26 May 2022

Beragam Tips Dekorasi Rumah yang Hemat Budget

Beragam Tips Dekorasi Rumah yang Hemat Budget

Banyak orang berharap mempunyai rumah pribadi, baik sebelum atau sesudah menikah. Walaupun ukurannya tidak terlalu luas, ada kebanggaan tersendiri ketika berhasil membangun rumah dari hasil kerja keras.

Sesudah memiliki rumah, hal penting yang selanjutnya dipikirkan adalah mengenai dekorasi. Banyak orang mengurungkan niat untuk melakukan dekorasi dengan alasan budget minim. Padahal dengan budget minim Anda bisa tetap mendekorasi ruangan, caranya sebagai berikut.

Cara Dekorasi Ruangan Supaya Tampak Mewah Bila Mempunyai Budget Minim

Dekorasi ruangan merupakan kegiatan menghias ruangan agar tampak lebih indah, menarik dan memberikan kenyamanan. Supaya tampak mewah, dekor ruangan tidak harus mengeluarkan budget besar. Beberapa tips atau cara ini bisa Anda coba terapkan:

1. Memanfaatkan yang Dimiliki

Salah satu aspek penentu tampilan ruangan adalah barang-barang di dalamnya. Tidak harus membeli baru karena Anda bisa memanfaatkan barang yang sudah dimiliki. Tampilan mewah tergantung dari penyusunan tata letak dari barang tersebut.

2. Hemat Budget Mengecat Dinding

Supaya menghemat budget pada proses pengecatan dinding, tentukan terlebih dahulu bagian ruangan mana saja yang ingin diubah. Pilih produk cat berharga terjangkau, namun tetap awet dan berkualitas. Mengecat sendiri juga merupakan upaya menghemat budget.

3. Membuat Tampilan Kelas Atas Menggunakan Warna

Pakai perpaduan warna yang pas untuk membuat tampilan kelas atas. Dekorasi bertema graphical pop warna cerah bisa menjadi salah satu rekomendasi perpaduan menarik dan memberikan kesan menyenangkan. Inspirasi lainnya bisa Anda cari di internet.

4. Pakai Warna Senada di Seluruh Ruangan

Di seluruh ruangan, Anda bisa memakai warna dinding senada. Bila ingin menggunakan lebih dari satu warna, usahakan serasi dan menyatu. Pilih jenis warna yang tidak terlalu mencolok supaya lebih mudah memadu padankan komponen atau hiasan.

Simak: Cara Dekor Ruangan Mewah dengan Budget Minim

Ide Dekorasi untuk Ruang Tamu Minimalis

Salah satu ruangan yang memiliki peran penting di dalam rumah adalah ruang tamu. Sebab, di ruangan ini akan menentukan tamu betah dan merasa senang berkunjung kembali ke rumah Anda atau malah sebaliknya.

Alasan inilah yang membuat tampilan ruang tamu sebaiknya benar-benar diperhatikan. Ada banyak ide dekorasi untuk ruang tamu berjenis minimalis bisa Anda jadikan referensi. Salah satunya sesuaikan ukuran dari furniture dengan luas ruang tamu.

Ukuran furniture terlalu besar bisa mengganggu tampilan ruang tamu. Selain ukuran, Anda juga perlu mempertimbangkan model modern dan warna simple. Ide lainnya, gunakan perabot multifungsi supaya barang-barang tersimpan dengan baik.

Simak ide-ide menarik lainnya pada artikel berikut ini, Ide Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Terbaru

Dekorasi Ruang Tamu yang Menarik serta Kekinian

Desain ruang tamu bisa dibuat menarik dan kekinian, menyesuaikan dengan selera masing-masing. Sebelum mendekor ruang tamu, sebaiknya Anda menentukan akan dibuat dengan konsep seperti apa, apakah modern, klasik, formal atau santai.

Ada berbagai tips dekorasi atau penataan ruang tamu kekinian dan menarik yang bisa Anda coba implementasikan. Tips pertama, pilih konsep ruangan dengan jenis warna pastel supaya memberikan nuansa kalem.

Bukan hanya cat dindingnya saja yang berwarna pastel, tapi juga furniture. Anda juga bisa menambahkan aksesori seperti vas bunga atau patung. Tips kedua, gunakan tirai pemanis ruangan bermotif floral untuk dinding polos atau tirai polos untuk dinding yang ramai.

Simak dekorasi menarik serta kekinian lainnya pada artikel berikut ini, 5 Dekorasi Ruang Tamu Menarik dan Kekinian

Ide yang Membuat Kamar Tidur Menjadi Terasa Lebih Nyaman

Bukan hanya ruang tamu, menghias kamar tidur juga tidak kalah penting dilakukan. Kamar tidur adalah ruangan yang akan dijadikan tempat istirahat terutama pada malam hari. Kamar nyaman akan membuat tidur menjadi lebih berkualitas.

Bila tidur berkualitas, dalam menjalani hari-hari akan terasa lebih semangat dan gembira. Tidak dapat dipungkiri bahwa nuansa ruangan berpengaruh terhadap mood seseorang. Terdapat berbagai ide yang membuat kamar tidur menjadi terasa lebih nyaman.

