04 Nov 2021

5 Tips dan Ide Menarik Renovasi Rumah di tahun 2021

5 Tips dan Ide Menarik Renovasi Rumah di tahun 2021

Rumah yang nyaman dan aman merupakan semua impian orang begitu juga Anda. Untuk mewujudkan impian tersebut dibutuhkan keahlian dan kreativitas tinggi agar rumah yang Anda renovasi dapat sesuai harapan. Rumah yang nyaman dan aman juga meningkatkan nilai investasi jualnya.

Sebelum merenovasi rumah ada baiknya Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan renovasi rumah? Yuk, simak penjelasannya.

Apa Itu Renovasi Rumah?

Renovasi rumah adalah suatu upaya untuk memperbaiki fisik rumah atau membangun ulang bangunan yang dianggap rusak. Renovasi rumah terdiri dari mayor dan minor dikatakan mayor karena terdapat banyak perbaikan yang dilakukan. Sedangkan minor hanya sedikit perbaikan yang dilakukan.

Tips Memilih Kontraktor Terbaik untuk Renovasi Rumah Anda

Sebagai orang awam yang tidak mengetahui ilmu bangunan ada baiknya Anda memerlukan bantuan kontraktor. Diskusikan dengannya keperluan apa saja yang Anda inginkan dan rancang bersama RAB renovasi rumah Anda agar tidak terjadi pengeluaran yang menggelembung sehingga renovasi rumah Anda mangkrak. Berikut beberapa tips memilih kontraktor terbaik untuk renovasi rumah Anda.

  • Mintalah Rekomendasi Tetangga atau Kerabat Kepercayaan Anda

Tips renovasi rumah yang pertama adalah meminta bantuan dalam mencari kontraktor yang tepat kepada tetangga atau kerabat Anda. Barangkali ada tetangga atau kerabat yang telah merenovasi rumah dan hasilnya bagus bisa Anda minta kontak kontraktornya.

  • Carilah Rekomendasi di Internet

Gunakan mesin pencari Google untuk menemukan kontraktor terbaik bagi rumah Anda. Pilihlah yang telah memiliki review bagus dan dengan harga yang kompetitif.

  • Menghubungi Langsung Kontraktor

Setelah mendapatkan kontak kontraktor segera hubungi dan diskusikan keperluan Anda. Pertimbangkan juga anggaran yang ingin Anda gunakan.

  • Membeli Material Secara Bertahap

Membeli material secara bertahap mengurangi potensi dicurinya material tersebut. Pastikan list kebutuhan material secara teliti.

  • Pantau Perkembangan Renovasi

Sebagai pemilik properti Anda harus memantau secara langsung perkembangan renovasi agar sesuai dengan rancangan yang telah Anda buat. Apabila ada ketidakcocokan segera konsultasikan kepada tukang dan kontraktor Anda.

Ide Menarik Renovasi Rumah

Saat ingin merenovasi rumah pasti Anda kebingungan dengan gaya ataupun dekorasi yang akan digunakan pada rumah Anda, bukan? Anak menginginkan tema hewan-hewan, istri menginginkan tema bunga-bunga, begitu juga Anda yang menginginkan tema berbeda. Daripada ribut lebih baik simak beberapa ide berikut sebagai inspirasi menarik renovasi rumah untuk Anda.

  • Menghias Pintu

Anda dapat menambahkan hiasan berupa gantungan pintu, papan nama, dan lain sebagainya sesuai minat Anda dan keluarga. Tidak perlu membelinya, cukup gunakan kain dan kardus bekas kemudian kreasikan semenarik mungkin.

  • Mengganti Cat Dinding dengan yang Baru

Bermodalkan sekaleng cat saja suasana rumah dapat berubah drastis. Sesuaikan warna cat dengan furniture yang ada di rumah Anda agar tidak terlihat aneh.

  • Tambahkan Detail Wallpaper di Dinding Rumah Anda

Apabila menginginkan corak dan kesan mewah Anda dapat menggunakan wallpaper di dinding rumah. Penggunaan wallpaper juga harus diperhatikan karena lem yang merekat bisa merusak dinding apabila sudah terlampau lama menempel.

  • Dekorasikan Rumah Anda dengan Furniture

Pemilihan model furniture sangat mempengaruhi keindahan rumah. Anda dapat mengganti furniture lama dengan yang baru atau mendekorasikan dengan beberapa hal lain yang terdapat di rumah anda seperti karpet, lampu gantung, dan hiasan rumah.

Bagaimana? Apakah tips dan idenya menarik, bukan? Sesimpel dan semudah itu!

Di beberapa daerah harga yang harus dibayarkan untuk merenovasi rumah akan berbeda-beda juga tergantung kesulitan permintaan, stok material, dan lain sebagainya. Lakukan riset mendalam sebelum merenovasi rumah. Pikirkan secara matang dan siapkan dana darurat tambahan untuk menanggulangi menggelembungnya rencana anggaran belanja (RAB) yang telah Anda buat.

Tetap pantau perkembangan renovasi rumah Anda setiap saat dan yang paling penting jika Anda menyewa jasa kontraktor pastikan telah membuat surat kesepakatan perjanjian bermaterai agar tidak terjadi kecurangan antara kontraktor dan Anda. Selamat merenovasi!

Jika Anda sudah mendapat pintu yang sesuai dengan desain rumah, jangan lupa menghias pintu anda dengan gagang pintu yang cocok. Untuk mendapatkan handle pintu / gagang pintu yang berkualitas. Selain handle pintu kami juga menyediakan berbagai macam door pull, kunci pintu, door closer, body kunci dan aksesorisnya. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021.

Related Articles

Share this article
BACK