29 Dec 2020 Cara Membuka Pintu ketika Kehilangan Kunci Pintu

Cara Membuka Pintu ketika Kehilangan Kunci Pintu

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai cara membuka pintu ini diberikan hanya sebagai bantuan dan tidak ditujukan untuk penggunaan yang jahat. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi. Hubungi kami sebagai distributor gembok pintu untuk kebutuhan anda.

Sebagai pemilik, penting untuk mengetahui cara membuka pintu ketika kehilangan kunci. Meskipun masalah tersebut jarang terjadi, tapi tetap aja ada kemungkinan. Kebanyakan orang pasti akan menjadi panik. Padahal, kepanikan justru akan membuat Anda tidak bisa berpikir secara jernih. Kekesalan sangat tidak direkomendasikan. 

Bayangkan jika masalah diatas sudah menjadi masalah yang terjadi, apa yang akan Anda pikirkan? Kebanyakan pasti akan langsung bertindak dengan cara merusak kunci. Jika belum berhasil, mungkin mendobrak pintu adalah hal lain yang terlintas. Selain sulit dan bisa menimbulkan kecelakaan, justru melakukan perusakan akan membuat Anda rugi.

Bayangkan saja, setelah itu Anda harus membeli pintu yang baru. Pengeluaran pun akan bertambah bukan? Jika Anda mengetahui cara membuka pintu ketika kehilangan kunci maka membukanya adalah hal yang mudah. Apakah harus menggunakan tangan kosong? Bisa juga, namun lebih baik menggunakan peralatan sekitar.

Jangan takut karena barang sekitar Anda tersebut mudah untuk dijumpai. Beberapa orang pasti tidak menyadari bahwa item tersebut bisa membantu saat pintu terkunci dan kunci hilang. Mulai kini sebaiknya ketahui fakta-fakta tersebut. Catatlah informasi di bawah ini. Siapa tahu akan dibutuhkan di waktu mendatang.

Menggunakan Penjepit Kertas atau Obeng

Barang pertama yang bisa dipergunakan adalah penjepit kertas. Siapa sangka, meskipun bentuknya kecil justru dapat bermanfaat lebih dari fungsi sebenarnya. Caranya adalah menggunakannya sebagai pengganti kunci. Meskipun kecil, namun materialnya sangat kuat dan bahkan tidak mudah patah. Teksturnya juga kaku sehingga pas.

Masukkanlah penjepit kertas ini dalam lubang kunci. Yang paling utama harus dimasukkan adalah di bagian depan kenop. Setelah itu, gunakan benda tumpul untuk memukulnya perlahan serta terukur. Dengan begitu, pintu Anda bisa terbuka kembali. Cara membuka pintu ketika kehilangan kunci kedua adalah dengan memanfaatkan obeng.

Fungsi utamanya yakni membuka atau melepas kenop dari pintu rumah. Apabila dilakukan secara tepat dan benar. Memanfaatkan obeng bisa sangat memudahkan. Perhatikan terlebih dahulu jenis obeng dalam kasus ini. Lebih disarankan jika memanfaatkan jenis flathead. Sebelumnya, pahami terlebih dahulu tentang jenis ini.

Flathead akan lebih mudah dan praktis guna membuku beberapa tombol sekrup di gagang pintu. Jika sudah demikian, maka dapat dibuka dengan lebih mudah. Oleh karena itu, ada baiknya untuk memastikan bahwa obeng tersebut disimpan di bagian luar rumah. Jika sesekali dibutuhkan akan lebih mudah ditemukan.

Gantungan Kawat untuk Jenis Latchbolt

Jika Anda memiliki kuncian jenis latchbolt, gantungan kawat adalah barang penolong yang tepat. Cara membuka pintu ketika kehilangan kunci bisa dilakukan dengan mudah. Tekuklah gantungan kawat sehingga membentuk pengait. Biasanya akan tercipta pegangan yang panjang juga di sisi lainnya. Keduanya memiliki fungsi masing-masing.

Jika sudah, masukkan bagian pengait ke celah. Celah yang dimaksud untuk mengaitkan adalah celah yang ada di antara tepi pintu dan kusen. Dalam posisi tersebut, maka pegang dengan satu tangan. Sementara itu, tangan lain memegang gagang pintu. Lalu, putarlah ke arah kenop jika sudah tidak terkunci dan tarik kea rah diri anda. 

Dalam posisi menarik ini, pastikan bahwa kenop pintu berputar dengan baik. Butuh cara membuka pintu ketika kehilangan kunci lainnya? Gunakan saja kartu kredit. Untuk sistem latchbolt, kartu kredit bisa berguna. Metode pembukaannya pun sama dengan gantungan kawat. Ada satu hal untuk diperhatikan.

Jika memilih menggunakan kartu kredit, maka bagian tepinya saja yang penting. Letakkan tepi tersebut di sisi pintu, lalu tekan kenopnya. Kartu memiliki sifat dan karakteristik yang fleksibel. Oleh karena itu, akan lebuh mudah bagi Anda menekuknya. Terutama untuk area celah sempit pada kusen. Cukup mudah dan praktis bukan? 

Cara Terakhir, gunakan kunci L

Apabila cara membuka pintu ketika kehilangan kunci diatas terlalu sulit, maka gunakanlah kunci L. Biasanya, langkah ini lebih cocok untuk jenis gerbang modern. Untuk memudahkan, pastikan lubang sesuai dengan alat tersebut. Mungkin memang membutuhkan waktu lebih lama karena Anda harus mempunyai ragam koleksi.

Untuk mempraktekkan langkah ini cukup mudah. Masukkan ke arah lubang. Pastikan tegak lurus. Kemudian, gerakkan maju mundur secara pelan dan putar. Jika dilakukan dengan tepat, pintu bisa terbuka setelahnya. Apabila belum, sebaiknya ulangi metode diatas selama beberapa kali sampai bisa berhasil dengan baik. 

ingat, langkah diatas harus dilakukan dengan perlahan. Jika terlalu kencang atau kasar, maka gagang pintu bisa menjadi rusak. Bahkan, Kunci L Anda bisa patah. Apabila sudah begini, akan lebih sulit untuk membukanya. Yang terpenting adalah ketahui semuanya terlebih dahulu seperti melihat praktekknya dari video.

Satu hal lagi, tutorial seperti ini diperuntukkan hanya untuk tujuan mendesak dan positif. Artinya, tidak dibenarkan mempraktekkannya untuk hal-hal yang merugikan. Sebagai contoh adalah pencurian rumah, tindakan kriminal, dan sebagainya. Ini artinya, cara membuka pintu ketika kehilangan kunci harus diaplikasikan dengan tepat.

Vinindo merupakan supplier handle pintu dan gembok pintu. Jika anda ingin menjadi reseller handle pintu dan gembok pintu, silahkan menghubungi kami kembali.

Share this article
BACK