26 Apr 2021

Engsel Pintu Berdecit? Perbaikilah Dengan 5 Langkah Pintar Ini

Engsel Pintu Berdecit? Perbaikilah Dengan 5 Langkah Pintar Ini

Mendengar suara yang berdecit dari engsel pintu memang membuat kita terganggu dan juga bingung harus bagaimana. Oleh karena itu, simak 5 langkah cerdas untuk memperbaiki engsel pintu dibawah ini.

Perlu anda ketahui bahwa dalam perbaikan engsel pintu yang berdecit itu sangat mudah dilakukan. Anda hanya memerlukan pelumas untuk bisa memperbaikinya. Disisi lain, selain untuk melicinkan, adanya pelumas juga dapat menghilangkan noda yang menempel sehingga pintu pun dapat dibuka maupun ditutup kembali dengan mudah.

Nah untuk anda yang mempunyai masalah serupa, terutama bagi anda yang mempunyai engsel kupu – kupu, anda bisa menggunakan 5 langkah dibawah ini.

5 Langkah Perbaikan Engsel Berdecit

1 . Keluarkan Pin Dilubang Engsel 

Hal pertama yang anda lakukan adalah dengan mengeluarkan pin dari lubang engsel. Kemudian tempatkanlah obeng bermata datar di celah antara engsel dan kepala sekrup. Kemudian anda tinggal memukul pangkal obeng menggunakan palu sampai sekrupnya dapat tercongkel keluar.

2 . Melumasi Lubang Pin

Cara selanjutnya adalah melumasi lubang pin. Nah sesudah pin keluar, maka setelah itu anda bersihkan bagian dalam pada lubang menggunakan kain. Kemudian lubrikasi menggunakan pelumas grafis ataupun kalian juga bisa menggunakan minyak mesin jahit. Nah hal ini sangat penting sekali anda lakukan.

3 . Bersihkan & Lumuri Pin Menggunakan Minyak

Langkah selanjutnya, adalah membersihkan serta melumuri pin tersebut menggunakan minyak. Caranya adalah dengan melap pin menggunakan kain, kemudian lumurilah menggunakan minyak di atas. Setelah itu gantilah pin engsel jika menunjukan tanda kerusakan, misalkan seperti sudah sangat berkarat maupun aus.

4 . Memasang Kembali Pin Ke Lubang Engsel

Langkah keempat adalah memasang kembali pin tadi pada lubang engsel. Caranya masukkan kembali berbagai elemen – elemen atau komponen yang sudah anda bongkar tadi sesuai dengan urutan mekanisme pemasangan.

5 . Kencangkan Sekrup Kaki Engsel

Langkah terakhir, selain membenahi pin engsel, anda harus memperbaiki juga beberapa sekrup yang ada pada kaki engsel. Caranya pun sangat mudah, anda tinggal mencari obeng minus ataupun tipe kembang sesuai dengan tipe sekrup yang sudah terpasang, kemudian tinggal kencangkan.

Sebagai tambahan, setelah anda melakukan langkah – langkah diatas tadi, anda harus bersihkan engsel, kemudian setelah semua sudah dicek dan dipasang kembali seperti semula, anda bersihkan seluruh engsel.

Tips Perawatan Engsel Supaya Tidak Berdecit & Rusak

1 . Terhindari Dari Basah

Perlu anda ketahui bahwa engsel yang sudah dipasang di luar rumah tentunya akan kerap kali terkena air hujan serta seiring berjalannya waktu tentunya akan menimbulkan karat. Nah untuk di luar rumah, anda mesti memilih tipe engsel yang dimana engsel tersebut akan tahan dengan karat maupun air.

Selain itu juga anda dapat mengakalinya dengan menggunakan cat anti air. Namun cara tersebut tidak akan bertahan lama, pasalnya cat tersebut lama kelamaan akan terkikis juga. Selain itu juga perawatan engsel di luar rumah mesti diperhatikan, sama halnya dengan pintu kamar mandi.

