04 Mar 2021

Cara Memperbaiki Handle Pintu

Cara Memperbaiki Handle Pintu

Tempat tinggal ataupun rumah tentunya merupakan sebuah istana bagi setiap pemilik maupun penghuninya. Pasalnya rumah adalah tempat untuk berlindung dari berbagai macam gangguan hewan buas maupun berbagai macam cuaca. Nah salah satu bagian pada rumah yang fungsinya penting adalah pintu.

Dimana melalui pintu, penghuni rumah bisa keluar maupun masuk serta bisa dijadikan sebagai jalan untuk memasuki satu ruang ke ruangan lainnya karena kerap kali dibuka dan ditutup. Umumnya pintu tersebut akan mengalami beberapa masalah yang memang sering terjadi, contohnya suara pintu berdecit, handle pintu yang sudah rusak maupun bermasalah dan lain sebagainya.

Lantas bagaimana apabila handle pintu rusak? Masalah tersebut tentunya mesti segera diatasi dengan cara memperbaikinya. Hal tersebut disebabkan karena handle pintu tersebut memiliki fungsi lain selain menjadi pegangan pintu, yaitu untuk mengunci pintu itu sendiri.

Banyak sekali cara memperbaiki handle pintu. Salah satunya adalah dengan menggunakan jasa yang memang ahli dalam memperbaiki pintu. Akan tetapi, apabila menurut anda hal tersebut tidak terlalu dibutuhkan, karena selain bisa atau dapat menambah pengeluaran, maka solusinya adalah dengan memperbaiki handle pintunya sendiri.

Kiat – Kiat Memperbaiki Handle Pintu

Tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk memperbaiki handle pintu secara mandiri, selain anda bisa menghemat pengeluaran juga anda bisa tahu bagaimana cara untuk memperbaikinya. Namun sebelum itu, persiapkan perkakas yang penting diperlukan seperti obeng, palu, pahat kayu, kaca mata pelindung dan perkakas lainnya yang menurut anda penting.

1 . Tahap 1

Hal pertama yang mesti anda lakukan adalah dengan melepaskan kedua skrup yang ada di permukaan plat bagian samping pada handle yang lama, caranya yaitu dengan memutarnya menggunakan obeng serta jangan lupa melepaskan sekrup yang terdapat di permukaan handle. Peganglah salah satu sisinya, hal tersebut dilakukan karena dengan begitu handle akan terasa longgar.

2 . Tahap 2

Cara memperbaiki handle pintu selanjutnya adalah dengan melepaskan handle yang sudah anda lepaskan. Nah  dari kedua sisi tersebut, anda tekan keluar plat kunci hingga terlepas dari lubang pintu, lalu kalian putarlah sekrup pada plat yang memang terdapat pada kusen pintu. Selain itu anda lepaskan plat tersebut.

3 . Tahap 3

Selanjutnya anda ukurlah kembali dengan plat handle yang baru anda beli. Hal tersebut supaya dapat dimasukkan ke tempat handle yang sudah ada. Apabila ukurannya terlalu sempit, maka anda bisa melebarkannya dengan menggunakan pahat kayu maupun palu. Setelah itu barulah tekan plat kunci yang baru tersebut kedalam lubang pintu.

Namun walaupun demikian anda harus memastikan bahwa rata dengan permukaan kayu serta sekruplah secara perlahan menggunakan obeng. Kemudian masukkan handle pintu yang baru tadi ke dalam lubang tersebut untuk disesuaikan dengan plat kunci. Kemudian pasang sekrup untuk sisi pada handle yang memang sudah dipasang serta pasang plat yang menempel pada kusen.

4 . Tahap 4

Apabila anda sudah berhasil dengan cara di poin sebelumnya, anda bisa mencoba untuk menggunakan pintu tersebut dengan cara menutup maupun membuka pintu secara berulang kali. Keberhasilan dari cara memperbaiki handle pintu ini ditandai dengan handle pada pintu tidak akan berbunyi keras pada saat digunakan baik itu membuka maupun menutup.

Selain itu handle pintu pun tidak akan lepas serta tidak akan copot pada saat digunakan. Catatan lain, apabila anda ingin supaya handle pintu tidak berdecit maupun berbunyi dan juga copot, maka anda harus melakukan penyekrupan dengan kuat. Dengan demikian masalah tersebut dapat teratasi dan tidak akan terjadi.

Perbaikan Gagang Pintu Membutuhkan Keterampilan dan Ketelitian Ekstra

Gagang pintu yang dol alias longgar merupakan salah satu jenis permasalahan yang sangat umum dijumpai. Untuk memperbaikinya, Anda membutuhkan beberapa peralatan sederhana seperti obeng dan pelat logam. Beberapa tahapan atau langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki gagang pintu tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Lepas gagang pintu yang rusak dengan membuka semua bagian sekrup hingga gagang dan rumah kunci terlepas dari daun pintu.

