 sentimeter dengan ujung yang dikaitkan pada kusen dan daun jendela. Bagi penyuka desain pengunci tanpa tuas, desain satu ini cocok untuk diaplikasikan.

  1. Bentuk monkey tail berbahan besi

Pengunci dengan model monkey tail termasuk salah satu kunci jendela yang bercorak klasik dengan tuas memanjang dan melengkung di bagian ujung. Sangat cocok jika diaplikasikan pada kusen dari bahan kayu.

Salah satu keunggulan dari model monkey tail ini adalah bahannya sangat kokoh karena terbuat dari besi. Karena bentuknya yang unik, jendela pengguna kunci jenis tersebut akan memancarkan aura klasik,

  1. Kunci jendela model spring knife

Model spring knife termasuk salah satu pengunci yang populer digunakan untuk skala rumahan hingga perkantoran. Modelnya tergolong minimalis dan mudah dipasang di bahan apapun sehingga sangat disukai oleh banyak orang.

Selain itu, model spring knife juga mudah ditemui di toko bangunan dan harganya sangat terjangkau. Desainnya terbilang kokoh dengan rumah dari besi dan kait pengunci yang didorong menggunakan pegas spiral.

Memasang pengunci memang sangat diperlukan demi menjaga keamanan dari tindak kejahatan. Oleh sebab itu, Anda harus menguasai cara memasang kunci jendela kayu yang baik dan benar seperti langkah-langkah di atas.

Dapatkan berbagai macam kunci jendela kayu dengan beraneka ragam desain dan model di Vinindo Corporation. Selain kunci jendela kayu, kami juga menyediakan door pull, kunci pintu, pegangan pintu, bodi kunci dan aksesorisnya. Segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

 

Related Articles

Share this article
BACK