2 . Membersihkan Engsel Pintu Secara Rutin

Bukan karena air saja, perlu anda ketahui bahwa engsel pada pintu juga mesti dibersihkan dari debu secara berkala dan rutin. Debu yang menempel terus menerus tentunya bisa membuat pintu menjadi macet serta sulit dibuka. Cara membersihkan engselnya juga bisa dibilang mudah dilakukan.

Anda hanya perlu menggunakan sikat gigi kecil saja tanpa menggunakan air. Tips tersebut juga dapat anda lakukan pada tipe engsel plastik. Jika terdapat kotoran yang menempel di engsel jenis plastik, maka gunakanlah sabun untuk membersihkannya.

3 . Gunakanlah Oli Pelumas

Umumnya engsel pintu yang sudah lama terpasang itu akan mulai mengeluarkan bunyi berdecit atau mengganggu. Hal tersebut disebabkan karena engsel pintu tidak memiliki cukup pemulas, sehingga pada bagian besi yang bersinggungan pun akan berbunyi.

Apabila engsel pintu anda sudah mulai berdecit, maka alangkah baiknya anda segera menggunakan oli pelumas. Disisi lain jika keadaan sedang terdesak, maka anda bisa menggunakan oli rantai dari kendaraan untuk pelumas engsel.

4 . Menyemprotkan Cairan Anti Karat Di Engsel Pintu

Jika engsel pintu anda sudah berkarat, maka hal yang perlu anda lakukan adalah mengganti engsel tersebut dengan yang baru. Lalu untuk mengatasi masalah yang sama, anda bisa memberikan sebuah cairan yang memang tahan karat atau anti karat. Dengan demikian engsel pintu anda dapat lebih tahan lama serta masalah macet pun dapat dihindari. 

Sebagai catatan: cara yang satu ini tidak mesti anda lakukan apabila engsel pintu yang anda gunakan adalah engsel plastik.

Cara Mudah untuk Mengatasi Engsel Pintu yang Berbunyi

Engsel pintu yang berbunyi menandakan adanya sebuah masalah pada pintu atau engsel pintu di rumah Anda. Kebanyakan orang menganggap sepele engsel pintu yang berbunyi, walau permasalahan engsel pintu tersebut cukup mengganggu dan membuat penghuni rumah menjadi kurang nyaman.

Berikut ini akan disajikan mengenai cara yang mudah bagi Anda untuk mengatasi engsel pintu yang berbunyi di rumah Anda:

Mencari Tahu Apa Penyebabnya

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika engsel pintu rumah Anda berbunyi adalah mencari tahu penyebabnya, pada umumnya penyebab engsel pintu berbunyi adalah sebagai berikut:

  • Daun pintu bersentuhan langsung dengan permukaan lantai atau atap.

  • Engsel yang sudah berkarat.

  • Pemasangan pin engsel longgar.

  • Engsel pada pintu sudah aus dan terlalu lama digunakan.

Melakukan Penanganan yang Tepat

Ketika Anda sudah mengetahui penyebab pasti mengapa engsel berbunyi, Anda bisa melakukan penanganan yang tepat atas penyebab tersebut, cara penanganannya adalah sebagai berikut:

  • Memperbaiki posisi engsel jika pemasangannya kurang tepat.

  • Menguatkan sekrup menggunakan obeng jika engsel yang terpasang kurang kuat.

  • Mengganti bagian engsel pintu yang berkarat atau aus.

  • Melumasi engsel pintu dengan bahan berbasis minyak supaya lebih mudah digerakkan.

Membersihkan Debu dan Kotoran dari Engsel Pintu

Jika semua sumber permasalahan sudah teratasi, Anda bisa membersihkan engsel pintu sebagai salah satu bentuk perawatan engsel supaya tetap bersih dan tidak berbunyi lagi saat digerakkan. 

Anda dapat membaca cara membersihkan debu dan kotoran dari engsel pintu pada artikel yang berjudul 3 Cara Mudah untuk Mengatasi Engsel Pintu yang Berbunyi.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai 5 tahap atau langkah mengatasi engsel pintu berdecit dan juga tips – tips perawatannya. Semoga dengan adanya hal ini bisa menjadi solusi untuk anda yang mengalami masalah serupa.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

 

Related Articles

Share this article
BACK