09 Feb 2022

Cara Membenarkan Tembok yang Retak

Cara Membenarkan Tembok yang Retak

Tembok rumah retak karena tidak mendapatkan penanganan yang tepat? Tembok rumah memang dapat berpotensi mengalami keretakan baik itu rumah lama maupun rumah baru. Keadaan tersebut tentu saja sangat menganggu pemandangan. Jika dibiarkan terlalu lama juga dapat membahayakan. Penyebab retaknya tembok disebabkan plester tembok yang belum kering namun sudah diaplikasikan dengan aci. Sehingga menutup kadar air dalam plester. Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut supaya keretakan tidak semakin merambat? Simak artikel cara membenarkan tembok yang retak berikut ini ya.

1. Cara membenarkan tembok retak rambut

Penyebab terjadinya keretakan tembok  adalah proses pengacian yang tidak sempurna. Ukuran keretakannya 1mm dan bentuknya bercabang. Cara mengatasi tembok retak rambut dengan melakukan penyiraman agar dinding lebih lembab. Selain itu, dapat mengatasi keretakan dengan cairan berbahan emulsi polimer untuk meningkatkan mutu semen yang disebut dengan super cement. Cairan ini berwarna putih seperti susu yang dapat digunakan sebagai primer, aditif dan perekat. Namun tidak hanya mengatasi retak tembok, tapi juga dapat mengikat debu dan kotoran.

2. Cara memperbaiki tembok retak karena pergerakan struktur pondasi

Jika keretakan ini terjadi pada pondasi rumah anda, jangan menunda untuk melakukan perbaikan. Segera atasi agar keretakan tidak merembet dan semakin parah. Penyebab terjadinya keretakan adalah pergeseran tanah yang mengakibatkan bata pecah. Pecahan tersebut menyebabkan plesteran dan acian menjadi ikut mengalami keretakan berbentuk diagonal. 

Cara memperbaikinya dengan membuat celah kecil diantara dinding dengan balok yang berada diatas dinding. Isi celah dengan styrofoam atau karet dengan lis kayu atau gypsum. Kemudian, Buka bagian dinding yang retak dengan lebar 1cm dan isi dengan adukan semen serta pasir dengan perbandingan 1 : 5. Biarkan selama tiga hari agar cepat kering, setelah itu lakukan pengecatan ulang sesuai warna pilihan anda.

3. Cara memperbaiki keretakan tembok akibat perbedaan bahan

Penyebab keretakan ini adalah perbedaan bahan yang tidak sesuai seperti bata dan beton yang ditutup satu plesteran. Cara mengatasi keretakan tembok ini dengan dilatasi dengan rubber sealent, fiber glass dan besi strip. Pastikan terdapat rongga yang sudah dilatasi Pada daerah sudut-sudut dinding yang rawan retak. 

4. Cara memperbaiki tembok akibat conduit

Keretakan pada tembok diakibatkan penanaman kabel pada dinding (conduit) setelah proses plester dan diaci. Lakukan conduit sehari sebelumnya, Tapi pembuatan celah (chapping) harus dilakukan jauh-jauh hari. Gunakan campuran super cement  dan air berbanding 1 : 5, tambahkan semen dan pasir dengan tepat. Setelah itu, masukkan adukan kedalam celah-celah keretakan sampai rata. Biarkan hingga kering dan lakukan pengecetan dengan warna yang anda inginkan.

5. Cara memperbaiki keretakan tembok akibat saluran pipa rusak

Ternayata Pemasangnan pipa air atau listrik yang hanya diletakkan pada bata dapat menyebabkan keretakan tembok. Cara memperbaikinya dengan membuka kembali plester saluran pipa. Bungkus pipa menggunakan kawat ayam, isikan adukan semen dan pasir kedalamnya. Tunggulah hingga kering dan lakukan pengecetan ulang. 

6. Cara memperbaiki tembok retak seribu

Retak seribu disebabkan acian pada plester yang belum menyusut karena tebal dan kadar lumpurnya lebih dari 5%. Cara memperbaiki tembok retak seribu dengan mengaplikasikan super cement dan semen, kemudian masukkan adonan kedalam celah tembok yang retak.

7. Cara memperbaiki tembok retak secara umum

Cara yang terakhir untuk mengatasi atau memperbaiki tembok retak secara umum. Penyebab terjadinya biasanya karena proses pengacian yang belum kering namun sudah dilakukan tahapan plester. Cara memperbaikinya dengan cara berikut : 

  • Bersihkan tembok terlebih dahulu

  • Amplas tembok secara maksimal hingga acian terlihat

  • Oleskan wall filler dan tunggu hingga kering

  • Gunakan cat plamir pada tembok agar lapisan tembok kuat dan tidak retak lagi

  • Dan terakhir, ditahap finishing touch untuk tembok tampak mulus dan sempurna.

Mudah bukan untuk mengatasi keretakan pada tembok rumah anda. Mulai sekarang jangan dibiarkan terlalu lama ya! Tangani sesegera mungkin agar tembok selalu tampak indah dan mulus.

Pada proses pengecatan tentu Anda membutuhkan kuas cat yang berkualitas. Vinindo Corporation menyediakan kuas cat dengan bulu kuas yang halus, rapat, dan permukaan yang rapi membuat proses pengecatan lebih cepat dan bulu kuas tidak mudah berongga. Selain itu kami juga menyediakan kuas cat rol yang sifatnya fleksibel, dapat dipasangkan dengan bulu kuas rol merk apapun. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Segera hubungi kami untuk mendapatkan door stop terbaik.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

 

Related Articles

Share this article
BACK