  2. Periksa dan amati kerusakan pada gagang pintu. Jika terlihat adanya kerusakan seperti karat, aus, dan longgar, Anda dapat menancapkan besi penghubung gagang pintu pada lubang kunci.

  3. Setelah itu, selipkan pelat logam di antara celah besi penghubung dan sisi lubang kunci. 

  4. Pastikan pelat logam terjepit dengan rapat agar besi penghubung tidak mudah bergerak dan kembali longgar.

  5. Terakhir, pasang kembali gagang pintu dan cobalah untuk menggerakkannya pintu. Jika dirasa masih kurang sesuai, Anda dapat mengulangi langkah-langkah sebelumnya dengan teliti hingga gagang pintu dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Gunakan Cairan Anti Karat untuk Memperbaiki Gagang Pintu yang Mendadak Macet

Masalah lain yang sering terjadi dan cukup membahayakan bagi penghuni rumah adalah macetnya kunci gagang pintu. Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengetuk lubang kunci pintu menggunakan cairan pembersih yang terbuat dari bahan anti karat. 

Alternatif lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan cairan pembersih anti karat atau juga dapat menggunakan cairan oli. Langkah-langkah penggunaannya adalah sebagai berikut. 

  1. Siapkan penjepit, gunting, atau tang berbahan aluminium yang akan digunakan sebagai penahan dan pengungkit.

  2. Kemudian, gunakan obeng untuk melepaskan sekrup pada sisi dalam kunci.

  3. Ganti kunci lama dengan baru yang memiliki ukuran dan bentuk yang sama.

  4. Pasang kunci baru dengan memasukkan batang besi pada lubang gagang pintu dan pasang kembali sekrup pada badan kunci.

  5. Pasang kembali gagang pintu dengan cara di sekrup dengan obeng.

Cara Memasang Handle Pintu dengan Benar untuk Pintu Kayu atau Kaca

Jadi, langkah apa saja yang perlu diperhatikan dalam melakukan pemasangan handle pintu secara baik dan benar. Berikut ini adalah pembahasannya.

  • Pilih Handle Pintu yang Tepat

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih handle pintu yang tepat. Lakukanlah peninjauan terhadap jenis handle pintu yang Anda pilih. Pilihlah handle pintu yang berkualitas dan nyaman digunakan.

  • Melakukan Pengukuran Terhadap Pegangan Pintu

Berikutnya, cara pemasangan handle pintu yang perlu dilakukan adalah pengukuran terhadap pegangan pintu. Pastikan Anda melakukan pengukuran dengan akurat agar ketinggian handle pintu dengan lantai memenuhi standar.

  • Tandai Dimana Pegangan Pintu Dipasang

Berikanlah tanda terhadap letak pemasangan menggunakan spidol dan sebagainya. Agar Anda dapat dengan mudah melubangi bagian tersebut menggunakan bor.

Itulah berbagai tahapan melakukan pemasangan handle pintu dengan baik dan benar. Nah, berbagai tahapan ini tentunya menjadi penting untuk diterapkan, serta dilakukan secara runtut dan sistematis untuk membentuk cara memperbaiki handle pintu secara maksimal.

Jika Anda tertarik menjelajahi informasi lebih lengkap, Anda dapat mengunjungi artikel berjudul Cara Memasang Handle Pintu dengan Benar untuk Pintu Kayu atau Kaca berikut.

Sesudah anda membaca sampai sini tentu menjadi lebih tahu kan ? Apabila memperbaiki handle pintu secara mandiri adalah sebuah kegiatan yang mudah untuk dilakukan, maka demikian baik itu pria dan wanita tentu dapat dengan mudah dalam memperbaiki handle pintu yang rusak.

Namun selain itu, anda juga bisa memperhatikan setiap tahap – tahap diatas tadi dengan cermat dan teliti. Hal tersebut supaya handle pintu yang akan diperbaiki nantinya tidak akan mengalami masalah atau kerusakan lagi.

Apabila anda dapat memperbaiki handle pintu sendiri tentunya anda tidak perlu mengeluarkan dana untuk menggunakan jasa tukang bukan? Anda bisa meluangkan waktu dari aktivitas sehari – hari untuk memperbaikinya apabila anda sudah mengerti cara memperbaiki handle pintu, hal tersebut bisa menjadi sebuah kegiatan yang menarik untuk dilakukan.

Mungkin beberapa dari anda baru melakukan hal ini sebagai catatan, supaya handle pintu tidak akan mengalami kerusakan, maka anda bisa melakukan pencegahan dengan tidak menggunakannya dengan keras.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai cara memperbaiki handle pintu. Semoga dengan adanya hal ini bisa menjadi solusi bagi anda yang membutuhkan cara – cara diatas tadi.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

Related Articles

Share this article
BACK