Salah satu idenya perhatikan pencahayaan matahari yang masuk ke dalam ruangan. Pastikan cahaya cukup, tidak lembab serta tidak langsung terkena sinar matahari. Ide lainnya, perhatikan sirkulasi udara karena sangat berperan penting untuk kesehatan dan keamanan kamar tidur.

Penting dipahami bahwa sirkulasi udara tidak sehat bisa menimbulkan dampak buruk terhadap kesehatan pengguna kamar. Kamar lembab juga lebih rentan dihinggapi sarang penyakit.

Untuk mengetahui ide-dide lainnya, simak ulasan pada artikel berikut 7 Ide Luar Biasa Membuat Kamar Tidur Menjadi Nyaman

Beberapa Elemen yang Membuat Kamar Tidur Tampak Mewah

Kamar tidur akan menentukan kenyamanan, sehingga perlu di dekorasi dengan desain yang tepat. Selain menentukan kenyamanan juga akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Sebab, tidur berkualitas dipengaruhi oleh ruangan yang dipakai, apakah bersih dan nyaman atau tidak.

Bukanlah hal sulit untuk membuat kamar tidur tampak mewah. Anda hanya perlu menambahkan berbagai elemen pendukung. Salah satu elemennya yaitu pilih tema netral. Ciri ruangan mewah yaitu warna yang dipakai serasi dan tampak mahal.

Beberapa warna netral bisa Anda pakai, seperti hitam, putih serta cream. Beragam ide tema bisa Anda cari di internet, akan ada banyak pilihan di sana, sesuaikan saja desainnya dengan selera. Jangan lupa mengkombinasikan dengan furniture berwarna kompatibel.

Elemen lainnya adalah mengganti motif bantal dan seprai. Pilih motif yang tidak menyilaukan mata, bisa berupa coretan abstrak atau netral garis-garis. Mengganti bagian ini bukan hanya menjadikan tampilan lebih mewah tapi juga berdampak terhadap kesehatan serta kenyamanan.

Temukan eleman lainnya, agar kamar tidurmu menjadi lebih mewah pada artikel berikut ini, Buat Kamar Tidur Anda Mewah dengan Elemen Ini

Bahan yang Dapat Dipakai untuk Pembuatan Pot Gantung

Pot gantung merupakan salah satu solusi terbaik bagi Anda yang menginginkan penanaman tanaman sebagai hiasan rumah tapi memiliki lahan sempit. Manfaatnya bukan hanya menghemat ruangan tapi juga memberikan tampilan menjadi lebih cantik.

Apalagi bila Anda meletakkannya di dalam rumah, suasana akan menjadi lebih sejuk. Sebenarnya bukan hanya pot saja yang bisa dimanfaatkan untuk membuat konsep bertanam satu ini. Beberapa bahan ini bisa dipakai untuk membuat pot gantung:

1. Wadah atau Toples Selai Bekas

Salah satu barang bekas untuk membuat pot gantung yaitu wadah atau toples selai. Peralatan yang dibutuhkan adalah toples selai bekas, tali, cat akrilik, stiker dan gunting.

Caranya, lubangi sisi kanan dan kiri toples memakai gunting, bila berbahan kaca, lubangi dengan bor. Lanjutkan dengan memasukkan tali sebagai penggantung toples pada kedua lubang tersebut. Supaya lebih cantik, pakai stiker atau cat akrilik untuk menghias toples. 

2. Pot Terakota

Benda berikutnya adalah pot terakota, yaitu pot berbahan tanah liat. Bahannya, pot terakota, tali dan gunting. Caranya, ambil tali sebagai penggantung nantinya, buat simpul yang dimulai dari bawah.

Pakai simpul spiral dan persegi supaya lebih kuat. Bila simpul sudah terbentuk sempurna, gunakan untuk membungkus pot dan pastikan seimbang supaya tanaman tidak jatuh.

3. Kaleng Aluminium

Bahan terakhir yaitu kaleng aluminium. Siapkan kaleng aluminium, spidol, karton, tali, baking soda, air panas secukupnya dan pilok sesuai keinginan. Caranya, cuci bersih kaleng memakai air panas, manfaatkan gunting dan spons supaya mudah.

Kemudian cat memakai pilox dan tunggu sampai kering. Tuliskan nama tanaman memakai spidol pada kaleng, ikatkan tali dua lingkar pada kaleng. Supaya tali kuat, ulangi langkah ini, lalu Anda bisa memasukkan tanaman.

Jadi, bagi Anda yang ingin menghias rumah tapi minim ruangan, pot gantung ini bisa menjadi solusi. Terbukti sudah bahwa mendekorasi rumah itu tidak harus mengeluarkan biaya mahal, asalkan memahami triknya.
Simak: Cara Membuat Pot Gantung

Percayakan kebutuhan alat pertukangan Anda di Vinindo Corporation. Kami menjual berbagai macam alat pertukangan dengan berbagai macam model. Kami merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021 sehingga produk yang kami tawarkan tidak dapat diragukan lagi kualitasnya. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Related Articles

Share this article
BACK