01 Sep 2021

Inspirasi 39+ Cara Pasang Slot Pintu Tanam dengan Mudah

Inspirasi 39+ Cara Pasang Slot Pintu Tanam dengan Mudah

Ada inspirasi 39+ cara pasang slot pintu tanam. Memasangnya sendiri tidak sesulit kelihatannya. Dapat dipastikan, setiap orang akan bisa memasangnya sendiri jika berani mencobanya. Yang jadi masalah justru kebanyakan orang tidak berani mencoba.

Kunci dari pemasangan slot pintu sendiri adalah kehati-hatian. Selalu ingat bahwa pintu yang ada dipasangi slot tanam berbahan dasar kayu. Itu karena, pintu selain kayu tidak mungkin dipasangi slot tanam. Pintu kayu memang memiliki kekuatan yang luar biasa.

Namun ketika sudah dipahat dan rusak, kondisinya tidak bisa dikembalikan seperti semula. Oleh sebab itu, proses pemahatan perlu dilakukan dengan benar.

Jika pemahatan asal dan slot longgar, kunci yang dipasang tidak akan berfungsi optimal. Ini jelas akan menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan.

Inspirasi 39+ Cara Pasang Slot Pintu Tanam

Untuk memasang slot pintu, ada beberapa tahapan yang harus dilewati. Tahapan ini sangat penting dalam inspirasi 39+ cara memasang slot pintu tanam.

Jika tahapan ini tidak dilewati, pemasangan ini tidak bisa dijalankan. Oleh sebab itu, berikut rincian dari setiap tahapannya :

  1. Tandai

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menandai pintu. Ketika pertama dibeli, pintu pasti berada pada kondisi mulus. Setiap sisi memiliki kerapatan sempurna. Hal ini jelas tidak memungkinkan untuk pemasangan slot.

Untuk memasang slot, pintu perlu dilubangi terlebih dahulu. namun ingat, melubanginya tidak boleh asal. Pastikan lubang dan slot memiliki ukuran yang sama besar. Oleh sebab itu, menandai adalah hal wajib.

Saat menandai, pastikan slot pintu sudah tegak lurus ke atas. Pastikan juga slot tersebut memang menempel ke bagian paling atas. Jangan sisakan ruang karena hal tersebut hanya akan mempersulit proses pemasangan. 

Selain itu, sisa tersebut juga akan membuat proses pemangkasan menjadi lebih sulit. Saat melubangi juga, perhatikan ketebalan dari pintu tersebut. 

Pastikan lubang tersebut memiliki ketebalan sempurna. Sesuaikan ketebalannya dengan ketebalan slot itu sendiri. Jika bisa, ukurlah ketebalan ini sejak dari awal.

  1. Lubangi Tanda

Selanjutnya adalah melubangi tanda. Inilah poin paling vital dari inspirasi 39+ cara pasang slot pintu tanam. Ketika memasang slot pintu, jangan melakukan kesalahan dengan melubangi dengan tidak mengacu pada tanda.

Biasanya kebiasaan buruk ini dilakukan karena proses melubangi pintu ingin dilakukan secara cepat. Sadar tidak sadar, mengikuti lubang memang memperlambat proses.

Jika tidak ada alat bantu lain, menggunakan alat pahat saja sebenarnya sudah cukup. Namun prosesnya memang sedikit lebih lama.

  1. Pasang Slot

Sekarang waktunya untuk memasang slot. Ketika proses pemasangan dilakukan, seseorang biasanya akan merasa bahwa tanda yang sebelumnya dibuat terlalu kecil. Perasaan tersebut adalah hal normal dalam inspirasi 39+ cara pasang slot pintu tanam. 

Namun intinya, jangan ikuti perasaan tersebut. Pemasangan memang tidak akan bisa dilakukan secara langsung. Dibutuhkan palu kecil untuk membantu proses pemasangan.

Simpan slot pintu di posisi yang siap untuk dipasang. Setelah itu, gunakan palu kecil untuk mengetuk-ngetuk slot tersebut. Biarkan kondisinya masuk sedikit demi sedikit. Tenanglah ketika proses pemasangan tersebut terus saja ketuk hingga mencapai ujung.

Namun ingat, penggunaan palu sebagai alat bantu bukan berfungsi untuk memaksakan masuknya slot. Jika pengetukan secara perlahan tidak membuat slot masuk, jangan paksakan dengan mengetuknya secara keras.

Jauh lebih baik jika membuka slot dan memahatnya kembali. Ini biasanya terjadi karena penandaan yang dilakukan di awal ternyata tidak pas.

  1. Kencangkan Baut

Pemasangan baut adalah hal terakhir yang bisa dilakukan. Pemasangan baut sendiri dilakukan seperti biasa yaitu menggunakan obeng. Selalu ingat kalau pemasangan baut ini tidak bisa dilakukan berkali-kali. Pemasangannya hanya bisa dilakukan sekali.

Oleh sebab itu, pastikan kalau slot sudah terpasang sempurna sebelum baut di pasang. Pemasang sendiri tidak perlu membuat lubang khusus untuk baut. Nantinya, kayu akan terlubangi sendiri ketika baut dipasang memakai obeng. 

Normalnya, proses ini akan terasa cukup sulit. Itu karena, kayu memang tidak mudah untuk dilubangi. Terlebih lagi jika kayu yang digunakan memiliki kualitas tinggi seperti jati. Berusahalah ketika melubanginya.

  1. Lakukan Cara Serupa

Selalu ingat bahwa inspirasi 39+ cara pasang slot pintu tanam tidak hanya dilakukan untuk bagian atas. Pemasangannya juga perlu dilakukan pada bagian bawah. Biasanya, bagian bawah memiliki ukuran yang lebih kecil dari bagian atas. 

Oleh sebab itu, perhatikan hal ini ketika menandainya. Jangan sampai menggunakan slot bagian atas ketika menandai lubang slot di bagian bawah. Nantinya lubang tersebut pasti terlalu kecil.

Untuk tahapan lainnya, ikuti saja setiap proses seperti yang dijelaskan di atas. Satu mungkin yang perlu diperhatikan, slot pada bagian bawah perlu memiliki kerapatan sempurna di angka 100 persen.

Itu karena, slot bagian bawah tidak akan ditopang oleh kayu di bawahnya. Jika tidak rapat, slot tersebut akan jatuh ke bawah pintu.

Jangan sampai berperilaku asal dan tidak siap belajar. Pelajarilah setiap hal dengan sebaik mungkin. Kemauan untuk belajar itulah yang akan menjadikan inspirasi 39+ cara pasang slot pintu tanam ini memberikan hasil maksimal.

Vinindo Corporation merupakan spesialis slot pintu tanam di Surabaya. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Segera hubungi kami untuk mendapatkan door stop terbaik.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

 

Related Articles

Share this article
BACK