23 Nov 2021

Wajib Diketahui! Ini 18 Perkakas Tukang Bangunan yang Penting

Wajib Diketahui! Ini 18 Perkakas Tukang Bangunan yang Penting

Ada banyak perkakas pertukangan yang memiliki fungsi dan cara penggunaan yang berbeda-beda. Jika Anda ingin membeli perkakas pertukangan ada baiknya untuk mengetahui jenis dan bentuknya terlebih dahulu agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut beberapa perkakas pertukangan yang bisa Anda simak.

1. Bor Mesin

Alat ini berfungsi untuk membuat lubang pada berbagai media seperti tembok, kayu, dan besi. Mata bornya juga bisa diganti sesuai dengan kebutuhan.

2. Gerinda Tangan

Gerinda/grinda merupakan perkakas pertukangan sang penting untuk memotong segala bahan seperti kayu, besi, dan keramik. Dengan mengganti mata gerinda tersebut Anda akan mendapatkan fungsi lainnya yaitu menghaluskan permukaan benda.

3. Mesin Ketam / Serutan Kayu

Ketam sering dijumpai pada industri kayu. Kegunaannya yaitu untuk menyerut permukaan kayu yang kasar sampai halus. Biasanya penggunaannya dikombinasikan dengan amplas manual untuk mendapatkan tekstur yang sangat halus.

4. Palu

Palu merupakan perkakas yang digunakan untuk memasang dan mencabut paku dari berbagai permukaan. Fungsi lainnya untuk menghancurkan tembok, batu, dan benda keras lainnya. Anda dapat memilikinya hanya dengan harga mulai dari Rp10.000,00

5. Tangga Lipat Aluminium

Agar lebih praktis penggunaannya dibuatlah versi lipat dari tangga. Fungsinya juga sedikit berbeda dari tangga lainnya. Biasanya, tangga jenis ini untuk pemakaian dalam ruangan seperti memasang lampu.

6. Gergaji

Gergaji merupakan perkakas yang digunakan untuk memotong bahan berupa kayu, besi, dan PVC. Ada banyak jenis dari gergaji yang mempunyai kegunaan berbeda-beda. Sesuaikan dengan penggunaan Anda sebelum membelinya.

7. Obeng

Perkakas Obeng ini sering digunakan oleh tukang kelistrikan rumah. Fungsinya terdapat bermacam-macam seperti untuk membaut, mencongkel, dan lain sebagainya.

8. Tang

Tang umumnya berfungsi sebagai alat pengencang baut yang kendor. Terdapat bermacam jenis tang sesuai dengan fungsinya masing-masing. Tang yang sering ada disekitar kita berjenis tang kombinasi.

9. Kunci Inggris

Fungsi utama kunci inggris adalah untuk mengencangkan mur yang kendor. Terdapat spiral yang bisa diatur untuk berbagai jenis ukuran mur sesuai penggunaannya.

10. Kapak

Kapak tentunya digunakan untuk memotong kayu menjadi beberapa bagian kecil. Di luar negeri mereka menggunakannya untuk keperluan kayu bakar di musim dingin. Di indonesia sendiri banyak digunakan oleh para pengrajin kayu untuk membuat patung.

11. Sekop

Sekop berfungsi sebagai perkakas untuk memindahkan adonan semen ke dalam ember atau memindahkan pasir saat pembangunan rumah. Cara menggunakannya cukup mudah hanya dengan memegang ujung sekop dan lehernya. Kemudian, ayunkan sampai pasir terkumpul di tengah sekop

12.Cetok / Sendok Semen

Cetok atau sendok semen umumnya digunakan tukang untuk meratakan acian pada tembok. Bisa juga digunakan untuk bercocok tanam. Fungsinya berbeda-beda tergantung jenisnya.

13. Mata Gergaji Besi

Sesuai namanya mata gergaji besi digunakan untuk memotong besi yang tidak bisa dilakukan oleh gergaji biasanya. Gergaji untuk mata ini yang digunakan juga berbeda. Bentuknya lebih kecil mirip seperti huruf “U”.

14. Cangkul

Perkakas ini digunakan untuk menggali tanah, menimbun, dan bercocok tanam. Car menggunakannya juga sangat mudah.

15. Meteran

Meteran berfungsi untuk mengukur segala benda dengan ketelitian yang cukup bagi tukang bangunan.

16. Tool Box

Tool box berisi segala macam perkakas yang dikemas dalam satu wadah praktis. Sering digunakan oleh teknisi listrik dan interior rumah.

17. Volt/Ohmmeter

Perkakas ini berfungsi untuk mengukur besaran arus listrik pada suatu rangkaian listrik.

18. Kacamata Pengaman (Googles)

Kacamata ini merupakan standar keamanan dalam bertukang agar mata kita tetap aman terhindar dari partikel-partikel bangunan.

Waw, ternyata ada banyak jenis perkakas pertukangan, ya. Tukang bangunan, teralis, listrik, genteng, dan lainnya wajib untuk mengetahui fungsi, cara, dan jenis dari perkakas tersebut agar tidak salah penggunaannya.

Ingat selalu untuk menggunakan standar keamanan yang berlaku dan mematuhi peraturan dalam penggunaan perkakas pertukangan agar tidak terjadi kecelakaan kerja. Jika terjadi kecelakaan segera lakukan pertolongan pertama terlebih dahulu selanjutnya hubungi dokter secepat mungkin. Gunakan perkakas sesuai fungsinya dan jangan memodifikasi karena sangat berbahaya untuk digunakan. Mulai sekarang jangan sampai salah lagi untuk membedakannya, ya. Semoga bermanfaat!

Vinindo Corporation menjual berbagai macam gergaji potong yang kokoh dengan berbagai macam model. Selain gergaji potong, kami juga menyediakan alat pertukangan lainnya. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

Related Articles

Share this article
BACK